Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat

Discussion in 'Health & Medical' started by ryandjide, Jun 24, 2016.

?

Apakah anda berminat menggunakan nya ?

  1. Ya

    100.0%
  2. Tidak

    0 vote(s)
    0.0%
  1. ryandjide

    ryandjide Member

    Joined:
    Jan 7, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Penyebab munculnya jerawat pada wajah sangat penting untuk diketahui sebagai bentuk antisipasi kita dalam melakukan pencegahan terhadap jerawat. Jerawat atau dalam bahasa medisnya disebut acne vulgaris yang merupakan dan merupakan masalah klasik kulit wajah (dahi, hidung, dan pipi) meskipun terkadang dapat bisa ditemukan di leher dan bahu dada atau punggung. Jerawat memang telah menjadi masalah umum bagi remaja bahkan orang tua yang dirasa sangat mengganggu dan menurunkan percaya diri.

    Bagi sebagian besar remaja penyebab muncul jerawat menjadi salah satu pertanyaan besar yang harus tahu jawabannya. Dengan tahu sebab-sebab munculnya jerawat kita dapat mengantisipasi dan melakukan pencegahan sehingga bisa menghindarinya atau paling tidak dapat melakukan penanganan dengan benar. Apa saja kira-kira penyebab jerawat tersebut? Berikut akan diulas beberapa sebab yang mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah anda.

    Sebelum anda mencari cara menghilangkan jerawat, terlebih dulu kita harus paham apa itu jerawat beserta jenis-jenisnya serta berbagai macam penyebab-penyebab yang memicunya. Sehingga selain dapat menyembuhkan kita juga bisa tahu cara mencegahnya.

    1. Produksi Minyak Berlebih
    Jerawat tidak selamanya muncul karena kita kurang menjaga kebersihan wajah, namun juga dapat dipengaruhi faktor internal atau dari dalam tubuh. Jerawat terjadi karena kondisi kulit abnormal yang diakibatkan gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit. Sebab terjadinya jerawat yang paling umum adalah tumpukan minyak, hormon, atau bisa juga sabun yang berkolaborasi dengan bakteri pada kulit wajah.

    2. Bakteri
    Bakteri merupakan salah satu penyebab jerawat yang paling serius. Bakteri yang disebut p. acne biasanya ada pada kulit dan cenderung untuk terus berkembang biak dalam kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan iritasi didaerah sekitarnya. Kelenjar tersebut dapat pecah ketika proses pembengkakan membesar yang mengakibatkan peradangan pada kulit disekitarnya dan menimbukan rasa sakit pada wajah. Inilah salah satu sebab timbulnya jerawat batu yaitu jenis jerawat yang membesar dan terasa sakit dan ketika sembuh bisa mengakibatkan lubang-lubang seperti bekas luka cacar.

    3. Sel-Sel Kulit Mati
    Pada umumnya jerawat terjadi karena semakin banyaknya produksi hormon androgen sehingga mengakibatkan kelebihan kelenjar minyak. Akhirnya jerawat mulai muncul karena bakteri bercampur dengan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang terbentuk karena sel-sel kulit mati tersebut bercampur juga dengan sabun hingga campuran tersebut menebal sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih pada wajah. Jerawat pada umumnya memang menyerang muka, namun jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya seperti punggung, lengan atas, dada bahkan kulit kepala.

    Macam-Macam Penyebab Jerawat Membandel

    1. Faktor Hormon
    Hormon menjadi penyebab terbesar munculnya jerawat pada wajah apalagi pada usia remaja. Jerawat pada umumnya mulai muncul pada usia 10 hingga mencapai 15 tahun yang kemudian akan mulai menghilang ketika menginjak usia 25 tahun, tetapi juga sebagian besar orang juga ada yang sampai usia 40 hingga 50 tahun dengan prosentase sekitar 7%. Umumnya wanita memiliki resiko yang tinggi terkena jerawat pada 2-7 hari sebelum menstruasi, pasien memakai obat-obat jenis tertentu seperti steroid, kortison, estrogen, testosteron dan feniton serta pada wanita yang sedang hamil.

    2. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut
    Apa hubungannya jerawat diwajah dengan rambut? Ternyata rambut memiliki peran penting dalam menyebabkan timbulnya jerawat oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan rambut tersebut. Seseorang yang kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang keramas misalnya, ketika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih maka minyak tersebut akan mengalir ke wajah atau bisa juga mengalir melalui rambut. Sehingga ketika minyak tersebut bercampur dengan debu, kotoran atau bakteri yang akhirnya dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah dan munculah jerawat. Itulah mengapa terkadang jerawat bisa sangat membandel dan sulit dihilangkan meski melakukan penanganan dengan benar.

    3. Mengkonsumsi Minuman Bersoda
    Meminum minuman bersoda juga memiliki efek buruk pada tubuh manusia salah satunya bisa memicu timbulnya jerawat. Minuman bersoda dapat menciptakan inflamasi pada tubuh manusia, karena didalam soda terdapat aspartame salah satu zat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan jerawat. Soda juga dapat menurunkan PH yang dapat menyebabkan jerawat yang cukup membandel dan sulit diatasi.

    4. Adanya Friksi Atau Tekanan Pada Kulit
    Jerawat juga bisa dipicu oleh tekanan pada kulit seperti helm, kerah baju, ponsel, dan berbagai macam benda lainnya yang tanpa kita sadari hal tersebut dapat menimbulkan jerawat. Selain dari tekanan pada kulit bakteri atau benda-benda yang menempel tadi jika tidak bersih merupakan pemicu utamanya.

    5. Alergi Makanan Dan Minuman
    Penyebab jerawat yang lain adalah dari alergi terhadap makanan dan minuman tertentu seperti contohnya makanan laut, susu dan lain sebagainya. Makanan-makanan lain yang juga dapat memicu terjadinya jerawat adalah makanan yang memiliki jumalha Vitaman A yang tinggi, Vitamin E yang rendah serta terlalu banyak mengandung Karbohidrat.

    Terus, bagaimana cara mengatasi Jerawat yang Tepat dan Aman ?

    Perkenalkan Yashodara Whitening Cream

    Yashodara Whitening Cream atau Cream Yashodara mengandung bahan aktif Alpha-arbutin, Glycolic aciddan Kojic acid yang sudah terbukti secara klinis aman bagi kesehatan. Yashodara Whitening Cream 100% bebas dari Mercury, Hydroquinone dan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya!

    Khasiat dan Manfaat Cream Yashodara

    Secara umum, jika digunakan secara rutin dan teratur, produk pemutih wajah Yashodara Whitening Cream akan memberikan khasiat dan manfaat sebagai berikut:

    • Mencerahkan dan memutihkan kulit secara merata, mengurangi laju pembentukan melanosit melalui penghambatan Tyrosinase
    • Mengurangi terjadinya kerutan pada kulit wajah dengan cara menstimulasi pembentukan kolagen dan meregulasi spingolipid
    • Membuat kulit tampak lebih bercahaya serta mengembalikan keremajaan kulit dengan cara menambah kekenyalan kulit dan memperbaiki kulit bersisik
    • Melindungi kulit dari berbagai radiasi karena mengandung anti-oksidan kuat
    • Melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) karena mengandung komponen utama sunblock dengan konsentrasi yang menentukan Sun Protection Factor (SPF)
    • Menghaluskan kulit dengan cara membantu pengikisan sel kulit mati dan melindungi kulit dari zat-zat yang mengiritasi dan stress mekanik
    • Merawat kulit dan memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kulit melalui derivat vitamin E
    Terima kasih
     
    Last edited by a moderator: Jul 4, 2016
  2. Sangkar MSJ

    Sangkar MSJ Member

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    102
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
  3. Ayuni Sabila

    Ayuni Sabila New Member

    Joined:
    Jun 8, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    alhamdulilah aku jarang jerawatan, tipsnya bagus nih moga bermanfaat untuk yang galau memiliki jerawat
     
    ryandjide likes this.
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Jerawat memang bikin gawat, saya dulu sangat berjerawat tapi sekarang ya gak,, dah bersih sih sih,,, mas @ryandjide ambil Affiliasi yasodara yah??*bergaya*
     
  5. ryandjide

    ryandjide Member

    Joined:
    Jan 7, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Hahaha iya.. saya udah coba juga. trnyata di cowok juga bisa cocok
     
    katon likes this.
  6. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Dulu saya pakai affiliasi ini dan klik cukup lumayan tuh, tapi sayang gak ada yang mau beli padahal setahu saya, ini produk bagus loh,,,*bergaya*
     
  7. ryandjide

    ryandjide Member

    Joined:
    Jan 7, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Saya sampai sekarang masih pake ini cream.. Wajah saya lebih putih dan bersih.. Bopeng aja bisa ilang wkwkwk*happydancing*
     
  8. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Iya, kalau saya gak rutin sih pakai nya tapi dah ada hasil,,:)
     
  9. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    jerawat kebanyakan menyerang kulit berminyak ya :eek:
     
  10. ryandjide

    ryandjide Member

    Joined:
    Jan 7, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Nggk juga sih.. walaupun berminyak tapi nggk di urus tetep aja bakalan timbul jerawat *jail*
     
  11. mabrur

    mabrur Member

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    84
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Sebenarnya penyembuhan jerawat sangat gampang. dulu saya berjerawat. setelah tahu caranya ternyata gampang sekali.
     
Loading...

Share This Page