SDGs: Perubahan Iklim, Sumberdaya Kelautan, Ekosistem Bumi

Discussion in 'General Discussion' started by tiyo, Jan 14, 2016.

  1. tiyo

    tiyo Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    42
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Upaya menjaga dan mencegah dampak perubahan iklim (climate change) menjadi salah satu fokus utama dalam the Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu acuannya adalah konferensi mengenai perubahan iklim di Paris beberapa waktu lalu, yang mengupayakan penanggulangan terjadinya pemanasan global (global warming).

    Tujuan Ketigabelas, mengambil aksi nyata untuk menanggulangi perubahan iklim beserta dampaknya. Berikut target-targetnya:
    • memperkuat ketahanan dan kemampuan beradaptasi terhadap efek buruk iklim dan bencana alam disetiap negara.
    • mengintegrasikan tindakan terkait perubahan iklim kedalam kebijakan, strategi, dan perencanaan nasional.
    Tujuan Keempatbelas, melestarikan pemanfaatan samudera, laut dan sumberdaya kelautan untuk pembangunan jangka panjang. Dibawah ini target-target yang hendak diwujudkan:
    • mencegah dan mengurangi polusi terhadap sumberdaya kelautan.
    • mengelola dan melindungi sumberdaya kelautan dan ekosistem disekitar laut sehingga mampu mencegah dampak negatif yang mungkin terjadi.
    Tujuan Kelimabelas, melindungi, memulihkan, dan mempromosikan pemanfaatan jangka panjang atas ekosistem bumi, mengelola hutan, dan menghentikan degradasi tanah serta hilangnya keragaman hayati. Target-target dari tujuan tersebut antara lain:
    • memastikan pelestarian, pemulihan, dan pemanfaatan ekosistem bumi dan sumber air tanah, khususnya hutan, gunung, sesuai dengan kesepakatan internasional.
    • mempromosikan pelaksanaan manajemen atas hutan, menghentikan penggundulan hutan, memulihkan hutan yang terdegradasi, serta meningkatkan upaya penciptaan hutan baru dan penghutanan kembali sampai dengan persentase tertentu secara global.
    (SDGs: Perubahan Iklim, Sumberdaya Kelautan, dan Ekosistem Bumi)
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    agak bingung liat tritnya @@
     
  3. fadlikp

    fadlikp New Member

    Joined:
    May 18, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalo saya tangkep sih, isi tritnya itu bertujuan mengurangi dampak kerusakan lingkungan dan berupaya memelihara ekosistem di dalam laut dan daratan. Emang sih sekarang banyak banget pencemaran lingkungan terutama di laut hewa-hewan laut kaya ikan, udang, cumi, dll pada terkena racun dan mati dengan sia-sia. Kayanya 10-15 tahun lagi kita ga bisa menikmati makanan laut yang sehat.
     
Loading...

Share This Page