Tips Untuk Merawat AC Agar Tetap Dingin

Discussion in 'General Business' started by DeryAprianto, Jun 14, 2016.

  1. DeryAprianto

    DeryAprianto New Member

    Joined:
    Jun 13, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    AC mobil mungkin bisa dibilang sebagai salah satu komponen yang paling penting sebagai fitur kenyamanan pengemudi dan penumpang pada saat berada didalam kabin mobil. Pada saat musim kemarau, tentunya AC adalah yang berperan penting untuk kenyamanan pengemudi dan penumpang yang membuat kesejukan di dalam kabin. Ketika musim penghujan, AC juga tak kalah penting untuk membuat kaca menjadi tidak berkabut. Lagipula, mengemudi saat hujan dengan membuka kaca tanpa menggunakan AC, cukup mengganggu saya karena air hujan yang masuk melalui celah jendela.

    Namun tidak sedikit orang yang merasa AC mobil mereka bermasalah. Contohnya saja adalah AC yang mengeluarkan bau apek atau kurang sedap dan yang paling sering adalah AC yang kurang dingin. Masalah-masalah tersebut tentu akan cukup mengganggu. Apalagi jika kondisi cuaca yang memaksa kita butuh akan AC mobil yang baik. Untuk itu, mari kita sedikit lebih mengenal penyebab dan cara mengatasi masalah yang biasa terjadi pada AC mobil.

    AC Mobil Terasa Panas

    Masalah ini sepertinya yang paling banyak dikeluhkan pemilik mobil. Sayangnya, jika kita pergi ke bengkel AC mobil yang kurang terpercaya akan selalu diinformasikan bahwa freon habis dan tinggal diisi ulang saja. Padahal menurut beberapa sumber, freon tidak akan habis untuk waktu yang lama. Jika sampai freon habis, itu berarti ada kerusakan atau kebocoran pada sistem pendingin kendaraan kita. Untuk itu perlu diteliti lebih lanjut masalah atau kerusakan sebelum mengisi ulang freon. Beberapa masalah penyebab AC mobil yang tidak dingin diantaranya adalah :
    • Kerusakan pada evaporator dan kondensor yang bisa dikarenakan usia, atau bisa juga terkena benda dan kotoran seperti kerikil
    • Kebocoran pada selang atau pipa AC yang biasanya disebabkan karena usia, pemakaian part yang kurang baik atau tidak original.
    • Kerusakan pada komponen kompresor. Biasanya terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin dimana terletak kompresor AC
    AC Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

    Pada dasarnya, komponen yang ada pada AC mobil tidak dapat mengeluarkan bau apek yang tidak sedap. Namun kenyataannya, banyak pemilik mobil yang mendapati kasus seperti ini. Jika memang anda mendapati hal seperti ini pada kendaraan anda, mungkin beberapa hal di bawah ini sebagai penyebabnya.

    • Penggunaan pengharum mobil yang asal-asalan. Bahan yang digunakan pengharum yang asal tersebut cenderung berkualitas rendah, sehingga dapat mengotori evaporator dan sulit untuk dibersihkan.
    • Asap rokok yang mengandung nikotin dapat lengket pada evaporator dan menjadi berlendir.
    • Kotoran dan debu yang terdapat dalam kabin. Hal ini dikarenakan sering berkendara dengan kondisi jendela terbuka, penggunaan sendal dan sepatu yang kotor saat naik mobil dan sebagainya. Kotoran dan debu tersebut yang kemudian menempel di evaporator dan menjadi penyebab tumbuhnya jamur penyebab bau apek dan kurang sedap.
    Tips Agar Merawat AC Mobil Menjadi Dingin Dan Awet

    Agar AC mobil tetap awet dan selalu bekerja sesuai yang kita inginkan, maka ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips berikut ini.

    • Rajin membersihkan kabin dari kotoran dan debu, khususnya pada karpet bagian depan.
    • Jangan mengendarai mobil dengan jendela terbuka lebar, apalagi saat AC dinyalakan.
    • Jika menyalakan mobil pastikan posisi AC dalam kondisi mati. Tunggu hingga kerja mesin stabil baru kemudian menyalakan AC.
    • Bersihkan kondensor saat anda mencuci mobil untuk membuang debu dan kotoran yang menempel, yang dapat menyebabkan kebocoran dan korosi.
    • Jangan merokok dalam kondisi AC mobil menyala.
    • Jika parkir, sebisa mungkin pilih tempat yang sejuk dan terlindungi dari sinar matahari terik. Hal ini agar kabin tidak terlalu panas sehingga kerja AC tidak terlalu berat saat dinyalakan.
    Nah sekarang sudah tahu kan, tips agar AC Mobil tetap terawat dan tetap dingin guys, untuk tips-tips dan trik lainnya, bisa langsung kunjungi saja di website resmi kami di http://rotarybintaro.co.id/ ataupun bisa langsung mengunjungi bengkel kami yaitu Rotary Bintaro dan juga di sana gratis konsultasi juga loch *senang*
     
    Last edited: Jun 14, 2016
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Masih pakai AC otomatis. Kalau siang panas, kalau malam dingin :D
     
  3. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    603
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
  4. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    190
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Angin Cepoi-cepoi punyanya... *keren2*
     
  5. csmand

    csmand New Member

    Joined:
    Jun 14, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    lumayan nih ilmu baru, sapa tau abis ini bisa beli*senang*
     
  6. rajautan

    rajautan Active Member

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    1,354
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    48
    Ane gak pake AC Den, soalnya tempat ane udaranya dingin (kawasan pegunungan),,
     
  7. biotech

    biotech New Member

    Joined:
    Jun 23, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    ga punya mobil den maslahnya, hahaha, tapi thanks den tips nya, mudah-mudahan masih inget tips nya kalo sudah punya mobil, hehehee
     
  8. docrown

    docrown New Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Sekarang yang punya AC udah banyak jadi akan memperkecil kemungkinan untuk kepanasan, pasti sebagian orang akan menikmati sensasi dinginnya dari AC. Bisa dibilang juga kalo AC itu jadi mesin pendingin ruangan dengan cepat dan murah :D
     
Loading...

Share This Page