Tips Untuk Memilih Septictank bio Murah, sehat dan berkualitas untuk rumah anda

Discussion in 'General Lifestyle' started by biotech, Jun 23, 2016.

  1. biotech

    biotech New Member

    Joined:
    Jun 23, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Merk Septictank bio seperti Biotech, Biofil, Biocell, Biosung, Biotank, Bioasahi, dll. merupakan merk septictank bio yang ada dewasa ini . dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, banyak sekali merk-merk septictank bio yang ada di pasaran.

    • lalu pertanyaan nya manakah yang tepat untuk anda pilih? Merk apa yang terbaik?
    • Seperti apakah kerja sistem dari septictank bio itu sendiri?
    • Manakah yang lebih efektif, tepat, ramah lingkungan, tidak mencemari lingkungan air bersih di rumah anda serta tidak menguras dana atau budget anda?

    Apa yang anda pikirkan ketika memilh septictank bio untuk rumah anda?

    Untuk itu disini kita akan bahas mengenai pertanyaan-pertanyaan tersebut.

    Sebelumnya kita akan membahas mengenai permasalahan yang ditimbulkan oleh sistem sanitasi (pembuangan tinja) yang buruk dan efek nya pada air tanah atau air penampungan rumah anda

    1. Mikroba

    Air tanah / Air Penampungan yang tercemar banyak mengandung puluhan miliar mikroba , termasuk bakteri koli – tinja, bakteri salmonela typhi (penyebab tifus), bakteri vibrio cholerae penyebab kolera, virus hepatitis A dan virus penyebab poli

    2. Materi Organik

    Kotoran manusia merupakan sisa dari ampas makanan yang tidak tercerna, dan sekarang ini menimbulkan dampak negatif untuk lingkungan sekitar rumah (selokan atau sungai) dengan mengeluarkan bau tidak sedap dan berwarna kehitaman.

    3. Telur Cacing

    Tinja manusia banyak sekali mengandung telur-telur cacing, bisa terbayang kan kalau air tanah dan air penampungan rumah anda mengandung jutaan telur-telur cacing.

    4. Nutrien

    Merupakan senyawa nitrogen (N) dan senyawa fosfor (P) yang dibawa sisa-sisa protein dan sel-sel mati. Senyawa nutrien memacu pertumbuhan ganggang (algae). Akibatnya, warna air menjadi hijau. Ganggang menghabiskan oksigen dalam air sehingga ikan dan hewan lainnya mati.

    Nah Serem kan kalau sampai air yang kita pakai sehari-hari tercemar dengan hal-hal tersebut, lalu bagaimana solusi nya supaya air yang kita pakai sehari-hari tersebut tidak tercemar?

    Sebelum membahas hal tersebut, terlebih dahulu kita membahas mengenai perbedaan antara septictank Manual (septictank konvensional) dengan septictank bio

    Septictank Manual

    Pengertian Septictank adalah suatu kolam atau bak bersekat-sekat sehingga terbagi-bagi dalam beberapa ruang, biasanya terdapat di bawah tanah. septictank ini menggunakan bahan semen dan pasir yang dibuat menyerupai bak, menggunakan cor an atau semen dalam pembuatan nya.

    septictank manual tidak melalui proses filterisasi, sehingga air tinja meresap dan mencemari air tanah atau air penampungan yang kita punya, hal ini sangat merugikan sekali karena berdampak buruk untuk kesehatan keluarga dan diri kita sendiri.
    Septictank Bio

    Septictank bio bisa juga disebut “Biological Filter Septic Tank” karena susunan sistem septictank sendiri menggunakan Media Biofilter Honeycomb dan mediaball Sebagai Rumah Bakteri Pengurai yang berfungsi untuk mengolah limbah domestik (tinja), Sehingga limbah domestik dari Pembuangan septic tank menjadi cairan (air biasa) Dan dapat dialirkan langsung ke pembuangan (selokan / got) tanpa menimbulkan bau. dengan adanya bakteri pengurai di dalamnya menjadikan Septic Tank ini tidak akan penuh meski musim hujan.

    Septic tank Bio memiliki manfaat sebagai berikut:

    1. Tidak berbau (menimbulkan polusi udara baik dilingkungan sekitar atau kamar mandi)
    2. Tidak membutuhkan lahan yang luas
    3. Tidak akan menimbulkan masalah closet pada saat banjir (saat kering septictank berfungsi normal)
    4. Tidak akan terjadi bocoran serapan air tinja ke penampungan air tanah / air penampungan anda
    5. Tidak memerlukan kuras limbah domestik (Tinja), kualitas produk terbaik dan tahan lama
    6. Biaya dan rutinitas perawatan terjangkau (penambahan bahan kimia dan bakteri)
    Tips Memilih Septictank Bio Murah Tapi Berkualitas :

    Seperti yang kita tahu banyak sekali beredar diluar merk-merk septic tank bio seperti biotech, biofill, biotank, biocell, biosys, dll. dan banyak sekali yang menjual dengan harga yang relatif murah, terkadang kita bertanya manakah diantara merk-merk septictank bio yag terjamin dengan kondisi harga yang relatif terjangkau, untuk itu perlu kita pertimbangkan juga aspek-aspek lain nya, berikut tips nya :

    • Septictank bio Menggunakan bahan berkualitas
    Septictank bio yang tebal biasanya mempunyai bobot yang berat karena menggunakan bahan-bahan fiber yang berkualitas dengan pelapisan fiber yang lebih tebal juga, pada sekat bagian dalam atau rumah bakteri media cell menggunakan PVC atau HDPE, sehingga septictank tidak mudah rusak atau lapuk.

    • Mempunyai banyak variant / tipe septictank
    Dalam instalasi / pemasangan septictank bio harus disesuaikan juga dengan kondisi lahan atau tempat yang kita punya, dengan memilih produk /merk yang mempunyai variant / tipe banyak kita bisa memilih tipe septictank bio yang sesuai dengan lahan / tempat yang kita punya.

    • Perusahaan Septictank bio yang terpercaya dengan pengalaman yang cukup lama
    Dalam membeli septictank bio kita juga harus tahu apakah perusahaan itu sudah ber pengalaman di bidang nya atau belum. jangan sembarangan untuk membeli barang apabila anda tidak ingin kecewa, harga yang murah dengan logika yang ada , biasanya menggunakan bahan yang tipis serta material yang murah juga. masalah dari septictank yang terlalu murah biasanya hasil olahan septictank (outlet) tidak maksimal sehingga masih bau dan kadang sering mampet.

    • Bergaransi 10 - 15 tahun
    Sebagai jaminan apabila septictank anda mengalami kebocoran atau mampet , pilihlah septictank yang bergaransi, tapi ingat jangan salah pilih kebanyakan perusahaan septictank bio menjamin garansi 10 -15 tahun dengan harga yang murah, apa anda yakin perusahaan tersebut memiliki pelayanan atau servis customer yang baik juga?

    • Mempunyai bobot yang berat serta tebal
    Septictank bio yang bagus biasanya memiliki bobot yang berat juga, permasalahan yang sering saya temui diluar yaitu kebanyakan tanah yang digali memiliki debit air yang tinggi atau tanah mudah bergeser / longsor, dengan septictank yang memiliki bobot yang berat kemungkinan septictank bergeser atau mengapung setelah ditanam karena kondisi debit air tinggi akan menjadi semakin kecil. untuk tanah yang sering bergeser atau longsor septictank dengan bobot yang berat biasanya berbahan tebal, sehingga kuat dalam menahan tekanan tanah yang sering bergeser.

    • Menggunakan Material yang ramah lingkungan
    Septictank bio yang terlalu murah biasanya menggunakan bahan yang murah juga , Penggunaan Material fiber serta resin yang tidak berkualitas tinggi memberikan dampak negatif karena bahan-bahan tersebut mengandung zat-zat kimia yang berbahaya untuk manusia atau lingkungan.

    • Mempunyai Main Hole / Tutup Lubang Control
    Septictank bio yang baik biasanya mempunyai main hole / tutup control diatas septictank nya, fungsi dari tutup control ini sendiri bisa untuk mengkontrol apabila ada sampah yang tidak terurai (Pembalut / Puntung rokok / plastik , dll) masuk ke dalam closet dan tersangkut melewati septictank bio, kita bisa secara manual mengambil sampah tersebut.

    • Dilengkapi dengan Disinfectan tube
    Septictank bio yang baik mempunyai disenfectan tube sebelum outlet septictank, dan biasanya disinfectan ini berisi chloryn / tawas, dengan fungsi untuk membunuh kuman / bakteri serta menjernihkan air hasil olahan dari septictank bio.

    kesimpulan nya hati -hati untuk memilih septictank bio, meskipun harga relatif terjangkau tapi kita juga harus mencari juga yang berkualitas tinggi serta awet dalam penggunaan nya, karena apabila kita tepat untuk memilih septictank bio, pengunaan septictank bio ini bisa untuk seumur hidup.

    sumber : http://www.biosung.co.id
     
    Last edited: Jun 24, 2016
    lasealwin likes this.
  2. Stevandy A

    Stevandy A Member

    Joined:
    Oct 31, 2015
    Messages:
    175
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Maaf y den @biotech, link cukup 2 saja dlm thread jika menuju ke web yang sama, kecuali jika ada yg menuju web lain, bisa 4 link. Cukup pake signature den.

    Colek den @ncang, @KangAndre, @Ardilas
     
  3. biotech

    biotech New Member

    Joined:
    Jun 23, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    siap juragan di edit sekarang juga, terima kasih pencerahan nya
     
  4. biotech

    biotech New Member

    Joined:
    Jun 23, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    sudah di edit yah gan, kalo ada lagi petunjuk yang bisa dikasih ke saya , harap bantu kasih masukan, terima kasih :)
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Link diperkenankan sebagai sumber atau referensi thread yang ada, bukan out of topic. :D
     
  6. Micko APW

    Micko APW Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    68
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Bener den, di ingatkan dulu klo bandel ya di tindak.
     
  7. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Baru tau kalau ada yang namanya septiktank bio
    Mantap....
     
  8. biotech

    biotech New Member

    Joined:
    Jun 23, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    tengkyu...tengkyu..agan2 yang udah kasih masukan dan like nya :)
     
  9. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    153
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Septictank bio, murahnya berapa?
     
  10. biotech

    biotech New Member

    Joined:
    Jun 23, 2016
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    bisa di cek di websitenya aja den :)
     
  11. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  12. samuel

    samuel Member

    Joined:
    Feb 5, 2013
    Messages:
    478
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
Loading...

Share This Page