Cara Modifikasi Satria FU Agar Semakin Kencang

Discussion in 'Otomotif' started by rahmad007, Apr 10, 2016.

  1. rahmad007

    rahmad007 Member

    Joined:
    May 25, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Pengen motor satria FUmu biar tenaganya semakin mantap. Walaupun sebenarnya tanpa di modifikasi motor suzuki ini sebenarnya sudah kencang kok. Namun bagi agan yang belum puas dengan kecepatannya bisa melakukan tips di bawah ini :
    1. Langkah pertama yg paling gampang, ganti Pilot jet dengan ukuran 17.5, bisa pake punya shogun lama. Harga kurang lebih 30rb,merk thailand 50rb. Klo mau lebih terjangkau pake merek Kitaco harnganya 17,5ribuan.
    2. Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini berarti naikin perbandingan kompresi dari standarnya 10,2 menjadi kurang lebih 11,4. Langkah ini sih ke bengkel aja, umpama sekalian pas servis besar. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah bisa dilepas serta ga usah pake paking, lumayan pake lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking), tips ini dah dicoba mekanik jogja serta memang piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.
    3. Porting celah in & out. Celah in serta out masing-masing di gedein diameternya 1 mm Yang ini juga wajib ke bengkel. Berbagai bengkel top mematok harga 300rb sampai 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan 100rb.
    4. Ganti karbu (Klo ini langkah nomor 1 ga perlu), saran pake punya RX King (karena murah, serta tepat serta bisa langsung pasang ke intake manifold serta filter udara standar), spuyer bisa coba PJ 20 MJ 135, setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (plis note tiap motor bisa beda2), posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas. Pilihan lain bisa juga pake punya NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 rbuan yang Thailand (Awas barang palsu china). Klo ganti karbu, sebaiknya juga pasang keran bensin model kompresor buat gantiin aslinya yang model vakum…biar ajaran bensin lancar.
    5. Majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu buka tutup katub masuk serta buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya merupakan klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi.), hasilnya juga mantap tapi kerenggangan klep wajib dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm serta out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan tutorial mainin tebal shim-nya. Yang ini jelas mending ke bengkel aja deh…trus bengkelnya juga wajib yang jago.
    6. lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan boknya tetap terpasang serta tersambung ke karbu . Kalo tetap tetap mau andalkan karbu standar jadi saringan satndar tetap bisa dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 celah ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi).
    7. potong kabel koil 2 cm (untuk ngurangin resistensi kabel kurang lebih 10%), Bisa dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi wajib bener2 kuat, caranya ditusukin serta diputar sampai ngedrat.
    8. ganti pake busi Iridium (saran yang agak terjangkau pake merek Sindengen/SDG 30rb) hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur lagi celahnya sehingga 0,9 – 1 mm.
    9. oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang 10/40.
    10. ganti knalpot free flow, saran yang terjangkau serta lumayan ampuh, alias AHAU 400rb,SKR 375rb,Creampie 250rb .yang jelas desain sehingga lebih sangar bin bengis sebab bahan knalpot dari pelat yang di pernis doang plus coklat-coklat kaya karatan …jauh dari kesan klimis yang tak jarang ditimbulkan bila pake knalpot aluminium alias krom…hehehe…no offense ya buat yang pake knalpot mahal 2 )saran pake R9 New Mugello.
    11. Posisi as roda pada penyetel kekencengan rantai diusahakan pada posisi sedepan mungkin, klo butuh potong 2 mata rantainya. Keuntungannya, jarak poros roda depan belakang makin singkat sehingga motor lebih lincah bermanuver..khasiat lainnya buat mengurangi bunyi-bunyian dirantai sebab rantai beradu dengan lengan ayun.
    12. Per kopling di ganjel tak lebih lebih 1 mm, bisa pake potongan per kopling (bisa pake punya motor apa aja asal diameter sama, harga palingan 15 ribuan), tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan. Langkah ini sebaiknya dibengkel aja deh. Trus di ujung kabel kopling yang di atas bak mesin, diujungnya dipakein per yang tak jarang digunakan di rem teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas pengungkit kopling supaya baliknya cepet. Hasilnya kopling sehingga cepet baliknya serta motor langsung loncat begitu kopling dilepas….yang jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan pasang per kopling racing (100 – 150 rb, tapi awas, berbagai pengguna per kopling racing mengeluh motornya cuman enak 3 bulan, abis itu per sehingga lembek serta tak lebih nendang lagi….per kopling standar khususnya yang CBU kayanya lebih durable serta dengan diganjel, kekerasannya bakal setara dengan per racing). Tapi perhitungkan efek sampingnya yakni jari tangan kiri sehingga pegel2 klo lewat jalan macet.
    13. Pulser digeser 1 ampe 2 mili.. Suruh orang bengkel aja yang mundurin.
    14. nah klo semua langkah diatas alias berbagai udah dilakukan tentu kemampuan motor dah melonjak. Tapi khusus untuk temen2 di Jdaerah yang ramai dalam artian trek lintasan pendek2 yang mengakibatkan ga bisa bebas pol gas di gigi 5 ato 6…maka disarankan ganti gir depan pake yang 13 mata (standarnya 14 mata) bisa pake punya yamaha crypton ato F1ZR…beli aja yang buatan aspira alias indopart cumin 30 ribuan…hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6 sekalipun. Langkah ini tak mengurangi Top Speed dengan cara signifikan (lagian kan disaranin buat yang tak jarang kena macet sehingga ga sempat nge-top speed..hehe) malahan justru bikin motor lebih cepat menggapai top speed.
    15. Langkah lanjutan merupakan mengganti CDI, koil serta camshaft racing…paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat setimpal bila dilakukan..hehe.. saran pake CDI XP Andrion HP 7 (400 ribu) dipadu ama koil andrion juga (170 ribu). Sebagai informasi, untuk teman2 di jawa tengah ma timur lebih suka pake CDI Rextor. Untuk CDI BRT sebetulnya keren juga, hanya saja menurut produsennya serta dari hasil test, BRT hanya tepat bila koil tetap pake yang standar klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya alias CDI-nya cepet mati.
    Nah gimana, semoga informasi yang saya share ini bermanfaat untuk kita semua.
    Sumber : cara modifikasi satria fu biar kencang
     
  2. masajay

    masajay New Member

    Joined:
    Jan 30, 2016
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    wah mantep gan, motor idaman ane jaman masih kecil ini haha
     
  3. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    646
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
  4. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,873
    Likes Received:
    362
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kayaknya akan lebih sempurna jika threadnya disertai gambar....! :D
     
  5. rahmad007

    rahmad007 Member

    Joined:
    May 25, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Mantap,, ane juga suka vixion :D
     
  6. rahmad007

    rahmad007 Member

    Joined:
    May 25, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Iya mas, makasih sudah memberi saran. ;)
     
    Muhammad Khoir likes this.
Loading...

Share This Page