Tata Cara Manasik Umroh

Discussion in 'Tourism' started by wawan temaram, Aug 30, 2016.

  1. wawan temaram

    wawan temaram Member

    Joined:
    Aug 28, 2016
    Messages:
    92
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Sebelum melaksanakan perjalan umroh ke tanah suci, ada rutinitas atau kebiasaan yang dilakukan oleh pihak biro travel umroh. Dimana diadakan sebeuah pertemuan dalam rangka untuk membahas segala hal yang bersangkutan dengan persiapan proses pelaksanaan ibadah umroh. Hasil dari pertemuan tersebut salah satunya adalah tentang manasik umroh. Manasik sebuah proses pelatihan tentang tata cara pelaksanaan umroh sebagaimana hal yang akan dilakukan pada saat ibadah umroh di tanah suci (Mekkah).

    ketika pelaksanaan proses manasik umroh biasanya biro jasa travel umroh tidak memungut biaya tambahan sepeser pun kepada calon jamaah. Proses manasik umroh tersebut akan dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dari pihak travel umroh tersebut.

    Dalam hal pelaksanaan proses pelatihan manasik umroh tersebut maka akan dipaparkan sebagai berikut:

    1. Tata cara proses menggunakan pakaian ihram wajib dikenakan oleh laki-laki dan dalam berpakain ihram laki-laki tidak diperkenankan memakai pakaian dalam. Kemudian ihram tersebut berjumlah dua helai kain berwarna putih tersebut tidak boleh berjahit.

    2. Cara melakukan tawaf atau mengelilingi kabah sebanyak tujuh kali dan proses bagaimana cara menghitungnya ketika disertai membaca doa

    3. Tata cara Sai adalah berlari-lari kecil diantara bukit shafa dan marwa, melakukan Rukun Sa`i di bukit Marwa, Jamaah mengguting rambut minimal 3 helai rambut (melakuakan Tahalul).
    Kegiatan ini berarti untuk kita dapat merasakan semangat dan perjuangan siti hajar dan Nabi Ismail ketika itu tengah berada di padang pasir tanpa membawa perbekalan makan dan minuman. Karena kebingungan Ismail kecil menangis karena kehausan, maka berlarilah Siti Hajar kesana-kemari untuk mencari mata air yang bisa untuk diminum. Berlarilah siti Hajar diantara bukit shafa dan bukit marwa.

    Kemudian nabi Ismail menginjak-injakan kakinya ke tanah kemudian munculnya sumber air yang dengan kebesaran Allah maha pengasih lagi maha penyayang dengan mengutus malaikat jibril. Mulai saat itu hingga saat ini mata air tersebut dikenal dengan sumur zam-zam. Makna yang terkandung dari Sai adalah gambaran seorang mukmin yang tidak putus asa dari tali Allah meskipun sedang mengalami kesulitan.

    4. Suntik mengitis adalah suntik Vaksin radang selaput pelindung sistem syaraf otak. peyakit ini diakibat oleh penularan bakteri lewat udara. Pada saat proses melakukan ibadah umroh di tanah suci tentu saja kita akan bersinggungan dengan banyak manusia dari berbagai belahan dunia.

    Dengan demikian segala urutan tata cara proses pelaksanaan manasik umroh yang diselenggarakan oleh biro travel umroh, maka calon jamaah bisa memahami dan mengerti ketika proses pelaksanaan ibadah umroh berlansung nantinya, Insha Allah.
     
  2. aloy

    aloy Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    41
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    ini ilmu wajib yang harus di pelajari sebelum melaksanakan ibadah umroh maupun haji..... karena dengan ilmu jalan kita untuk berusaha menyempurnakan ibadah
     
  3. alma al

    alma al New Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    ini sangat sangat penting untuk dipelajari demi untuk bisa melaksanakan ibadaha sebaik mungkin
     
  4. apriaja

    apriaja Member

    Joined:
    Aug 17, 2016
    Messages:
    204
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Ayo tim umroh kumpul disini semua ya ?*hore*semoga sukses semua, dan rezekinya barokah, Amin !
     
  5. wawan temaram

    wawan temaram Member

    Joined:
    Aug 28, 2016
    Messages:
    92
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    sepakat den, karena dalam meraih ridho Illahi, kita harus sesempurna mungkin dalam melaksanakan ibadah
     
  6. wawan temaram

    wawan temaram Member

    Joined:
    Aug 28, 2016
    Messages:
    92
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    manasik umroh sangat memebantu jamaah dalam mempelajari ritual wajib ketika melakaksnakan ibadah umroh 2017 nanti.
     
  7. Safari

    Safari Member

    Joined:
    Oct 27, 2016
    Messages:
    124
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Ikut kumpul ah.... bahas masalah umroh, jadi ikutan... karena nyambung dengan sigi ane den.... bermanfaat itu share nya ..
     
Loading...

Share This Page