10 Indikasi Bahwa Anda Seorang Gaptek

Discussion in 'General Internet' started by haris99, Jul 9, 2016.

  1. haris99

    haris99 New Member

    Joined:
    Jul 4, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Setiap orang tentu harus dapat beradaptasi pada lingkungannya agar bisa selalu bertahan di lingkungan tersebut. Berkenaan masalah adaptasi, Teknologi informasi sudah menjadi hal yang melekat pada kehidupan manusia jaman sekarang. Baik instansi, perusahaan besar, menengah, kecil bahkan individu harus dapat menggunakan atau memanfaatkan teknologi untuk mempertahankan eksistensinya.

    Jaman dulu ketika teknologi informasi belum maju seperti sekarang, terdapat suatu penemuan yang merubah kehidupan manusia yaitu listrik. Awalnya listrik hanya digunakan oleh sekelompok orang atau perusahaan saja tetapi lama kelamaan listrik sudah digunakan oleh semua orang.

    Orang yang tidak memiliki listrik tentu akan tertinggal, tidak memiliki penerangan yang baik di malam hari atau tidak dapat melakukan banyak hal yang hanya bisa dilakukan dengan bantuan listrik. Pada jaman sekarang listrik seolah sudah menjadi kebutuhan primer.

    Karena jaman selalu berkembang, dekade lalu hadir sebuah teknologi informasi yang dapat membuat kita terhubung dengan orang lain tidak peduli seberapa jauh tempatnya. Teknologi tersebut adalah handphone yang pada akhirnya juga seolah menjadi kebutuhan pokok.

    Dan sekarang, teknologi informasi tidak hanya handphone saja, tetapi ada internet. Sama halnya seperti listrik, internet sudah mulai merasuki setiap elemen pada kehidupan manusia yang secara lambat tapi pasti menjadikan internet sebagai kebutuhan pokok.

    Bicara masalah internet tentu identik dengan perangkat - perangkat teknologi modern seperti komputer atau gadget. Baik instansi, perusahaan besar, menengah, kecil bahkan individu harus memiliki perangkat - perangkat teknologi tersebut agar tetap bisa eksis di dunia yang sudah berubah ini.

    Istilah bagi seseorang yang tidak mengikuti perkembangan teknologi atau tidak dapat menggunakannya dengan baik khususnya teknologi informasi disebut Gaptek (Gagap Teknologi). Nah, apakah anda termasuk orang yang mengikuti perkembangan teknologi atau tidak? Berikut akan saya berikan indikasi - indikasi bahwa anda adalah seorang gaptek. Jika semua poin ini tidak terdapat pada diri anda, berarti anda bukanlah orang Gaptek.

    Bagi anda yang masih gaptek, untuk bisa menjadi non-gaptek bisa menghindari poin - poin di bawah ini.

    1. Tidak Memiliki Perangkat Teknologi (Gadget)
    Bagaimana anda tidak dikatakan gaptek jika tidak memiliki suatu perangkat teknologi atau gadget. Kalau anda tidak memiliki gadget, sama saja anda sedang bercerita kepada teman anda bahwa liburan di pantai itu sangat menyenangkan padahal anda belum pernah kesana.

    Gadget tidak harus mahal, setidaknya memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi, multimedia dan internet. Dekade yang lalu, dengan memiliki dan menggunakan sebuah Handphone sudah cukup menunjukan bahwa kita non-gaptek. Tetapi sekarang masa kejayaan handphone sudah akan berakhir dan mulai beralih ke masa Smartphone dan beberapa produk smart lain. Dengan teknologi yang anda miliki, anda tentu dapat dengan mudah membuka dan mempelajari cakrawala dunia teknologi dengan lebih leluasa.

    2. Tidak Bisa Mengoperasikan Perangkat Teknologi
    Dengan hanya memiliki perangkat teknologi atau Gadget tidak lantas membuat kita non-gaptek. Pertanyaan besarnya adalah dapatkah kita menggunakannya? Kita harus tahu cara mengoperasikan perangkat atau gadget tersebut, paling tidak kebutuhan - kebutuhan dasarnya. Untuk handphone misalnya, anda harus tahu bagaimana mengirim pesan, menelpon, cek pulsa, mengatur alarm, membuka kalkulator dan sebagainya. Karena sekarang sudah jamannya Smartphone, maka anda harus bisa internetan, menggunakan kamera, memainkan musik, video, membuka foto dan lain - lain.

    Karena dunia teknologi itu luas, anda tidak harus dapat mengoperasikan segala perangkat teknologi yang ada. Paling tidak kita tahu bagaimana dasar - dasar cara menggunakan perangkat yang umum di masyarakakat seperti handphone, smartphone, komputer.

    3. Tidak Memahami Spesifikasi Suatu Perangkat Teknologi
    Spesifikasi harus dapat anda pahami agar tidak dikatakan gaptek. Karena ini akan dapat membantu orang yang gaptek untuk belajar atau ketika mereka ingin membeli suatu gadget. Hal - hal mendasar dalam spesifikasi perangkat seperti apa itu harddisk, ram, prosesor dalam komputer harus dipahami. Sama halnya dengan smartphone, anda juga harus paham spesifikasinya agar tidak gaptek.

    4. Tidak Memiliki Koneksi Internet
    Internet saat ini sudah seperti listrik, artinya keberadaannya sangat dibutuhkan. Tanpa listrik, seolah kita kembali ke jaman batu. Sama halnya tanpa internet, kita seperti orang tersesat. Jadi kalau kita tidak mau dikatakan gaptek, paling tidak memiliki koneksi internet sendiri, agar kita dapat dengan mudah mencari dan update informasi dengan cepat sehingga bisa melakukan banyak hal yang hanya bisa dilakukan dengan bantuan internet.

    5. Tidak Memiliki Email
    Sebenarnya dengan hanya memiliki koneksi internet saja (tanpa memiliki akun apapun) sudah cukup untuk membuat kita dapat melakukan banyak hal. Tetapi itu hanya akan membuat kita sebagai pengguna internet pasif. Artinya hanya menggunakan tanpa menciptakan.

    Seorang yang non-gaptek haruslah memiliki akun minimal Email. Ya, email seolah menjadi sebuah KTP bagi setiap pengguna internet (netizen). Jika tidak memiliki email, sama saja tidak memiliki identitas diri. Karena dengan email kita dapat membuat akun lain yang juga penting kita miliki seperti facebook, twitter, linkedin, google atau bahkan website pribadi anda.

    6. Tidak Pernah atau Jarang Membaca Berita Teknologi
    Informasi selalu berkembang setiap harinya. Orang yang non-gaptek harus up to date dengan informasi teknologi terbaru, misal ada inovasi apa di bidang smartphone, komputer, dan sebagainya.

    Dari mana kita mendapatkan berita seputar teknologi? Terdapat banyak portal berita seperti google news, yahoo news, msn news, detikcom, kompas, liputan6 dan banyak lagi.

    7. Tidak Bisa Menginstal Software
    Melengkapi poin nomor 2 di atas, seorang yang non-gaptek seharusnya tidak hanya sekedar dapat menggunakan gadget, tetapi juga mampu memodifikasi. Modifikasi disini adalah dengan menambah (install) atau mengurangi (uninstall) aplikasi atau program yang ada di perangkat. Untuk Smartphone contohnya, tentu caranya tidak terlalu sulit. Karena sudah ada tempat khusus yang menyediakan banyak aplikasi smartphone seperti Play Store maupun App Store. Cara menginstalnya pun sederhana, hanya tinggal klik instal kemudian beres.

    Seorang non-gaptek juga harus bisa menginstal program - program standar di komputer seperti Microsoft Office, Browser, Pemutar Musik, Video, Software Desain Grafis dan lainnya. Selain itu juga harus tahu dimana atau bagaimana cara mendapatkan software - software tersebut.

    8. Gagap Berbahasa Inggris
    Bahasa internasional yang sudah disetujui untuk digunakan di semua negara adalah bahasa inggris. Banyak teknologi baru berasal dari luar negeri dan menggunakan bahasa inggris. Jadi mengetahui minimal pengetahuan dasar bahasa inggris itu penting untuk membuat anda seorang yang non-gaptek. Paling tidak anda dapat memahami sebuah artikel sederhana dalam bahasa inggris.

    9. Tidak Bisa Mengetik 10 Jari
    Apa yang ada di pikiran anda ketika orang mengetik di keyboard dengan teknik 10 jari? Kesan pertama adalah anda akan mengatakan orang tersebut non-gaptek. Banyak manfaat dari kemampuan mengetik 10 jari, diantaranya adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri dan produktifitas anda.

    Anda tidak harus mengetik dengan cepat atau menggunakan teknik touch typing (mengetik tanpa melihat keyboard). Tapi cukup terapkan teknik 10 jari yang benar. Lambat laun anda akan hafal dengan sendirinya.

    10. Tidak Kenal Dengan Simbah
    Jika anda tidak tahu siapa simbah yang saya maksud berarti anda masih gaptek. Dengan mengenal simbah, anda dapat dengan mudah mencari segala bentuk informasi, berita, panduan dan lain sebagainya. Banyak orang yang hidupnya berubah dari tidak tahu apa - apa menjadi tahu banyak hal setelah menjalin hubungan yang dekat dengan simbah.

    sumber: http://www.teknografis.com/2016/07/10-indikasi-bahwa-anda-seorang-gaptek.html
     
    Last edited: Jul 9, 2016
    Damar and lasealwin like this.
  2. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    603
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
  3. Unmetered

    Unmetered Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    483
    Likes Received:
    69
    Trophy Points:
    28
    Justru saya mempunyai kemampuan mengetik dengan 11 jari ( hanya jari telunjuk kanan/kiri )
    :D:D:p
     
    Marko Sianipar likes this.
  4. Musthafa Kamal

    Musthafa Kamal Active Member

    Joined:
    Jun 15, 2015
    Messages:
    603
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    43
    Wkwkwkwkwk terlalu mastah niihh *ketawa4*
     
  5. anton_sudibyo

    anton_sudibyo Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    459
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Kayanya belum gaptek, walau ketik masih pakai 6 jari :D
     
  6. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Gaptek atau tidak nya itu sebenarnya tidak begitu penting teman. Yang lebih penting adalah kemampuan berbaur.
    Sekalipun kita punya informasi update akan tetapi kalau kemampuan bergaul dan bersosialisasi kurang.
    Ini akan menjadi salah satu penghambat bagi kita untuk mengembangkan kepribadian.
    Salam pribadi hebat
     
  7. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Perkembangan zaman semakin maju, kalau kita tidak berusaha ngimbangin ya ketinggalan, tapi selama masih ada kemauan untuk belajar saya yakin, kita bisa mengikuti perkembangan zaman meskipun bisanya ngetik 11 jari seperti kata @Unmetered yang penting ada kemauan*keren3*
     
  8. Stevandy A

    Stevandy A Member

    Joined:
    Oct 31, 2015
    Messages:
    175
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Memang benar perkembangan tekno yg semakin "menggile" belakangan ini memunculkan fenomena dimana orang yang tdk punya smartphone, netbook seperti orang "gua". Tapi ada sisi lain yang akhirnya hilang terkikis secara perlahan, rasa kekeluargaan, musyawarah dan berkumpul. (edisi curhat anak 90'an)
     
  9. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    190
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    artikelnya bikin sakit nih...
    masak nggak punya e-mail dibilang gaptek...*akhirnya*
     
  10. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    760
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    kalau sampai tidak kenal dengan mbah google yaahh memang sangat2 kebangetan :D
     
  11. Garett

    Garett Super Level

    Joined:
    Apr 13, 2015
    Messages:
    1,104
    Likes Received:
    1,049
    Trophy Points:
    163
    Google+:
    Faktanya Gaptek lebih baik daripada Kuper. Dan ini hanya masalah waktu seseorang bisa bergelut dan biasa mengoperasikan komputer. Misalnya saya, seorang mahasiswa yang berkaitan dengan IT, saya harus:
    1. Punya Laptop/Komputer sendiri, walaupun Ponsel seperti berumur dekade.
    2. Maintenance dan Perawatan komputer sendiri, setidaknya tahu dasar-dasarnya (seperti: pemakaian/operasi).
    3. Saya juga butuh koneksi Internet untuk aktivitas mandor seperti kirim Email dan komunikasi.
    4. Untuk standardisasi dan efisiensi kerja, saya harus bisa mengetik 10 jari.
    5. Dan semua yang berkaitan dengan komputer, mulai dari perangkat keras dan lunak tidak terlepas jauh dengan Bahasa Inggris. Karena pelopor komputernya pakai Bahasa Inggris, beda lagi kalau orang Madura.
    Butuh proses? Pasti. Berbeda bila berdiam diri dan tidak melakukan hal apapun sama sekali.
     
  12. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
  13. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    571
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
  14. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,472
    Likes Received:
    216
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya mengetik pakai suara wkwk *ketawa4*
     
  15. Kevin.F

    Kevin.F Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    biasanya orang yang bisa ngetik 10 jar, itu sudah pro *ketawa4*
     
  16. sriyanti

    sriyanti Member

    Joined:
    Oct 8, 2015
    Messages:
    57
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Kalo ngetik lebih enak pake 11 jari *jail*
     
  17. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    425
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    aslinya... saya gak bisa install software di PC *hurtmyself*
     
  18. Tukiyo Valak

    Tukiyo Valak Member

    Joined:
    Jul 15, 2016
    Messages:
    74
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
  19. vira

    vira Member

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    156
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    #3 #6 #7 #8 #9 itu aku banget, fix aku ini gaptek sejati
     
  20. Tiara2016

    Tiara2016 Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    115
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    *mati*ngetik cuma pake 2 jari telunjuk aja nih gan.. brarti saya gaptek
     

Share This Page