Waspada Kurma Nabi Palsu dan Kenali Perbedaannya dengan yang Asli

Discussion in 'General Lifestyle' started by okoki, Jun 13, 2016.

  1. okoki

    okoki Guest

    Manisnya kurma ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Beberapa jenis buah asal Timur Tengah ini bahkan dipercaya bisa menjadi obat herbal, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli kurma agar tidak tertipu. Disini saya ingin membahas mengenai kurma yang melegenda yaitu kurma nabi atau kurma ajwa.

    Kurma yang menjadi primadona dan disukai banyak orang ini namun sayangnya juga banyak disalahgunakan oleh para penjual, ada saja penjual yang berusaha mengambil untung dengan cara yang curang. Seperti menjual kurma nabi tetapi dicampur dengan kurma lulu, jadi dari segi tampilan di kemasan atasnya kurma nabi namun dibawahnya kurma lulu dengan komposisi kurma nabi yang hanya sebagian kecil saja.

    Seperti yang diberitakan oleh Okezone,

    “Habib Adil, pemilik kios kurma Syarifah Banun di pasar Tanah Abang mengatakan banyak kurma oplosan yang dijual dalam kemasan.

    "Kurma banyak jenisnya, ada beberapa yang bentuknya mirip. Yang paling terkenal itu kurma ajwa atau kurma nabi. Beli kurma jenis ini jangan yang dalam kemasan," kata Habib Adil yang membuka stand di Festival Kuliner Ngabuburit Kelapa Gading, Jakarta Utara.

    Pria ramah ini lanjut menjelaskan, kurma ajwa memiliki bentuk seperti kurma lulu, pedagang yang curang akan membungkus kurma ajwa yang dicampur kurma lulu padahal kedua jenis kurma ini sangat berbeda jauh mulai dari harga hingga khasiatnya.

    "Kurma lulu hanya Rp30.000 perkilo, kurma ajwa Rp450.000 perkilo. Kalau sudah dalam kemasan biasanya di bagian atas isinya kurma ajwa tapi dibawahnya campur kurma lulu," beber Habib Adil.

    Sebagai solusi, Habib Adil menyarankan sebaiknya usahakan membeli kurma yang digelar dan kelihatan, kalau bisa juga membeli pada langganan yang sudah kenal."

    ***


    Lalu bagaimana caranya agar tidak tertipu kurma nabi yang palsu? Secara tekstur, memang kurma nabi dan kurma lulu memiliki tekstur dan warna yang sama sampai-sampai kalau tidak dilihat dan dirasakan baik-baik mungkin tidak akan bisa membedakannya. Kedua kurma ini sama-sama berwarna hitam pekat, tetapi bedanya kurma lulu gak ada garis serat di permukannya., kurma nabi ada garis serat berwarna coklat. Seperti yang diketahui bahwa kurma nabi memiliki serat tertinggi.

    Maka dari itu kamu sebaiknya bisa waspada dan kenali perbedaan antara kurma nabi yang asli dengan kurma lulu. Berikut perbedaannya:

    1. Harga

    Jangan tergiur harga murah, bukan berarti kurma lulu tidak bagus. Namun kurma nabi memiliki manfaat dan serat yang lebih jadi harganya pun lebih mahal, dan tidak setara dengan harga kurma lulu. Jadi, jangan sampai kamu sudah mengeluarkan uang yang banyak untuk kurma yang harganya sebenarnya tidak sampai ratusan ribu seperti kurma nabi.

    2. Tekstur

    Secara tekstur, kurma nabi atau kurma ajwa memiliki tekstur yang lebih keras di luar namun lembut saat sudah di makan. Beda dengan kurma lulu yang memang dari luar teksturnya sudah terlihat lembek saat disentuh.

    Lalu, apa kesitimewaan kurma nabi hingga harganya begitu mahal? Kurma nabi ini dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit kanker. Dengan dikonsumsi setiap hari secara rutin hingga minimal 6 bulan dicampur minyak habbatussauda (jinten hitam) dan minyak zaitun, kanker bisa semakin jinak.
     
    DedyAkas Website likes this.
  2. Ganyool

    Ganyool Member

    Joined:
    May 20, 2016
    Messages:
    421
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    waduuuuh bulan berkah masih aja ada oknum yg berbuat curang dengan menjual kurma nabi
     
    DedyAkas Website likes this.
  3. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  4. DedyAkas Website

    DedyAkas Website Member

    Joined:
    Sep 30, 2015
    Messages:
    161
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Terima kasih atas informasinya...
    Sangat miris ya, di sela-sela sedang momentnya malah ada yang menyalah gunakan...
     
  5. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,325
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Begini menghalalkan segala cara buat dapet duit
     
  6. Adi Saputro

    Adi Saputro Member

    Joined:
    May 13, 2016
    Messages:
    30
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    kalau orang awam memang sulit membedakannya :-(
     
  7. Lisanimulya

    Lisanimulya Member

    Joined:
    Jun 16, 2016
    Messages:
    72
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Kalau yang palsu emang bahaya buat kesehatan ?
     
  8. mabrur

    mabrur Member

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    84
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    RASANYA SANGAT BERBEDA. SEBELUM BELI AMBIL BEBERAPA BIJI MAKAN DENGAN MATA TERTUTUP KARENA SAAT MATA TERTUTUP SYARAF PERASA AKAN BEKERJA KERAS UNTUK MEMBEDAKAN RASA TAPI TIDAK BOLEH BICARA SAAT MAKAN.
     
  9. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Biar tidak tertipu. belinya di distributor resmi saja...
     
Loading...

Share This Page