Algoritma Itu Apa Sih, Dan Siapa Penemunya?

Discussion in 'Science' started by vira, Aug 5, 2016.

  1. vira

    vira Member

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    156
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Duh Google ngeluarin algoritma baru lagi nih, abis panda terbitlah pinguin (atau hummingbird, sorry gak apal soalnya) makin pening aja deh ni kepala mikirin cara supaya bisa “menaklukan” algoritma sang Zeus alam digital tersebut, tujuannya apalagi dah kalau bukan supaya blog bisa anteng duduk di singgasana SERP pejwan.

    Algoritma, kata itu jadi makin akrab di tengah – tengah kita terlebih lagi mereka – mereka yang rajin bergulat dengan ilmu SEO seperti para mastah di forum ini. :D

    Namun tahukah den mas dan den ayu Bersosial yg terhormat siapakah penemu metode algoritma ini? Bukan, pastinya bukan Google, meskipun sering dianggap segala tahu namun sebenarnya semua ilmu pengetahuan yang ada di gudang data “si mbah” ya berasal dari kita – kita ini para user internet yang gemar berbagi informasi.

    Nah trus kalau begitu siapa dong… *bingung*

    Nih aku kasih tau ya, adalah Muḥammad bin Mūsā al-Khawārizmī yang dijuluki sebagai “Bapak Algoritma” FYI, algoritma atau algorism sendiri merupakan penyebutan Latin untuk nama beliau ini lohh, soalnya ras kulit pucat (orang bule-red) suka kepeleset lidah kala menyebut nama asli beliau.

    Al-Khawārizmī merupakan seorang maha pakar di bidang matematika, astrologi, astronomi dan geografi yang berasal dari Persia, beliau lahir di kota Khwārizm (kalau ga salah di sekitar Uzbekistan gitu) pada tahun 780 dan meninggal sekitar tahun 840 - 850 Masehi, hampir sebagian besar usianya dihabiskan dengan penjadi pengajar tinggi (semacam dosen) dari sebuah sekolah kehormatan di Baghdad yang merupakan ibukota ilmu pengetahuan pada masa itu.

    [​IMG]

    Secara sederhana algoritma diartikan sebagai sebuah metode paling efektif dalam sebuah prosedur penghitungan yang langkah demi langkahnya disusun secara logis dan sistematis, metode ini menggunakan input awal, sebagian besar dimulai dari nol atau kosong atau hampa, dimana al-Khawārizmī pulalah yang pertama kali memperkenalkan sistem desimal 0-9 dengan notasi paling presisi yakni setiap simbol di kiri memiliki kelipatan 10 dari simbol di sebelah kanannya.

    Karya atau temuan al-Khawārizmī dituangkan beberapa buah buku / kitab yang sekarang dipakai menjadi rujukan paling faktual dari dasar – dasar ilmu matematika dan juga ilmu pengetahuan lain di dunia modern.

    Buku pertamanya berjudul Al-Kitāb al-mukhtaṣar fī ḥisāb al-jabr wa-l-muqābala atau kira – kira bermakna pengutuhan kembali dan pembandingan, pernah belajar Aljabar kan? nah dasar dari ilmu logika paling fundamental itu berasal dari kitab ini.

    Kontribusi al-Khawārizmī terhadap ilmu pengetahuan nyaris tak terhitung, diantaranya memperkenalkan sistem trigonemi (ingat sinus, kosinus, tangen dll), mengembangkan aritmetika, menetapkan dasar dari pemetaan, volume dan lingkar bumi dan masih banyaaak lagi.

    Mau tahu lebih banyak tentang salah satu ilmuwan Muslim terbesar sepanjang sejarah itu, langsung menuju tkp nya aja disini nih.
     
  2. beby11

    beby11 New Member

    Joined:
    Aug 9, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Baru denger kata Aljabar aja udah pusing duluan, ga kebayang Al-Khawārizmī jeniusnya kaya apa
     
  4. mirza

    mirza Member

    Joined:
    Jul 7, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    wah skr diaksih dikit itungan njlimet aja puyeng saya kang

    gmn nemuin teori itu yah gak kebayang ilmunya

    btw ternyata ilmuwan2 islam rata2 pakar di semua bidang lo kang
     
  5. crewjvm

    crewjvm Member

    Joined:
    Sep 15, 2015
    Messages:
    95
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    kalau sekarang malah update lagi algo pinguin 4.0 gan belum lama
     
  6. ARIF AHNAN

    ARIF AHNAN Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    552
    Likes Received:
    61
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page