Selamat Hari Bumi "Hutan dan Air"

Discussion in 'General Discussion' started by wrep17, Apr 22, 2016.

  1. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,325
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Tahun ini, Hari Hutan Sedunia mengusung tema "Hutan dan Air" untuk meningkatkan kesadaran publik tentang peran hutan dalam menyediakan air bagi kehidupan Bumi.
    [​IMG]Poster Hari Hutan Sedunia 2016 (Fao.org)
    Hutan merupakan bagian yang sangat penting dari kehidupan di Bumi. Hutan menutup sekitar sepertiga permukaan Bumi dan menjadi rumah bagi dua pertiga spesies darat di seluruh dunia. Tak heran jika hutan disebut sebagai gudangnya keanekaragaman hayati bagi planet Bumi.

    Hutan juga menjadi sumber daya bagi kita. Beragam hasil hutan, baik produk kayu maupun non kayu, digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bahkan, ada sekitar 1,6 miliar orang di dunia bergantung pada hutan untuk mata pencaharian mereka.

    Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat dunia yang meningkat pesat, peningkatan permintaan pasar akan produk kehutanan seringkali harus dipenuhi secara cepat, sehingga aspek-aspek pengelolaan hutan yang bertanggung jawab kerap terabaikan. Akibatnya, saat ini deforestasi global terus berlanjut pada tingkat yang mengkhawatirkan: 13 juta hektar hutan hancur setiap tahunnya.

    Terdorong oleh arti penting hutan, PBB mendeklarasikan tanggal 21 Maret sebagai Hari Hutan Sedunia atau International Day of Forest. Ini merupakan salah satu upaya global untuk menyebarluaskan pada publik tentang peran penting hutan dalam menyeimbangkan siklus kehidupan di Bumi.

    Peringatan Hari Hutan Sedunia menjadi momentum yang tepat untuk mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut andil menjaga dan melestarikan hutan.

    Sejak dideklarasikan pada tahun 2012, Setiap tahun pada Hari Hutan Sedunia, kita merayakan dan berterima kasih pada hutan atas berbagai peran hutan dan pohon dalam melindungi kita.

    Tahun ini, Hari Hutan Sedunia mengusung tema “Hutan dan Air” untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran hutan dalam membantu menyediakan air bagi kehidupan di Bumi.

    Penting bagi kita semua untuk menjaga dan melestarikan hutan, karena faktanya daerah aliran sungai dan lahan basah di hutan memasok 75% persediaan air tawar dunia untuk kebutuhan sehari-hari, pertanian, industri dan ekologi.

    Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pernah mengatakan,“Untuk membangun masa depan yang berkelanjutan dan berketahanan iklim, kita harus berinvestasi pada hutan-hutan dunia. Hal itu membutuhkan komitmen politik di tingkat paling tinggi, kebijakan-kebijakan yang cerdas, penegakan hukum yang efektif, kemitraan dan pendanaan yang inovatif.”

    Sumber : NatGeo
     
    lasealwin likes this.
  2. mydewaz

    mydewaz Member

    Joined:
    Apr 21, 2016
    Messages:
    52
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Mari Selamatkan Bumi
     
  3. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Bagaimana ya ndan....
    Soal hutan ini sebenarnya kehancurannya berbanding terbalik dengan pertumbuhan manusia.
    Menurut saya. Satu-satunya solusi adalah MENEMUKAN POHON EFISIEN.
    Dimana satu pohon itu bisa menggantikan fungsi hutan yang beribu-ribu....
    APA ADA?
    *bagus**dingin**interupsi**ketawa1**nangis2**muntah*
     
  4. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,325
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kalau itu saya juga kurang tahu, namun sekarang rata2 tanah udah gersang harus diolah kembali agar bisa ditanam, itu pun prosesnya ga gampang *berdarah*
     
  5. B4yu

    B4yu Member

    Joined:
    Dec 30, 2015
    Messages:
    70
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    selamat hari bumi *bagus*ingat jangan buang gas dan sampah sembarangan *bergaya*
     
Loading...

Share This Page