Mau Tau Jurus Menjadi Dropshipper Sukses ... ???

Discussion in 'Online Business' started by gabela, May 15, 2016.

  1. gabela

    gabela Guest

    dropship.jpg
    Drop Shipping atau sering kita dengar Dropship adalah model bisnis online yang hanya bermodalkan toko online untuk berjualan. Seorang dropshipper (sebutan untuk pelaku bisnis dropship) tidak memiliki stok barang, jadi mereka hanya bekerja dengan cara menjual barang / produk milik orang lain atau biasa disebut dengan istilah Supplier.

    Itulah pengertian singkat tentang bisnis dropship atau ada juga yang menyebutnya bisnis affiliate marketing. Sampai sini Bella harap temen-temen sudah paham apa itu dropship yang merupakan salah satu model bisnis online yang bisa dikerjakan nyaris tanpa modal karena seorang drosphipper tidak perlu menyetok barang di gudang sendiri.

    Meskipun dropship terbilang sebagai bisnis yang bisa dikerjakan siapa saja karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar bahkan bisa dibilang sangat kecil, namun demikian, bisnis dropship bukanlah sebuah bisnis yang bisa dijalankan dengan mudah, dalam artian banyak tantangan yang mungkin akan temen-temen hadapi, seperti molornya jadwal pengiriman sampai komplain karena produk tidak sesuai dengan foto.
    Belum lagi kita harus mempunyai strategi khusus bagaimana cara memasarkan produk via Online dengan tepat.

    Tidak perlu khawatir, karena itu semua bisa diatasi dengan beberapa tips memulai bisnis dropship yang akan Bella bagikan di artikel ini, harapan Bella tentu saja agar temen-temen khususnya para dropshipper pemula bisa menjadi dropshipper yang sukses. Yuk simak tips nya ...

    1. Lakukan Produk Penetrasi

    Dalam memulai bisnis online dropship seringkali kita terlena untuk menjual berbagai barang sekaligus padahal hal tersebut hanya akan membuat kita tidak fokus. Maka saran Bella cobalah untuk fokus pada satu produk terlebih dahulu, tingkatkan branding pada produk tersebut agar orang semakin yakin dengan Anda.

    2. Pikirkan Tentang Branding

    Untuk lebih menyakinkan pembeli, Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, seperti misalnya membuat toko online. Ya, sebuah toko online akan meingkatkan kepercayaan pembeli karena mereka akan mengaggap bahwa Anda adalah penjual profesional yang sudah memiliki nama besar (brand) jadi seolah mengesankan bahwa Anda tak main-main dalam berjualan.

    3. Gunakan Strategi Cross Selling

    Sudah pernah mendengar strategi ini sebelumnya ? singkatnya, cross selling adalah teknik untuk menjual dua barang dalam satu waktu. Bella contohkan ada seorang dropshipper yang menjual baju dan jika dia jeli maka dia bisa menerapkan strategi cross selling dengan cara menawarkan jaket, sweater atau barang lain yang masih terkait dengan produk utama.

    4. Berikan Pelayanan Konsumen Yang Cepat

    Pelayanan konsumen yang cepat merupakan kunci sukses untuk memenangkan persaingan pada usaha. Bukan hanya cepat namun juga harus prima, intinya harus mampu memberikan pelayanan yang benar-benar bisa memuaskan pelanggan. Jika Anda sudah tidak mampu menghandle masukan atau keluhan dari pelanggan, maka menyewa Customer Service adalah jalan keluarnya.

    5. Minimalkan Resiko Rugi Waktu Dengan Toko Online

    Menuliskan deskripsi yang lengkap pada produk yang Anda jual pada toko online akan membantu Anda untuk menjawab pertanyaan yang sama secara berulan dan ini artinya Anda akan menghemat banyak waktu yang mungkin akan terbuang yang sebelumnya Anda gunakan untuk menjawab pertanyaan yang berulang. Toko online juga mampu meningkatkab kredibilitas Anda sebagai seorang dropshipper.

    6. Tingkatkan Diri Menjadi Reseller

    Banyak yang masih berpikir bahwa reseller = dropshipper. Keduanya memang serupa namun tak sama, seorang reseller memiiki peran lebih besar daripada dropshipper. Reseller memiliki stok barang di gudang namun tidak dengan dropshipper. Reseller memiliki kendali quality control secara penuh dimana hal tesebut nyaris tidak bisa dilakukan oleh dropshipper.

    7. Sampaikan ke Supplier Tentang Hak Anda Sebagai Dropshipper

    Dalam bisnis dropship, kita sebagai dropshipper memiliki beberapa hak yang harus dipenuhi oleh si Supplier, misalnya hak untuk mencantumkan nama brand kita pada nama pengirim dan ada juga hak untuk meminta personal garansi. Seorang supplier profesional, saya yakin akan paham dengan hak yang harus mereka berikan kepada seorang dropshipper.

    8. Temukan Supplier Yang Tepat

    Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pengiriman produk cacat atau produk yang tidak sesuai dengan pesanan, maka sebaiknya Anda benar-benar memilih supplier yang terpercaya, supplier yang sudah memiliki nama dan memiliki reputasi baik, karena disini nama Anda menjadi taruhan saat barang yang dipesan tidak bisa dipenuhi dengan baik.

    9. Test Supplier Dengan Menjadi User

    User disini maksudnya adalah pembeli. Jadi jika Anda ingin mendapatkan supplier yang tepat, maka lakukan test kecil-kecil terlebih dahulu dengan menjadi pembeli, hal ini untuk memastikan bahwa supplier yang Anda pilih benar-benar layak untuk dijadikan partner. Test seperti ini juga bisa membantu Anda untuk mencari tahu kualitas produk yang dijual oleh Supplier.

    10. Hindari Mental Mudah Pasrah

    Kebanyakan (tidak semua) dropshipper memiliki mental yang mudah sekali pasrah, mental yang intinya jika barang terjual maka dia bersyukur dan jika barang tidak terjual ya sudah pasrah. Padahal mental seperti itu akan membuat mereka susah berkembang, karena sebagai seorang pebisnis atau dalam hal ini adalah dropshipper harus memiliki sebuah target pencapaian.

    Itulah tips singkat yang bisa Bella simpulkan selama menjadi dropshipper agar Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses berbisnis, mungkin ada temen-temen sekalian yang ingin menambahkan tentang Tips dan Trik Menjadi Dropshipper Sukses ? di tunggu ya masukanya di komentar. Salam Sukses Selalu. Sumber - Gudang Grosir
     
    Last edited by a moderator: May 16, 2016
  2. andrejogja2015

    andrejogja2015 Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    67
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Salam Kenal Mbak..
    Mau jadi dropshipper atau penjual langsung menurut saya poin nomor 10 paling penting
     
  3. putra bungsu

    putra bungsu Member

    Joined:
    Feb 21, 2016
    Messages:
    353
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    wah terimakasih sudah menjadi sumbar ilmu pengetahuan bagi saya
     
  4. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    sepertinya mudah, tapi kenyataanya . . ..
     
  5. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  6. koi354

    koi354 Member

    Joined:
    Dec 2, 2015
    Messages:
    202
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    jadi dropshipper itu mudah susah dan susah nudah
     
  7. shinichiozy

    shinichiozy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    59
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    mudah atau susah itu relatif... yg penting berusaha... belajar... dan telaten...
     
  8. Bobby Purba

    Bobby Purba Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    54
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    bagus ini infonya...
    soalnya saya jg kerja di lingkungan online shopping
     
Loading...

Share This Page