Kenali Pemasangan Kawat gigi Dengan benar

Discussion in 'General Lifestyle' started by C4ntik4, Sep 23, 2016.

  1. C4ntik4

    C4ntik4 New Member

    Joined:
    Jan 11, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Pemasangan kawat gigi lebih umum dikenal sebagai usaha untuk tujuan estetika atau memperbaiki penampilan. Padahal sebenarnya kawat gigi juga bertujuan mencegah kondisi yang bisa membahayakan kesehatan.

    Gigi yang tidak rata meningkatkan risiko penumpukan plak dan sisa makanan yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan periodontal. Penyakit periodontal adalah penyakit yang menyerang jaringan pendukung yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangganya. Kawat gigi juga membantu mencegah masalah serius seperti rahang nyeri akibat gigi yang tidak punya ruang tumbuh. Selain itu, gigi yang tidak rata membuat makanan tidak dapat diolah dengan sempurna oleh gigi sehingga bisa menyebabkan masalah pencernaan.


    Komponen kawat Gigi

    Kawat gigi terdiri dari 3 komponen utama yaitu:

    • Biji-biji kecil yang menempel pada setiap gigi yang berfungsi untuk membuat deretan gigi menjadi sejajar. Biji-biji ini dapat terbuat dari bahan baja, titanium, keramik, polikarbonat, atau plastik yang berwarna-warni.
    • Cincin gigi yang membungkus atau mengelilingi gigi sebagai penyambung antara biji-biji kecil yang menempel pada gigi. Cincin gigi ada yang terbuat dari baja dan ada yang berbuat dari titanium, ada yang berwarna-warni dan ada juga yang transparan.
    • Kawat melengkung yang memandu pergerakan atau pergeseran gigi. Kawat ini dilekatkan pada biji-biji yang menempel pada gigi dan terbuat dari bahan tembaga, titanium, atau nikel.

    Kapan waktu yang tepat untuk memasang kawat gigi ?

    Sebaiknya waktu pemasangan kawat gigi dilakukan sedini mungkin yaitu ketika gigi tetap anak sudah mulai tumbuh dan sudah mulai terlihat tidak rapi. Kami lebih menyarankan untuk pemasangan dilakukan setelah usia anak mencapai minimal 9 tahun, hal ini dikarenakan pada usia tersebut gigi tetap anak sudah mulai banyak yang muncul (periode gigi campur). Selain itu anak-anak pada usia 9 tahun biasanya sudah lebih bisa diajak berkomunikasi dengan baik sehingga anak-anak bisa lebih termotivasi dan patuh menggunakan kawat gigi. Pada usia anak-anak jenis kawat gigi yang digunakan biasanya berupa kawat gigi lepasan. Keberhasilan perawatan kawat gigi lepasan akan sangat bergantung pada kepatuhan anak untuk menggunakan kawat gigi.

    Pasien pada usia remaja biasanya jenis kawat gigi yang digunakan adalah berupa kawat gigi cekat. Kawat gigi dapat digunakan hingga usia 50 tahun lebih, tentunya dengan memperhatikan beberapa faktor pendukungnya untuk melakukan perawatan kawat gigi. Keberhasilan perawatan kawat gigi cekat juga tergantung pada tingkat kepatuhan pasien untuk melakukan kontrol rutin selama perawatan dilakukan (biasanya dilakukan satu bulan satu kali).

    Berapa Lama Anda Harus Memakai Kawat Gigi?

    Waktu yang dibutuhkan sampai gigi jadi rapih bervariasi, ini bergantung pada tingkat keparahan, kesehatan gigi, gusi, tulang gigi, serta seberapa patuh pasien mengikuti instruksi dari dokter. Rata-rata waktu yang dibutuhkan biasanya antara 1 sampai 3 tahun. Setelah kawat gigi dilepas, sebagian besar pasien akan perlu memakai sebuah alat bernama retainer selama 6 bulan. Anda juga harus melakukan pemeriksaan rutin ke ortodontis atau dokter gigi setiap bulan untuk memastikan kawat gigi tetap berada pada tempatnya. Mungkin dokter akan memberikan tekanan tambahan pada gigi dengan menyetel posisi kawat, spring, dan karet gelang pada kawat gigi. Dalam beberapa kasus, kawat gigi saja tidak cukup untuk meluruskan gigi atau menggeser rahang. Dibutuhkan sebuah alat eksternal, misalnya headgear, yang dipakai di dalam rumah setiap malam.

    Jenis Kawat gigi

    Kawat gigi damon

    damon braces merupakan teknologi kawat gigi terbaru dengan sistem self ligating yang tidak membutuhkan karet untuk mengikat karena bracket memiliki penyangga khusus untuk menyangga kawat yang digunakan. Untuk itulah damon braces tidak menimbulkan rasa sakit. Sistem Damon ini tergolong dalam kategori self-Ligating Braces, yang mana kawat bisa bergeser sendiri, lebih bebas, tanpa adanya karet penyangga seperti yang biasa digunakan dalam kawat gigi tradisional. Damon System Bracket ini menggunakan penyangga spesial untuk menahan kawat yang digunakan; sehingga rasa nyeri dan sakit akibat tekanan karet tidak akan dirasakan sama sekali. Belum lagi ukuran behel damon ini yang lebih kecil sehingga perawatan gigi jauh lebih mudah.

    keunggulan damon braces, seperti di bawah ini.

    • Tidak perlu mencabut gigi sebelumnya. Berbeda dengan proses metal braces yang membutuhkan ruangan untuk menggerakkan gigi sehingga harus mencabut beberapa gigi pasien yang masih sehat.
    • Proses yang tidak menyakitkan karena tidak membutuhkan karet yang memberikan tekanan pada gigi.
    • Kunjungan dokter yang lebih sedikit. Jika perawatan konvensional membutuhkan pengecekan 3-4 minggu sekali, perawatan damon braces hanya memerlukan perawatan 8-10 minggu sekali.
    • Sebuah studi mengungkapkan jika perawatan pada pasien dengan damon braces, jauh lebih cepat 7,2 bulan dibandingkan dengan perawatan konvensional.
    • Karena tidak banyak menggunakan kawat, pasien akan lebih mudah dalam membersihkan gigi. Secara tidak langsung, kebersihan mulut lebih terjaga.
    Behel ini pun memiliki ukuran yang lebih kecil, sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pasien dan pembersihan gigi menjadi lebih mudah. Selain itu, sekarang ini ada “Damon clear” sehingga secara estetis lebih bagus. Untuk harga kawat gigi damon untuk 2 rahang sebesar kurang lebih 15 juta sampai 20 jutaan.

    Kawat Gigi Metal

    Jenis kawat gigi metal yang satu Ini merupakan bahan behel yang paling banyak digunakan orang. Behel metal terbaik adalah buatan USA / German yang memiliki kualitas jangka panjang. Pilih produk terbaik untuk kebaikan gigi Anda. Namun demikian, mereka yang memiliki alergi terhadap logam perlu berhati-hati atau sebaiknya menghindari bahan behel yang satu ini.

    Kawat Gigi Transparant

    Kawat gigi transparan (Sapphire/Crystal braces). Kawat gigi transparan/estetik merupakan jenis perawatan kawat gigi yang menggabungkan fungsi perawatan dan fungsi estetik. Dengan menggunakan kawat gigi transparan maka perawatan kawat gigi relatif tersamar sehingga pasien tidak malu untuk tersenyum lebar meskipun sedang menggunakan kawat gigi. Kawat gigi transparan menggunakan bahan estetik berupa kristal dari batu Sapphire yang berwarna bening. Kawat gigi transparan membutuhkan karet untuk mengikat antara bracket dengan kawat.


    Tips Sebelum Memasang Kawat Gigi

    • Harus di lakukan dengan ahlinya
    Perlu anda ketahui juga memasang behel tidak semudah yang anda pikirkan karena memasang behel yang benar memerlukan proses pemeriksaan, foto susunan gigi dan cetakan gigi pasien untuk mengetahui posisi gigi yang memang betul perlu perbaikan. Perlu diperhatikan memasang behel harus dilakukan oleh ahlinya agar tidak menimbulkan efek samping. Pastikan anda memasang behel kepada ahlinya yaitu dokter gigi tertentu yang bisa memasangkan behel yaitu spesialis orthodonti.

    • Tujuan Jelas Memasang kawat gigi
    Selain untuk alasan kesehatan, bukan berarti kamu tidak boleh memakai kawat gigi karena alasan untuk estetika dan penampilan saja, boleh kok! Tapi kamu harus mempertimbangkan sisi kesehatanmu juga. Sebelum memasang kawat gigi, dokter spesialis ortodonti-mu biasanya akan memberikan sesi konsultasi mendalam dan pemeriksaan awal untuk melihat kondisi gigimu. Apakah kamu membutuhkan perawatan kawat gigi, seberat apa masalah gigimu, apa saja yang harus dipersiapkan sebelum pemasangan kawat dan semacamnya. Ada kalanya gigimu sudah rapi dan tidak perlu dipasangi kawat gigi lagi, atau malah sebaiknya tidak diberikan perawatan ortodonti. Di saat seperti ini kamu harus ingat dan mengutamakan kesehatan jangka panjang dari gigi dan mulutmu, jangan keras kepala hanya demi penampilan dan kemudian menyesal selamanya. Oh iya, kawat gigi juga dapat digunakan oleh segala umur selama masih punya gigi yang kuat dan sehat, jadi tidak ada batasan usia tertentu untuk dapat menggunakannya. selengkapnya bisa kalian baca di sini
     
  2. rjasertyp

    rjasertyp New Member

    Joined:
    Sep 23, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    sangat bermanfaat, dan jangan pernah memasang kawat gigi diahli gigi. karna bukannya menyempurnakan malah memberantakan...
     
  3. Anisa Fitri

    Anisa Fitri New Member

    Joined:
    Apr 5, 2016
    Messages:
    16
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    sangat bagus nih info nya, selama ini saya pikir kalau untuk pasang kawat gigi tuh, tinggal pasang az. ternyata ada juga tahapannya.
     
  4. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    760
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Lama juga ya penggunaan kawat gigi
     
  5. AprekaDrgSpOrt

    AprekaDrgSpOrt New Member

    Joined:
    Sep 26, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Info yang sangat mengedukasi, tetapi mungkin boleh saya kasih masukan berdasarkan pengalaman saya, untuk pemakaian retainer atau alat terakhir setelah perawatan kawat gigi sebaiknya walau sudah 6 bulan retainer tetap digunakan. Sebab ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya relaps ( keadaan gigi mulai kembali ke kasus awal).
     
Loading...

Share This Page