Peluang Bisnis Online Via Dropship

Discussion in 'Online Business' started by Bang Marten, May 14, 2016.

  1. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    57
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Peluang bisnis online dropshipping merupakan terobosan menarik dalam dunia internet. Tak heran kalau bisnis ini sangat diminati masyarakat. Mengapa, karena aktivitas usaha seorang dropshipper tidak membutuhkan modal untuk menjemput barang. Posisi strategis dropship hanya menjembatani penawaran supplier untuk sejumlah calon pembeli. Namun benefit yang cukup besar akan diterima sesuai keberhasilan menjualkan produk. Sangat simple!

    Seorang supplier takkan bisa bekerja efektif tanpa kehadiran dropshipper. Penjual supplier ini biasanya membeli suatu produk dalam jumlah tertentu, dan karenanya masih diperlukan modal. Namun apabila barang tersebut kurang laku maka supplier bisa mendapat kerugian. Disinilah dropshipper berperan mengambil peluang bisnis online yang saling menguntungkan.

    Peluang Bisnis Online Reseller Dropship

    Nah, jika seluruh barang pesanan akan dikirimkan oleh supplier langsung ke alamat para pemesan, apalah tugas pokok seorang dropshipper?

    Tentu berkaitan kegiatan internet marketing, yakni menawarkan dan menginformasikan kualitas barang, pada sebanyak mungkin pengguna media online. Intinya, Anda cukup betugas menarik konsumen dan meyakinkan mereka untuk memesan barang. Kemudian sampaikan pesanan kepada penjual agar segera dikirim secepat mungkin pada konsumen.

    1. Memulai Bisnis Dropship

    Jalin komunikasi dengan supplier untuk menerima peluang bisnis. Tidak sulit menemukan supplier barang sebab biasanya mereka mencari mitra dari media online.

    · Buat kesepakatan bisnis dengan supplier yang Anda temukan. Setelahnya Anda bisa mulai memasarkan produk secara offline ataupun online melalui media sosial.

    · Di awal kesepakatan, tanyakan dengan jelas tentang sistem order dan pengiriman barang. Seperti bagaimana prosedur kerja sebagai reseller dropship, tentang order dan ongkos pengiriman, antisipasi keluhan konsumen dan termasuk kompensasi atau pergantian produk jika kurang memuaskan. Dan jangan lupa pertanyakan cara pembagian keuntungan dari sejumlah item barang pesanan.

    2. Menjalin Kemitraan

    Memilih supplier bisa dikatakan susah-susah gampang. Tak jarang mereka melakukan penipuan. Oleh karena itu, dropshipper harus memastikan bagaimana kredibilitas supplier yang akan menjadi mitranya,antara lain supplier kompeten pastinya sangat memahami selak-beluk usaha mereka, termasuk kualitas dari setiap produk yang akan dipasarkannya.

    · Cara menguji peluang bisnis online dropshipper, yakni membeli produk dari supplier tersebut atas nama teman atau saudara. Nantinya Anda bisa menilai kualitas produk yang terkirim kepada Anda. Mulai dari cara pengemasan atau packing, hingga kualitas barang. Langkah seperti ini perlu dilakukan sebelum membangun kemitraan yang lebih jauh lagi.

    · Mengetahui proses kerja supplier menjadi hal yang sangat penting. Dengan proses ujicoba akan diketahui bagaimana alur mengorder barang, kecepatan respon supplier, termasuk kredibilitas jasa pengiriman yang bekerjasama dengan supplier.

    3. Proses Order dan Pengiriman Barang

    Jika order mulai berdatangan serta uang pembeli telah ditransfer ke dalam rekening dropship, langkah selanjutnya adalah menghubungi supplier.

    · Pastikan kepada supplier apakah produk pesanan termasuk kategori ready stok atau pre order. Informasi ini sangat penting ketika memperoleh order dalam jumlah besar, sehingga Anda harus memastikan stok barang yang ada. Jika masih termasuk pre order maka pengiriman bisa jadi terlambat, dan mengecewakan pelanggan.

    · Sudah menjadi tugas supplier untuk mengirim barang pesanan ke alamat pembeli atas nama reseller dropship. Pengiriman dilakukan setelah dropshiper mentranfer uang pesanan tadi ke rekening supplier.

    4. Keuntungan Dropshipper

    Keuntungan usaha dari bisnis ini akan terlihat setelah barang diterima pembeli. Reseller dropship menerima hasil usaha tanpa melakukan stok barang, sedangkan supplier terhindar dari kerugian, setelah produknya habis terjual.

    5. Kekurangan Reseller Dropship

    Salah satu kekurangan dari sistem ini adalah reseller dropship tidak bisa melihat kualitas barang, selain melalui foto di website atau katalog dari supplier. Padahal di satu sisi Ia bertanggungjawab kepada para konsumen. Maka reseller dropship sangat bergantung pada supplier, sehingga mitranya tersebut harus benar-benar kompeten dan bisa dipercaya.

    Hal yang kurang mengenakkan adalah ketika calon pembeli menanyakan detail dan spesifikasi produk dari dropshipper. Sebagian besar reseller dropship hanya bisa memasarkan akan tetapi kurang memahami kualitas produk yang dijualnya. Tentu kekurangan ini akan membuat kepercayaan pembeli menurun drastis. Belum lagi semua kritik dan keluhan akan jatuh kepada reseller dropship.

    Terlepas dari untung dan rugi, tak ada salahnya mencoba peluang bisnis online sebagai reseller dropship. Peluang bisnis drophipper cocok menjadi sampingan di kalangan mahasiswa sampai ibu rumah tangga. Terlebih lagi dengan jaringan pertemanan yang meluas di media sosial. Jaringan ini akan mempermudah sistem kerja dropshipper, karena semakin banyak pembeli maka semakin besarlah potensi mendapat keuntungan.

    Karena itu pastikan Anda menawarkan produk yang menjadi kebutuhan, atau minimal sedang diminati banyak orang. Sehingga, peluang bisnis ini menawarkan pengalaman baru menjajal bidang internet marketing dengan fleksibel. Selamat mencoba!
     
  2. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,325
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya sudah mengalaminya, tetapi masih dalam satu kota. Pernah lewat online, beli di bukalapak atau tokopedia terus dijual lagi. Ternyata yang cukup susah kalau beli barang lewat online, karena tidak bisa liat barang secara langsung dan menentukan harga yang bingung, karena takut kemahalan dan sebagainya.

    Kalau saat ini saya sendiri masih enakan dalam satu kota, ketimbang harus online
     
  3. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    57
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    iya om. tidak bisa melihat item yang dijual memang jadi satu kekurangan besar. Belom lagi kalo stok barangnya ternyata sudah habis. 2 kali saya dapet suplier yang kurang bertanggung jawab. Kalo sekarang saya biasanya barang barang yang laris dicari, saya stok sedikit.. :D
     
  4. widiyuningsih

    widiyuningsih Member

    Joined:
    May 9, 2016
    Messages:
    97
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    waw lumayan nih buat cari aung untuk bayar kuliah heee.. e ;)
     
  5. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  6. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    57
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    salah satunya sih om bisa pake model yang begitu...
     
  7. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,325
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Tapi "agak" susah, kalau beli harus banyak setidaknya minimal 20 biji lah. Karena ongkos pengiriman cukup mempengaruhi
     
  8. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    57
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    tapi kalo banyak yang minat sih sepertinya gpp om. soalnya menjaga kredibilitas kita juga om.
     
  9. gito sudana

    gito sudana Member

    Joined:
    May 13, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    emng penjualan barang melalui media sosial/ online itu lebih enak dan praktis karena bisa mendapatkan lebih banyak pembeli nya dan bisa menjangkau ke seluruh daerah di indonesia, karena sekarang usaha saya alhamdulilah sudah mencapai ke semua daerah di indonesia ,
     
  10. pendi

    pendi New Member

    Joined:
    Feb 12, 2016
    Messages:
    19
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    yang mau menjadi reseller kelambu, yuk merapat ke kami
     
  11. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    851
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    Kekurangannya di stok..dan kita tidak mengetahui bentuk barang..
    lebih baik jual barang sendiri..
    biar Omzet gede..
    atau Offline go Online juga sosweat..heee
     
  12. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    57
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    idenya mantap juga tuh om.. hehehe
     
  13. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    851
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    heee..
    ide yang berawal dari pengalaman..
    saya pribadi..
     
Loading...

Share This Page