10 Tip Memulai Usaha Kecil dan Meraih Sukses

Discussion in 'Online Business' started by bintaroweb, Jun 9, 2016.

  1. bintaroweb

    bintaroweb Member

    Joined:
    Jan 31, 2016
    Messages:
    148
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Peluang-bisnis.jpg
    Lebih baik sehingga kepala semut daripada ekor gajah.
    Begitu dalih para pengusaha. Berwirausaha terbukti sangat menggoda. Dengan sikap yang cocok, berhasil bukan cuma cita-cita.​

    Kalau Kamu menonton Bill Gates alias Mark Zuckenberg, tentu Kamu tergiur dengan kekayaan mereka yang menarik. Tapi sadarkah Anda, bahwa mereka juga mengawali semuanya dari usaha kecil mereka. Dan tidak satupun dari mereka yang menduga bakal mencetak keberhasilan semacam sekarang.

    Perusahaan pemula yang berubah menjadi perusahaan berhasil berkualitas miliaran bahkan triliunan, dalam dunia bisnis tidak bedanya dengan pemenang lotere. Meletakkan semua uang Kamu dan berharap memperoleh jackpot, Kamu justru bakalan terpuruk.

    Berikut 10 aturan untuk mengawali usaha kecil. Daftar ini lebih untuk membikin Kamu menyadari kenyataan yang ada, ketimbang gila-gilaan mengejar cita-cita terdahsyat Kamu dalam berbisnis.

    Lebih realistis. Saat membikin model bisnis, coba lihat ke sekeliling dan cari contoh berhasil dari model bisnis yang Kamu kehendaki, lalu pelajari. Bila Kamu tidak bisa menemukan, entah Kamu yang menarik jenius, alias model bisnis Kamu tidak bakal berhasil di dunia nyata.

    Jangan menginvestasikan uang sendiri. Sebab tidak sedikit bisnis merupakan perjalanan yang berisiko, carilah partner. Jadi, apabila semuanya tidak berlangsung semua rencana, Kamu tidak bakal gulung tikar sebab dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.

    Perbudak diri sendiri. Apabila Kamu tidak bersedia bekerja keras, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan, maka wirausaha bukan untuk Anda. Pada awalnya, Kamu tentu tidak bakal sanggup membayar karyawan, sekalipun karyawan yang terjangkau. Jadi, karyawan Anda, merupakan Kamu sendiri.

    Hargai waktu. Beri kualitas uang pada waktu Anda, umpama Rp20 ribu perjam. Ini bakal menolong saat Kamu wajib mengambil keputusan: Bila suatu toko mengenakan anggaran Rp10 ribu untuk pengiriman setiap minggu, dan Kamu membutuhkan waktu 2 jam untuk berangkat ke toko tersebut sendiri, maka membayar semakin ongkos kirim dari perusahaan tersebut, sebab lebih terjangkau. Ini mungkin bermengenaian dengan aturan ke 3, tapi bahkan budak sekalipun juga mempunyai kualitas ekonomi.

    Rekrut karyawan dengan baik. Tanpa memedulikan ukuran usaha Anda, pada akhirnya Kamu bakal merekrut karyawan dari luar. Untuk itu, perbuat proses rekrutmen dengan hati-hati, tanpa tergesa-gesa, dan perperbuat faktor tersebut sepenting saat Kamu mengawali usaha. Sangat disayangkan sikap pemilik usaha yang punya visi untuk usahanya, tapi merekrut karyawan yang justru menghalanginya meraih visi tersebut.

    Jual kelebihannya, bukan harganya. Saat Kamu mengawali usaha, telah sewajarnya Kamu frustasi memasarkannya.Tapi, apabila Kamu bersaing pada harga, Kamu pada akhirnya kan menjual dengan harga pas-pasan alias bahkan di bawah modal. Kuasai kepandaian berkomunikasi dengan pelanggan, untuk membahas bahwa harga produk Kamu lebih tinggi sebab mempunyai kualitas yang lebih baik.

    Ketahui angka dasar. Mengenal berapa tidak sedikit uang yang Kamu butuhkan untuk menjalani usaha – mulai dari sewa toko, listips, asuransi karyawan, hingga harga tinta printer, kertas, dan pajak. Lalu bagi semua itu dengan berapa hari dalam setahun Kamu bakal buka, dan… itulah angka dasar – jumlah minimum pendapatan yang Kamu butuhkan setiap hari. Apabila Kamu tidak sempat berpikir mengenai angka dasar, coba pikir ulang.

    Gunakan teknologi terakhir. Teknologi anyar semacam software dan penyimpaanan data dengan cloud technology sangat terjangkau dan membikin perusahaan kecil bisa bersaing dengan perusahaan besar. Kegunaaankan teknologi rendah anggaran yang ada di pasaran.

    Perperbuat vendor dengan baik. Perperbuat vendor dan suplier Kamu sebaik mungkin, semacam halnya Kamu memperperbuat para pelanggan. Mereka bisa saja memberbagi diskon berdasarkan besarnya volume pemesanan Anda, alias bahkan demi menjaga hubungan baik, dan berharap ada peningkatan volume di masa mendatang. Hubungan yang baik membikin mereka juga bisa memahami ketelatan pembayaran, bahkan memberbagi pengiriman gratis.

    Jadilah yang paling baik. Kamu tidak boleh setengah-setengah.Setiap faktor yang Kamu perbuat untuk klien wajib lah yangpaling baik. Apapun yang Kamu buat dan jual, wajiblah yang paling baik. Perbuat itu semakin menerus, dan kekuatan word of mouth bakal menyebar. (sumber:readersdigest&Washington)
     
    stefan one and DedyAkas Website like this.
  2. Amalia Nur Hidayah

    Amalia Nur Hidayah New Member

    Joined:
    Apr 7, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    bagaimana pun semua itu pasti butuh usaha keras dan perjuangan untuk mencapai dan menikmasti hasilnya di kemudian hari..
     
    stefan one likes this.
  3. hasbiallah

    hasbiallah Member

    Joined:
    May 31, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    8
    yup min. tulisan yang menginspirasi. semoga usaha kecil saya menjadi lebih baik lagi berkat nasehat mimin di atas. tengkiu min..
     
    stefan one and DedyAkas Website like this.
  4. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    mantap gan infonya, buka usaha yang bagus dari kecil sehingga tau seluk beluk usaha kalo ada anak buah yang mau bohongin kita tidak kena tipu karena sudah tau
     
    stefan one and DedyAkas Website like this.
  5. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    semua usaha pasti memulai dari usaha kecil :D
     
    stefan one and DedyAkas Website like this.
  6. MaxiHendra90

    MaxiHendra90 Member

    Joined:
    Jan 23, 2016
    Messages:
    197
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    lumayan, tapi kalo di tambahin kerja cerdas dan berhenti menjadi orang pintar pasti lebih keren lagi
     
    stefan one and DedyAkas Website like this.
  7. DedyAkas Website

    DedyAkas Website Member

    Joined:
    Sep 30, 2015
    Messages:
    161
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Share Tips keren den... tapi kenapa tidak ada penomoran yah... :D
    Tapi tetap bermanfaat dan saya suka...
    Salam,
     
    stefan one likes this.
  8. stefan one

    stefan one Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    156
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Apapun usahamu, disiplin untuk melakukannya itu nomor satu. Dan belajarlah terus menerus untuk menjadi yang terbaik.
     
  9. doni55

    doni55 New Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Saya setuju, soalnya saya udah sering baca dari berbagai sumber di internet mulai dari forum, portal berita online, kisah-kisah inspiratif dari blog-blog ternama dll. Memang yang harus dilakukan untuk sukses adalah disiplin, fokus dan pantang menyerah.
     
Loading...

Share This Page