7 Festival Budaya Yang Akan Hadir Di Bulan Agustus 2016 dan Tak Boleh Di Lewatkan

Discussion in 'General Discussion' started by Rini Novianti, Aug 3, 2016.

  1. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    Nah, bagi anda yang sangat menyukai travelling mengunjungi festival budaya yang unik yang akan diadakan sepanjang bulan Agustus pun yang tak boleh terlewatkan karena kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda dan menambah wawasan keanekaragaman budaya Indonesia tentunya. Penasaran kan ? Yuk simak terus artikel di bawah ini …

    Festival Budaya Yang Akan Hadir di Bulan Agustus 2016
    • Bali, Festival Buleleng
    [​IMG]
    Bagi kamu yang akan liburan ke Bali dalam waktu dekat ini anda sangat beruntung. Mengapa tidak ? Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Buleleng, Bali akan menggelar Festival Buleleng ke-4 yang akan dilaksanakan di areal Tugu Singa Ambara Raja, pada tanggal 2-6 Agustus 2016. Tema Festival Buleleng tahun ini yaitu “Masterpiece of Buleleng” acara ini bertujuan unutk mempromosikan potensi pariwisata dengan menyajikan kombinasi antara seni, budaya, pendidikan dan lingkungan sosial. Tak hanya itu Festival Buleleng akan dimeriahkan dengan parade tari joged akbar khas Buleleng oleh 100 orang penari.
    • Jayapura, Festival Teluk Humboldt
    [​IMG]
    Setelah ke Bali, terbanglah ke Jayapura pada tanggal 5-7 Agustus karena disana akan dilaksanakan Festival Teluk Humbold. Namun sebelum acara ini dimulai sudah diselenggarakan beberapa kegiatan di festival tersebut dari mulai tangal 1 Agustus 2016. Pada FTH kali ini banyak melibatkan banyak elemen dan seluruh warga di tuntut untuk bisa ikut berpartisipasi. Walaupun tidak seheboh dengan festival lembah baliem dan danau sentani namun dalam acara festival teluk humbold cukup menarik karena di dalam pementaran tersebut menampilkan pagelaran batik papua, kuliner papua, kerajinan warga setempat, lomba anyam rambut, merangkai pinang, dan masih banyak lagi.
    • Papua, Festival Lembah Baliem
    [​IMG]
    Jangan dulu beranjak dari tanah Papua pada tanggal 8-11 Agustus 2016 nanti terdapat Festival Budaya Papua yang sangat dinanti-nanti yaitu Festival Lembah Baliem. Awalnya pertama kali digelar Festival Lembah Baliem yaitu pada tahun 1989, pada awalnya festival ini merupakan acara perang antar suku yaitu suku Dani, Lani dan Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Unik dan menarik dari festival yang satu ini yaitu diawali dengan skenario pemicu perang seperti perebutan ladang yang kemudian menjadi adu kekuatan antar suku yang telah berlangsung secara turun temurun. Karena festival ini bertemakan perang, maka tiap suku pun membawa senjata khas masing-masing seperti tombak dan busur yang kemudian saling melempar. Walaupun terdengar cukup mengerikan namun festival ini tentunya aman dan yang pastinya menambah wawasan mengenai kehidupan suku-suku tersebut.

    • Sulawesi Utara, Festival Bunga Tomohon
    [​IMG]
    Setelah puas menikmati festival unik di Papua, sekarang main-main lah ke Sulawesi Utara karena pada tanggal 8 Agustus 2016 akan dilaksanakan Festival Bunga Tumohon. Sebagai salah satu penghasil bunga terbesar di Tanah Air, Tomohon ingin memperkenalkan kreasi seni dan parawisata Tumohon kepada dunia. Festival ini cukup menjadi daya tarik turis mancanegara terbukti bila diadakan festival ini banyak turis-turis yang ikut ambil bagian seperti Polandia, Perancis, Amerika Serikat, Selandia Baru, India, dan Filipina tak pernah absen mengikuti festival bunga ini. Acara ini biasanya mengarak mobil sebanyak 30 an yang sudah diberi pernak-pernak bunga sesuai dengan kreasi masing-masing yang pastinya akan menarik bila dikunjungi.
    • NTB, Festival Mentaram
    [​IMG]
    Tidak hanya menikmati wisata alam nya yang sangat indah kamu bisa belajar juga mengenai keseniaan dan kebudayaan Suku Sasak, Sumbawa, Mbojo dan Bali di Festival Mentaram yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2016. Festival ini pastinya akan berlangsung meriah karena melibatkan 3000 peserta parade dan 1500 penari dari kalangan pelajar dan pelaku seni.
    • Madura, Karapan Sapi
    [​IMG]
    Ingin berlibur dengan pengalaman unik datanglah ke Madura karena disana akan dilaksanakan Balapan Sapi yang melegenda yang diadakan pada bulan Agustus 2016. Karapan Sapi ini pada awalnya sebagai salah satu cara menyebarkan agama islam yang bermula dari datangnya Adi Poday ke Madura. Lalu Adi Poday pun memajukan pertanian di Madura sehingga sektor pertanian pun berkembang pesat. Oleh karena itu para petani sangat semangat menggarap sawah dan berlomba-lomba untuk menyelesaikan pekerjaan nya tersebut, dari sanalah muncul tradisi karapan sapi. Unik nya sebelum di ikut sertakan sapi-sapi akan dihias dengan pernak pernik berwarna-warni dan diiringi dengan musik saronen.
    • Jawa Timur, Jember Fashion Carnaval
    [​IMG]
    Jember Fashion Carnaval menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi pecinta fashion. Karena karnaval ini menjadi satu-satunya acara fashion terbesar di Indonesia yaitu dengan panjang catwalk sepanjang 3,6 kilometer dengan menggunakan berbagai macam kostum yang rumit dan unik. Tema yang dipilih tahun ini yaitu berkaitan dengan Kebangkitan Indonesia di berbagai macam bidang seperti pertanian, lingkungan hidup, maritim, teknologi, industri, budaya dan masih banyak lagi. Oleh karena itu jangan sampai terlewatkan JFC tahun ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 24-28 Agustus nanti.

    Sumber : 7 Festival Budaya Yang Akan Hadir di Bulan Agustus 2016
     
  2. Zerki Juliandri

    Zerki Juliandri Member

    Joined:
    Dec 3, 2014
    Messages:
    202
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    mudah mudahan dengan adanya festival budaya sperti ini menjadikan indonesia lebih di kenal lagi di mancanegara.....dan tentunya pariwisata di indonesia semakin maju....aamiin:D
     
  3. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    aamiin mas @Zerki Juliandri , kalo budaya kita terkenal sektor perekonomian pun akan meningkat. bener kan yah ?
     
  4. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  5. Zerki Juliandri

    Zerki Juliandri Member

    Joined:
    Dec 3, 2014
    Messages:
    202
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    bener sekali mbak @Rini Novianti lapangan pekerjaan juga semakin banyak terbuka, dan mungkin bukan hanya budaya saja yang bisa di promosikan....tapi potensi alam yang ada indonesia ini juga sangat kaya,...banyak loh wisata wisata alam yang baru baru ini di share di media sosial langsung jadi viral....mungkin kalo dinas pariwisata bisa lebih memperhatikan dengan tempat tempat wisata tersbut.....indonesia lebih bakalan maju pariwisatanya *hore*
     
  6. Rini Novianti

    Rini Novianti Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    198
    Likes Received:
    34
    Trophy Points:
    28
    widih mantep bener mas @Zerki Juliandri *peace*
     
Loading...

Share This Page