Step by step mengatur keuangan rumah tangga yang baik

Discussion in 'General Lifestyle' started by Karisma ardi, Sep 26, 2016.

  1. Karisma ardi

    Karisma ardi Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    63
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Pastinya Anda yang sudah berkeluarga memang harus memperhatikan keuangan rumah tangga dengan baik. Apalagi jika penghasilan yang di dapatkan masih tergolong pas-pasan. sehingga untuk mengatur keuangan keluarga memang harus benar-benar tepat.

    Beberapa hal di bawah ini akan kita bahas bagaimana step by step mengatur keuangan keluarga. Seperti yang telah di bahas di artikel 4 cara mengatur keuangan rumah tangga dengan tepat. Semoga beberapa tips ini bisa membuat keuangan rumah tangga Anda menjadi lebih baik kedepannya.

    Pahami kebutuhan keluarga

    Untuk langkah awal dalam mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan mengetahui berapa banyak kebutuhan yang mendesak yang harus di keluarkan. Sisihkan dahulu apa yang menjadi priorias utama pengeluaran Anda. Sisihkan terlebih dahulu hutang dan tagihan-tagihan yang harus Anda selesaikan selama sebulan kedepan. Hal ini diperuntukkan agar tidak mengganggu keuangan rumah tangga Anda.

    Baru Anda menghitung berapa kebutuhan yang harus di cukupi untuk pengeluaran rumah tangga sehari-hari selama sebulan kedepan. Setelah Anda menyisihkan untuk kebutuhan barulah sisa uang tersebut di gunakan untuk hal yang lain seperti kebutuhan yang tidak terlalu mendesak. Dengan memahami berapa kebutuhan penting dan yang tidak begitu penting akan membuat Anda mengerti bagaimana kondisi keuangan Anda.

    Buatlah pembukuan keuangan

    Setelah Anda mengetahui bagaimana kondisi keuangan rumah tangga yang Anda punyai, Maka saatnya Anda membuat catatan keuangan untuk mengatur keuangan rumah tangga. Dengan membuat catatan keuangan, maka akan lebih enak melihat rincian pengeluaran yang harus Anda keluarkan setiap bulannya.

    Di jaman teknologi canggih saat ini Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi keuangan yang dapat di pakai secara gratis untuk mencatata keuangan melalui gadget yang Anda miliki. Seperti aplikasi akun.biz yang sekarang ini banyak di pakai untuk mencatat keuangan pribadi, usaha maupun organisasi. Jadi akan semakin memudahkan Anda mencatat keuangan yang selama ini Anda keluarkan untuk kebutuhan rumah tangga selama ini.

    Belajar menabung

    Menabung merupakan hal yang mutlak dilakukan dalam mengatur keuangan. Karena dengan mempunyai tabungan akan membuat Anda lebih nyaman. Sisihkan seberapa banyak yang harus Anda tabung. Buatlah komitmen berapa yang bisa Anda tabung di setiap bulannya dan usahakan untuk bisa konsisten melakukannya. Usahakan juga untuk tidak mengganggu uang tabungan tersebut jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

    Hindari hutang

    Hiduplah dengan sederhana sesuai dengan kebutuhan yang Anda butuhkan. Lebih baik jauhilah hutang jika memang tidak membutuhkan kebutuhuan yang sangat mendesak sekali. Terkecuali kalau Anda ingin berhutang dengan mempunyai tujuan berinvestasi yang bisa di jadikan tabungan untuk masa depan keluarga Anda. Disaat Anda mulai gampang berurusan dengan hutang, maka semakin lama akan memperburuk keuangan Anda kedepannya.

    Kalaupun Anda mempunyai kartu kredit usahakanlah untuk lebih bijaksana menggunakannya. Karena pemakaian kartu kredit yang tidak bijaksana juga akan menjerat Anda semakin terjerumus dalam hutang yang tidak terkendali.

    Bedakan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan sehingga tidak membuat semakin buruk keuangan rumah tangga Anda. Usahakanlah untuk tertib keuangan sejak dini, dengan menjadikan hal tersebut sebuah kebiasaan yang baik. Penuhi dahulu apa yang penting dan apa yang harus menjadi kewajiban yang harus Anda keluarkan .

    Sumber : Tips bisnis Akun.biz
     
  2. Bobby Purba

    Bobby Purba Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    54
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    belum berkeluarga... tapi terima kasih buat info nya
    hehe*yipee**yipee*
     
  3. Karisma ardi

    Karisma ardi Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    63
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    ya buat masukan aja kalau nanti sudah berkeluarga gan:)
     
  4. Karisma ardi

    Karisma ardi Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    63
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    hutang tuh kelihatane di awalnya enak dpt utangan tapi selanjutnya waktu membayar itu yang berat ya gan? wkwkwkw
     
  5. pajarpajrin

    pajarpajrin Member

    Joined:
    Aug 21, 2016
    Messages:
    202
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Inilah yang paling berat den..... karena ga ada yang bisa di tabung ... ludesss semua bahkan minuss wkkwkw
     
  6. Fathoni

    Fathoni Member

    Joined:
    Mar 9, 2016
    Messages:
    168
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    maunya si gitu gan, nabung yang banyak biar dan hidari hutang sukur-sukur bisa daftar haji di usia masih muda. doanya ya gan.
     

Share This Page