Sebelum Wisata ke Mekkah, ketahui dulu cara Manasik!

Discussion in 'Tourism' started by pajarpajrin, Sep 2, 2016.

  1. pajarpajrin

    pajarpajrin Member

    Joined:
    Aug 21, 2016
    Messages:
    202
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Manasik adalah sebuah proses pelatihan tentang tata cara pelaksanaan umroh/haji sesuai dengan rukun-rukunya. Sebagaimana hal yang akan dilakukan pada saat ibadah umroh di tanah suci (Mekkah).

    Pada saat pelaksanaan proses manasik umroh biasanya biro jasa travel umroh tidak memungut biaya tambahan kepada calon jamaah.

    Proses manasik umroh akan dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dari pihak travel umroh.

    Dalam hal pelaksanaan proses manasik umroh tersebut maka akan dipaparkan sebagai berikut:

    1. Tata cara menggunakan ihram wajib dikenakan oleh laki-laki dan dalam berpakain ihram laki laki tidak dianjurkan memakai pakaian dalam.
      Cara berpakaian ihram ini perlu diajarkan/pratekan terutama bagi jamaah yang belum pernah menggunakan pakaian ihram. Kemudian pakaian ihram tersebut berupa dua helai kain berwarna putih dan tidak boleh berjahit

    2. Cara melakukan tawaf atau mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali dan proses bagaimana menghitungnya disertai membaca do’a yang dianjurkan oleh sunnah.Tawaf tujuannya supaya kita selalu menjaga seluruh tingkah laku perbuatan kita agar selalu mengingat Allah SWT.

    3. Tata cara Sa’i adalah lari-lari kecil antara bukit shafa dan marwa. Melakukan rukun Sa`i di bukit Marwah. Jama’ah kemudian mengguting rambut minimal 3 helai rambut (Tahalul). Sai adalah kegiatan kita berarti untuk merasakan semangat dan perjuangan Siti Hajar dan Nabi Ismail ketika itu tengah berada di padang pasir tanpa membawa perbekalan makan dan minuman.
      Karena kebingungan Ismail kecil menangis karena kehausan, maka berlarilah Siti Hajar kesana-kemari untuk mencari mata air yang bisa untuk diminum. Berlarilah siti Hajar diantara bukit Shafa dan bukit Marwah.
      Kemudian nabi Ismail menginjak-injakan kakinya ke tanah kemudian munculnya sumber air yang dengan kebesaran Allah maha pengasih lagi maha penyayang.
      Dengan mengutus malaikat Jibril. Mulai saat itu hingga saat ini mata air tersebut dikenal dengan sumur Zam-zam.
      Makna yang terkandung dari Sa’i adalah gambaran seorang mukmin yang tidak putus asa dari tali pertologan Allah meskipun sedang mengalami kesulitan dan cobaan-Nya.

    4. Suntik meningitis adalah suntik vaksin radang selaput pelindung sistem syaraf otak dan sumsum tulang belakan. Peyakit ini diakibat oleh penularan bakteri lewat udara.Suntik meningitis sangat dianjurkan (wajib) oleh pemerintah Kerjaan Arab Saudi, sekaligus sebagai syarat untuk mengajukan visa umroh atau haji.
      Pada saat proses melakukan ibadah umroh di tanah suci tentu saja kita akan bersinggungan dengan banyak manusia dari berbagai belahan dunia.Beberapa negara yang yang endemis meningitis yaitu negara Afrika, Amerika Utara dan Amerika Latin.
      Maka dari itu suntik meningitis ini dilakukan upaya pencegahan penularan penyakit tersebut. Sehingga dalam pelaksanaan ibadah kita lebih nyaman dan aman.

    Dengan rentetan proses manasik umroh diatas yang diselenggarakan oleh travel umroh, maka calon jamaah bisa mengerti dan paham ketika proses pelaksanaan ibadah umroh di tanah suci nantinya.


    Sumber : www.wisataplusumroh.com
     
    Last edited: Sep 4, 2016
    lasealwin likes this.
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Lain kali buat thread yang rapi ya mas @pajarpajrin diedit dulu sebelum diterbitkan.
     
  3. Sarang Semut

    Sarang Semut Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    433
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Dirapiin dong threadnya, biar enak bacanya
     
  4. mabrur

    mabrur Member

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    84
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Dan saya doakan
    SEMOGA MENJADI SAYA
     
  5. pajarpajrin

    pajarpajrin Member

    Joined:
    Aug 21, 2016
    Messages:
    202
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Waduh maaf mas.. maklum newbie. jadi kadang kurang paham... ini udah sedikit dirapiin sih.. alah kadarnya hhee.. pelajaran buat besok-besok . sekali lagi maaf ya..
    Ini udah dirapiin dikit .. maaf
    Jadi Saya? gagal paham Saya mas
     
  6. khazzanah22

    khazzanah22 New Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    ilmu dalam pelaksanaan ibadah adalah keharusan meski nantinya saat pelaksanaan ibadah ada muthowwif yang membimbing tetapi persiapan dalam mematangkan ilmunya adalah keniscayaan jika ingin meyempurnakan ibadah
     
  7. pajarpajrin

    pajarpajrin Member

    Joined:
    Aug 21, 2016
    Messages:
    202
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Super sekali penjelasanya ..... Great!!
     
Loading...

Share This Page