Topkapi Palace, Istana Turki Yang Bersejarah

Discussion in 'Tourism' started by AdeZS, Aug 23, 2016.

  1. AdeZS

    AdeZS Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    165
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Anda ingin berlibur ke Turki? Sebaiknya Anda sempatkan mampir ke Topkapi Palace. Tempat ini pernah menjadi pusat pemerintahan Turki. Selain sebagai istana pemerintahan, salah satu peninggalan Turki Ustnami, Topkapi Palace adalah tempat tinggal Sultan Usmaniyah. Topkapi Palace Turki terletak di tepi pantai selat Bosphorus dan berada tidak jauh dari Hagia Sophia. Tempat bekas istana negara ini dikelilingi tembok yang besar. Di dalam tembok tersebut terdapat bangunan-bangunan tempat raja, keluarga dan para pembantunya.

    Kompleks istana ini terdiri dari empat lapangan utama dan banyak bangunan-bangunan kecil yang dahulu dihuni oleh sekitar 4.000 orang. Topkapi Palace ini memiliki total luas sekitar 700.000 meter persegi dan dikelilingi benteng sepanjang 5 kilometer. Tempat yang sangat luas dan tidak memungkinkan bagi seseorang menikmatinya secara detail hanya dalam waktu sehari saja. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi oleh rombongan yang ingin menjalankan ibadah umroh sembari liburan ke turki.

    Seiring perkembangan Turki, istana ini dijadikan museum dengan dikeluarkan Dekrit Presiden 3 April 1924 dan menjadi akhir sejarang panjangnya sebagai istana kerajaan. Dengan dikeluarkan Dekrit Presiden tersebut, Turki berubah menjadi republik, sehingga sejak saat itu Topkapi dapat dikunjungi oleh wisatawan umum.

    Keindahan yang dapat kita nikmati di dalam Topkapi Palace ini adalah teksture bangunan yang mempunyai karakteristik kesultanan jaman dahulu, mulai dari keramik dengan berbagai motif cantik. Kaligrafi yang tertempel di dinding-dinding menghiiasi setiap ruangan. Langit-langit pada bangunan ini juga terukir kaligrafi dan warnanya sangat menakjubkan pandangan. Terdapat juga perhiasan-perhiasan cincin, kalung, gelang emas yang dihiasi dengan batu-batu permata warna-warni. Kursi raja yang dibungkus emas dan diperintah dengan batu permata warna-warni yang sangat indah.

    Tidak kalah menarik adalah sebuah bangunan dengan 20 cerobong asap yang sangat tinggi. Bangunan ini dulunya merupakan dapur kerajaan dengan pelayan dapur lebih dari 1.0000 orang dan khususnya untuk menyiapkan makanan untuk 4.000 orang yang berada di dalam istana. Di koridor bangunan diletakkan batu-batu prasasti bertuliskan arab, kemungkinan inilah beberapa peninggalan yang ditemukan di area istana. Di dalam bangunan terdapat koleksi perselain peralatan makan kerajaan dari bermacam-macam jenis.

    Demikian, sedikit info megenai Topkapi Palace yang penuh dengan sejarah. Sem0ga kita semua dapat berkunjung kesana. aamiinn..
     
  2. imanjagoa

    imanjagoa Member

    Joined:
    Mar 29, 2016
    Messages:
    459
    Likes Received:
    45
    Trophy Points:
    28
    mantaplah.. turki memang tempat kerajaan kerajaan yg besar..
     
  3. markona

    markona New Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nunggu turki aman dulu baru berlibur
     
  4. khazzanah22

    khazzanah22 New Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    destinasi yang mulai menjadi favorite setelah melaksanakan Umroh
     
  5. alma al

    alma al New Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bukti sejarah yang bisa dijadikan pelajaran tentang kemajuan sejarah islam masa lampau
     
  6. wawan temaram

    wawan temaram Member

    Joined:
    Aug 28, 2016
    Messages:
    92
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Dengan berbagi, panen kemudian.
    informasi yang bermanfaat den, semoga bisa menjadi salah satu tempat favorit ketika umroh
     

Share This Page