Sejarah The Federal Reserve/Bank Sentral Amerika

Discussion in 'General Discussion' started by tiyo, Mar 25, 2016.

  1. tiyo

    tiyo Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    42
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Saat awal-awal kehadirannya, the Fed hanya dianggap sebagai institusi minor yang dikelola dibawah kendali presiden dan departemen keuangan (the United States Department of the Treasury). Perlu dicatat bahwa pada masa itu (setelah selesainya perang sipil/civil war sampai dengan saat terjadinya resesi ekonomi/great depression), Amerika Serikat menggunakan standar emas sebagai acuan untuk mengukur nilai mata uangnya.

    Selanjutnya pada masa perang dunia kedua, the Fed turut berfungsi dalam membantu mendanai perang, salah satunya dengan mengurangi cadangan wajib yang harus disediakan oleh bank komersial, sehingga bisa dimanfaatkan untuk biaya perang. Disamping itu the Fed juga menurunkan suku bunga pinjamaan untuk kepentingan utang pemerintah (government debt).

    Salah satu peran penting the Fed dalam perkembangan perekonomian Amerika Serikat adalah bagaimana institusi ini merespon krisis finansial yang terjadi pada 2008-2009. Di tahun-tahun tersebut, krisis finansial melanda perekonomian dunia, termasuk Amerika Serikat. Sektor riil menjadi sektor terdampak paling parah, terutama ditandai dengan jatuhnya harga pada sektor properti/perumahan, bersamaan dengan merosotnya daya beli masyarakat (purchasing power index). Disamping itu, krisis juga melanda pasar saham dengan bertumbangannya saham-saham perusahaan berbasis internet (dotcom stocks).

    Selain kesalahan dari sektor privat seperti tersebut diatas, ada juga kegagalan sektor publik, diantaranya munculnya kesenjangan dalam struktur aturan, kegagalan dalam pengawasan terhadap peraturan, serta kegagalan dalam pengawasan terhadap stabilitas sistem keuangan. Krisis ini menyebabkan tumbaangnya korporasi besar semacam Lehman Brothers yang mengalami kebangkrutan, Merrill Lynch yang diakuisisi oleh Bank of America, serta AIG yang mesti masuk ‘ruang perawatan darurat’.

    (Sejarah The Federal Reserve/Bank Sentral Amerika)
     
  2. Iwansanjaya

    Iwansanjaya Member

    Joined:
    Feb 25, 2016
    Messages:
    35
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    bagus banget infonya gan, the Fed sekarang udah sangat bepengaruh buat dunia satu kebijakan aja seluruh dunia pasti terpengaruh...
     
  3. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    635
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Pasti di bank ini uang nya banyak banget yaa gan uang dr seluruh dunia kekumpul disitu semua kayaknya
     
  4. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    672
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    28
    Ini yg aneh sebenarnya, krn The Fed bukan institusi pemerintah (swasta) tapi bs mengendalikan Amerika bahkan seluruh dunia
     
Loading...

Share This Page