Tips Mencegah Serangan Virus dan Malware Pada Komputer

Discussion in 'Computer' started by dimensidata, Oct 16, 2015.

  1. dimensidata

    dimensidata Member

    Joined:
    May 22, 2015
    Messages:
    236
    Likes Received:
    33
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Malware, adalah salah satu hal yang paling ditakuti bagi mereka yang sering bekerja menggunakan komputer, laptop, notebook dan gadget lainnya. Malware bukanlah nama orang namun nama ini sangat populer di dunia teknologi dan harus kita hindari. Malware adalah suatu program yang diciptakan untuk merusak sistem komputer tanpa pemberitahuan terlebih dulu pada pemiliknya. Program ini mengistal sendiri tanpa Anda ketahui dan program ini sangat dtakuti oleh pengguna internet dan pengguna kompute. Banyak diantara mereka yang telah mengalami kerugian karena malware. Program ini bisa mencuri data kemudian mengirimkannya kepada pusat malware.

    Malware bisa menyebabkan komputer bekerja terlalu berat, hal ini menimbulkan komputer menjadi lebih cepat panas dan lambat saat digunakan. Saat Anda menggunakan koneksi internet, malware bisa menyebabkan bandwidth menjadi lebih banyak digunakan dan jumlah tagihan internet Anda menjadi lebih besar. Malware banyak jenisnya dan salah satu jenis malware yang paling ditakuti adalah keylogger karena bisa merekan aktivitas Anda pada keyboard saat bertransaksi online menggunakan kartu kredit. Ada cukup banyak jenis malware yang harus dicegah karena semuanya memang sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kerugian financial bagi Anda.

    Beberapa jenis malware diantaranya adware, backdoors, Bot-Net, Virus boot, exploit, dialer, EICAR test file, Honetpot, Hoax, keylogger, trojan dan Grayware. Dalam dunia internet, malware adalah hal yang berbahaya karena antivirus yang kita pasang pun tidak mampu mendeteksinya. Jika malware masuk dalam komputer kita, malware bisa mencuri data yang penting pada perangkat komputer kita. Tapi, jangan khawatir karena Anda bisa mencegah malware agar tidak mengacak-acak data di komputer Anda.

    [​IMG]

    Beberapa cara mencegah masuknya virus malware pada komputer diantaranya:

    1. Sering update aplikasi
      Salah satu mencegah masuknya malware pada komputer adalah sering mengupdate perangkat dan juga aplikasi yang ada misalnya saja update OS, software antivirus dan juga browser yang menjadi cara tempat masuknya malware.
    2. Memasang antivirus
      Sangat penting bagi kita yang memiliki komputer atau laptop untuk memasang antivirus ataupun internet security. Anda bisa memilih antivirus yang handal seperti Avast da Norton atau antivirus lainnya yang terpercaya dan berkualitas.
    3. Selektif saat mendownload aplikasi
      Kadang kita suka mendownload aplikasi gratisan atau bajakan, hal ini sangat berbahaya bagi komputer Anda. Bisa jadi aplikasi bajakan tersebut mengandung malware. Pastikan Anda mendownload aplikasi di tempat yang tepat dan hindari aplikasi bajakan.
    4. Selektif saat browsing
      Untuk mencegah malware masuk ke komputer Anda, hindari menelusuri web atau situs yang kurang jelas atau tidak terpercaya. Jangan sekali-kali mendownload file atau aplikasi pada situs yang tidak jelas dan menggunakan file hosting mediafire dan lainnya.
    5. Hati-hati dalam membuat pasword
      Anda harus lebih berhati-hati saat membuat pasword baik pasword email ataupun pasword lainnya. Pastikan menggunakan kombinasi huruf, angka dan kode yang sangat sulit.
    6. Memasang software anti malware
      Saat ini banyak pabrikan teknologi yang menjual software anti malware yang berkualitas. Anda bisa memilih sofware tersebut untuk mencegah malware masuk kedalam komputer. Beberapa software anti malware tersebut terbukti bisa mencegah, menghindari dan juga mengatasi malware pada komputer dan perangkat lainnya.
    Sebelum data Anda diacak-acak dan dicuri malware, langkah terbaik adalah mencegahnya. Malware sangat berbahaya apalagi bila Anda sering bertransaksi online, jangan pernah ragu untuk memasang keamanan berkualitas pada laptop, komputer atau gadget Anda untuk menghindari malware.

    Sumber
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Mantap sarannya teman. Yang penting jangan banyak instal software gak jelas dengan fitur patchnya. Thanks
     
  3. AlexMason

    AlexMason New Member

    Joined:
    Dec 17, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Yg pasti sih sering2 scan komputer na and jngn sembarang download and install aplikasi dari sumber yg ga kredibel
     
  4. bungfadli

    bungfadli New Member

    Joined:
    Dec 30, 2015
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wah bagus banget nih infonya. bermanfaat sekali juragan pas kebetulan ane butuh.
     
  5. dmoss

    dmoss Member

    Joined:
    May 13, 2014
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    wah terimakasih tipsnya gan, sangat bermanfaat sekali buat yang sering bekerja didepan komputer seperti ane, memang jika komputer terkena malware bisa sangat menyusahan sekali
     
  6. benjaminfrankline

    benjaminfrankline Member

    Joined:
    May 17, 2016
    Messages:
    82
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    jangan lupa firewall nya supaya malware sama spyware ny susah masuk k OS!
     
  7. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  8. nier_apriyanto

    nier_apriyanto Member

    Joined:
    May 24, 2016
    Messages:
    23
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    entah datengnya darimana tiba-tiba aplikasi scan virus ini sudah terinstall di lepi ane.aplikasi ini sangat bikin risih karena selalu melakukan scan otomatis, mau ane uninstall tapi ga tau bahasanye, bahasa yang dipakai bahasa jepang. barangkali sobat bersosial tau tentang aplikasi ini dan cara uninstallnya
    appscan.PNG
     
  9. Wandisanjaya

    Wandisanjaya New Member

    Joined:
    Jul 3, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Terima kasih infonya, kebetulan saya lgi cari ini,,,
     
Loading...

Share This Page