Manfaat Gerakan Shalat Bagi Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by Elis kantor, Sep 7, 2016.

  1. Elis kantor

    Elis kantor Member

    Joined:
    Aug 20, 2016
    Messages:
    88
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Ternyata gerakan-gerakan shalat bisa mempengaruhi kesehatan, anda tidak perlu pergi ke tempat yoga dan membuang uang :D . Inilah manfaat gerakan shalat bagi tubuh :oops:

    1. Takbiratul Ihram

    Manfaat gerakan ini melancarkan aliran darah juga getah bening (limfe) dan kekuatan otot lengan. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjdai lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini dapat melatih otot dan persendian supaya tidak kaku dan terhindar dari nyeri seputar persendian dan bahu, khusunya pada bagian atas.

    2. Rukuk
    Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segalas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi ini akan melatih relaksasi bagian tulang belakang hingga pinggang sehingga diharapkan kita terbebas dari keluhan seputar tulang punggung dan pinggang. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah juga memperlancar aliran darah di daerah leher dan lengan. Selain itu, rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan prostat.

    3. I'tidal
    Gerakan bangun dari rukuk di mana tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi daun telinga disebut i'tidal. Manfaat gerakan ini sangat baik untuk pencernaan, karena gerakan ini banyak melibatkan perut dan organ pencernaan lainnya sehingga organ pencernaan seolah mengalami pemijatam dan pelonggaran.

    4. Sujud
    Gerakan yaitu meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai. Perlu kita ketahui bahwa pusat kehidupan ada di kepala yang dijalankan oleh organ otak. Ketika sujud aliran darah menuju otak meningkat, sehingga diharapkan kerja otak menjadi semakin baik. Aliran getah bening dipompa ke bagian leher dan ketiak. Posisi jantung di atas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Karena itu, lakukan sujud dengan tuma'ninah, jangan tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Postur ini juga menghindarkan gangguan wasir, karena tekanan pembuluh darah di sekitar dubur juga mereda.

    5. Duduk
    Duduk ada dua macam, yaitu iftirosy (tahiyyat awal dan tawarruk (tahiyyat akhir). Perbedaan ini terletak pada posisi telapak kaki. Manfaat saat iftirosy kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya sakit/nyeri ketika berjalan. Dan pada tawarruk (tahiyyat akhir) sangat baik bagi pria, karena tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pada pria (prostat( dan saluran vas defresns, bila dilakukan dengan benar dapat mencegah penyakit impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali.

    6. Salam
    Gerakan terakhir dalam shalat yaitu memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal disebut salam. Manfaatnya adalah merelaksasi otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan salam ini dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

    7. Meningkatkan Kecerdasan
    Menurut beberapa penelitian bahwa gerakan sujud dalam shalat dapat memudahkan pasokan darah yang kaya akan oksigen mengalir secara optimal. Karena pada posisi ini jantung tepat berada diatas kepala. Gerakan ini tergolong unik karena pada saat itu kepala manusia benar-benar berada dibawah bahkan dibawah pantatnya sendiri, gerakan ini berati saat menghadap kepada tuhannya manusia memang berada di tempat yang sangat rendah, sujud tumaninah dapat memacu kecerdasan. Seperti risetnya yang mendapat pengakuan dari Harvard University, AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.

    8. Memperlancar Proses Melahirkan
    Gerakan ini juga sangat menguntungkan wanita dalam persalinan. Karena dibutuhkan pernapasan yang baik saat proses. Maka jika otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, secara alami perut akan lebih elastis, ini disebabkan oleh kebiasaan sujud sehingga tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

    9. Baik Untuk Kesuburan
    Tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki yang harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan disebut duduk tawarruk. Posisi ini keadaan tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang dapat memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum juga dapat melancarkan BAB.

    10. Mempercantik Postur Tubuh
    Kelebihan shalat adalah menggreakkan anggota tubuh lebih banyak termasuk jari kaki dan tangan. Terutama pada gerakan sujud, sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. Ketika sujud, beban tubuh bagian atas menumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Menurut beberapa ahli kesehatan gerakan-gerakan dalam shalat mirip yoga atau peregangan (stretching). Maka shalat tidak hanya untuk beribadah kepada Allah SWT tetapi juga untuk melenturkan dan melancarkan peredaran darah dan memperbaiki fungsi kelenjar air.

    Setelah ini lakukan gerakan-gerakan shalat yang benar ya, udah dapet pahala dapet bonus kesehatan juga :D . Jangan ngarepin uang mulu :p
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Selain untuk beribadah kepada ALLOH, kita juga dapat bonus tubuh yang lebih sehat.
     
  3. sriyanti

    sriyanti Member

    Joined:
    Oct 8, 2015
    Messages:
    57
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Beribadah / gerakan sholat banyak manfaat nya bagi tubuh kita. Sehat jasmani dan rohani.
    Makasih infonya *bagus*
     
  4. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    760
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    ibadah yang membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh
     
  5. Biduan Hot

    Biduan Hot Member

    Joined:
    Jan 21, 2017
    Messages:
    98
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    sangat bermanfaat sekali gan ,,, mantap :D
     
Loading...

Share This Page