Penyebab Perbedaan Angsuran Gadai di Berbagai Kota

Discussion in 'General Business' started by nelson sitompul, Jun 3, 2016.

Tags:
  1. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,285
    Likes Received:
    397
    Trophy Points:
    83
    Jika kamu mengajukan pinjaman uang dengan sistem gadai, maka kamu akan menemukan bahwa pada jenis jaminan dan leasing yang sama, terdapat perbedaan angsuran dan nilai pencairan pada kota yang berbeda. Contohnya pada artikel yang ditulis oleh situs Bpkb.co.id yang menitik beratkan pada gadai mobil avanza di Jakarta. Mereka menuliskan bahwa simulasi pencairan dan cicilan hanya berlaku di Jakarta saja. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Apakah hal ini tidak menimbulkan kecemburuan, terutama jika di kota anda diterapkan pencairan yang kecil dan angsuran lebih besar, padahal mobil yang digadaikan memiliki spesifikasi yang sama. Dan threat ini mencoba menjawab permasalahan ini.
    Adapun alasan perbedaan angsuran untuk jaminan dan leasing yang sama tetapi berbeda kota adalah:
    1. Perbedaan harga taksasi. Pasaran mobil avanza veloz pada contoh yang diterapkan oleh situs BPKB tersebut menggunakan harga taksasi Jakarta. Tentu saja harganya berbeda jika diterapkan di Bali atau bahkan Papua.
    2. Perbedaan penerapan interest rate (bunga) pinjaman. Saya pribadi memperhatikan bahwa bunga pinjaman di Indonesia Timur lebih tinggi daripada yang diterapkan di Indonesia bagian barat. Jika bunga sudah berbeda, maka cicilan sudah pasti berbeda.
    3. Perbedaan nilai nominal yang dibayarkan kepada maskapai asuransi. Dan patut anda ketahui bahwa biaya asuransi akan berbeda secara nominal jika harga pasaran mobil berbeda. Walaupun rumus yang digunakan sama, misalnya 3%, tetapi pengalinya berbeda.
    Atas ketiga alasan di atas, maka sangat wajar bahwa angsuran pinjaman uang sistem gadai yang diterapkan pada avanza veloz pasti berbeda antar kota walaupun leasingnya sama.
    Jadi dengan penjelasan ini, anda tidak perlu cemburu lagi. Toh, saat membeli mobil avanza, harga OTR dan cicilannya berbeda dengan Jakarta, bukan? Begitu pula saat digadaikan!
     
  2. Lensor Bola

    Lensor Bola New Member

    Joined:
    Jun 4, 2016
    Messages:
    10
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    3
    mastah pegadaian juga aktif di forum ini. :D
     
    nelson sitompul likes this.
  3. claudya

    claudya New Member

    Joined:
    Jun 6, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ajib bener nihh .. ada solusinya nih gali lubang tutup lubang
     
  4. giovanodst

    giovanodst New Member

    Joined:
    Apr 16, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Wah saya baru tau kalau ternyata beda wilayah, beda juga biaya cicilannya dalam perbulan.
    Dan berarti untuk sejauh ini, untuk penggunaan pinjaman dana gitu, wilayah barat di Indonesia masih termasuk ringan dong, ya? Daripada wilayah lainnya.
     
Loading...

Share This Page