Cara Membuat Tenda Pramuka Dengan Cepat dan Mudah

Discussion in 'Education' started by Priangga Otviapta, Jun 21, 2016.

  1. Priangga Otviapta

    Priangga Otviapta New Member

    Joined:
    Jun 19, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    3
    Ketika menjadi seorang rimbawan kegiatan di dalam hutan adalah aktivitas yang paling sering dilakukan. Anda akan memerlukan lebih banyak waktu untuk berada di hutan. Banyak aktifitas yang akan dilakukan selama menjadi rimbawan salah satunya tidur ketika malam hari dan beristirahat menyiapkan tenaga untuk keesokkan harinya.

    Untuk tetap aman dan nyaman dari serangan binatang buas kita harus bisa menentukan dan mencari tempat yang tepat untuk mendirikan tenda. Untuk membuat tenda di hutan kita bisa mencontoh kegiatan pramuka, layaknya seperti kemah, cara bikin tenda juga bisa kita ikuti dari ilmu yang diberikan ketika kita pramuka dulu. Agar tidak asal-asalan dan bias bikin tenda yang aman dan nyaman berikut ini tutorialnya:

    LANGKAH PERTAMA CARA BIKIN TENDA
    [​IMG]
    Carilah tempat permukaan tanah yang rata kemudian sesuaikan dengan ukuran tenda yang ingin kita bikin. Setelah itu letakkanlah tenda itu tepat di atas tanah yang rata dengan bagian belakang ada dibagianatas. Pasang setiap bagian tiang di depan, belakang, samping-samping dan pintu depan tenda. Kemudian tancapkan dua buah penanda (kayu atau benda keras lainnya) tepat di tengah bagian tenda setelah itu lipat tenda.
    LANGKAH KEDUA CARA BIKIN TENDA

    [​IMG]
    Ketika anda membawa banyak kawan, suruhlah empat orang yang membuat tenda. Ilustrasi seperti di gambar. A dan B tugasnya cukup mudah, Cuma mendirikan sekaligus mengangkat tiang tenda tersebut. Dua orang lainnya C dan D menarik setiap tali yang sudah disiapkan.

    LANGKAH KETIGA CARA BIKIN TENDA

    [​IMG]
    Dua orang lainnya si C dan D setelah langkah kedua dilakukan, segeralah tarik tali kemudian ikatkan pada patoh yang sudah disiapkan pada awal tadi. Sebaiknya ikatlah terlebih dulu tali dikedua sudut bagian kiri atau kanan, kemudian dilanjut pada bagian pintu tenda dibagian depan dan belakang. Kencangkan tali dengan menarik dan ikatlah dengan kuat, gunakan simpul yang kuat.

    LANGKAH KEEMPAT CARA BIKIN TENDA
    [​IMG]
    Sekarang anda ikatlah tali-tali dinding tenda pada setiap tancapkan kayu yang sudah dibuat. Kemudian tarik sekuat-kuatnya agar berdiri kokoh. Ikatlah dengan kuat dan benar yang rapi agar enak dilihat.

    Kontur tanah di Indonesia memang tidak menentu, ketika membuat atau bikin tenda di tanah yang tergolong mudah cara di atas sudah cukup efektif dan benar. Tetapi sebaliknya jika tanah wilayah tempat kita mendirikan tenda itu memiliki kontur tanah berbatu, bergambut ataupun berpasir tentu sangat sudah untuk menancapkan pasak atau patoknya.

    Solusinya cukup mudah jika anda membaca artikel ini dengan seksama, karena kami akan bagikan caranya disini. Jika kontor tanah susah seperti yang sudah di singgung diatas tadi kita dapat memanfaatkan pohon atau akar. Tetapi sebelum itu lihat dulu kondisi pohonnya, jangan sampai ada pohon atau ranting yang rapuh yang bisa membahayakan. Pastikan bahwa pohon tersebut kuat jika suatu saat ada angin yang lumayan kuat. Teknik seperti ini bagi rimbawan mungkin sudah biasa, tapi buat anda yang pemula sebaiknnya belajar dari artikel ini agar bisa memahami kondisi setiap pohon dan tanah untuk bikin tenda bisa jadi sempurna tanpa menimbulkan bahaya. Coba perhatikan gambar dibawah ini

    Silahkan lihat gambar ilustrasi diatas untuk meilihat teknik pengikatan yang baik dan benar. Jika tempatnya bebatuan dengan tanah yang keras tali tenda bisa di ikatkan bersamaan di tongkat kemudian penguatnya diberi penindih batu yang seimbang dengan besarnnya tenda. Sama seperti jika di tanah gambut ataupun berpasir cara tersebut bisa digunakan. Kombinasikan dengan kreatif kita masih-masing jika contoh pada gambar diatas memiliki perbedaan ketika praktek. Intinya seperti itu.

    Jadi itulah cara mudah bikin tenda yang kami anjurkan ketika anda berada di dalam hutan sebagai rimbawan. Atau juga sebagai anak pramuka yang baru ingin belajar buat tenda bisa menggunakan teknik ini sebagai referensi dalam mendirikan tenda di tengah hutan belantara.

    Untuk tambahan, berikut juga kami berikan beberapa trik cara mencari tempat jika ingin bikin tenda di hutan, diantaranya:

    1. Hindari Pepohonan Besar

    Ketika anda mlihat pohon besar sebaiknya perhatikan terlebih dulu keadaan pohonnya. Pastikan tidak rapuh. Karena jika tertiup oleh angin ini bisa membahayakan kalau kita berada disekitarnya. Lebih baik carilah kondisi pohon yang masih segar dan terlihat sehat.

    2. Cari Lokasi dekat Mata Air

    Mata air ketika di dalam hutan bisa merujuk ke sungai kecil. Untuk meringankan beban mengangkut air untuk kebutuhan memasak, mandi, cuci dan minum sebaikknya dirikan tena di dekat aliran sungat saja. Selain hawanya lebih adem atau sejuk. Tapi ingat perhatikan kondisi sekitar sungai. Perkirakan kalau terjadi hujan besar akan meluap sampai mana. Tetap jaga kondisi aman juga dengan keberadaan tenda bikinan kita tadi.

    3. Pilih Lokasi yang Luas dan Dataran tinggi

    Supaya tenda berdiri sempurna tanpa memerlukan teknik yang terlalu susah, silahkan carilah tempat yang datar dengan kontur tanah yang tidak terlalu keras. Jangan cari lokasi yang bergelombang supaya mudah dalam mengangun tenda. Sebaiknya juga cari tempat yang memiliki dataran lebih tinggi di banding yang laiinya, supaya jika hujan tenda kita tidak ikut tergenang air. Selalu buat aliran untuk air lewat ketika hujan tiba di sekitar tenda juga.

    Mungkin dengan cara bikin tenda diatas anda sudah paham. Tapi jika anda berada dalam hutan dan tidak memiliki persiapan alat, sebaiknya ikutilah tips berikut ini:
    • Cari tiang penopang dan penyanggah dari pohon didalam hutan, gunakan dengan bijak dengan tetap memperhatikan kelestarian hutan.
    • Gunakan pengikat tradisional seperti tali pohon yang merambat, bambu ataupun hingga rotan.
    • Gunakan dua tiang penyangka utama untuk menahan terpal agar lebih kuat dan kokoh.
    • Ikat bagian ujung terpal ke pohon terdekat atau dengan cara membuat pasak.
    • Penyangga bisa memanfaatkan kayu yang berbentuk Y agar lebih mudah saat pengikatan.
    • Tempat beristrirahat di dalam tena usahakan lebih tinggi dari kaadaan tanah sekitarnya.
    • Tempat tidur bisa menggunakan sisa terpal ataupun karung bahkan kayu yang disusun.
    • Buat menjemur pakaian dan memasak buatlah tempat khusus disekitar tenda
    Begitulah cara bikin tenda yang dapat kita bagikan kepada teman-teman. Semoga saja terbantu dengan adanya artikel ini. Semoga cara membuat tendanya tidak sulit dan mudah dipahami oleh siapa saja yang mengunjungi blog ini. Ingin berkemah sebaiknya pahami dulu cara bikin tendanya. Salam lestari
    Sumber: http://porosbumi.com/cara-bikin-tenda/
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. wrep17

    wrep17 Well-Known Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    1,325
    Likes Received:
    246
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Itu enggak cepat dan mudah, memang sekarang udah begitu rata2 :D
    Soalnya kalau cuma 1 tongkat blm tentu kuat, jadi harus 2 tongkat :D
    Mungkin dengan cara ini bisa memakan 10 - 20 menit untuk 1 tenda
    Samping2nya bisa dibuat zig zag :)
     
  3. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    425
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Wah keren, terakhir bikin tenda sekitar 12 th yang lalu lah *bergaya*
     
  4. Priangga Otviapta

    Priangga Otviapta New Member

    Joined:
    Jun 19, 2016
    Messages:
    14
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    3
    Iya gan, kalau udah ahli sih bisa cepet, apalagi pakai yang dijual orang2 itu hehe
    Hahaha saya jaman SD dulu
     
  5. Ferry Tenda

    Ferry Tenda New Member

    Joined:
    Sep 26, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    mantep mas, ada tutorialnya ternyata untuk memasang tenda pramuka hahaha
     
  6. sutrisno

    sutrisno Member

    Joined:
    Sep 19, 2016
    Messages:
    97
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    wah tenda persami ini

    sekarang kebanyakan tendanya tenda terbang instan.
     
  7. Indra Purnama

    Indra Purnama Member

    Joined:
    Sep 26, 2015
    Messages:
    59
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    jadi inget kemping ke Cibodas kalo denger tenda *senang*
     
  8. aanweb

    aanweb New Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    sekarang jamannya tenda dome gan hihihi ,,,
    malahan kalau naik gunung sekarang bawa hamock :D
     
  9. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
  10. wak kebetulan ada cara cara buat tenda nih, saya mau ada acara camping bersama teman teman ekstrakulikuler pramuka, jadi gak ribet bikin tenda, thanks ya infonya*keren3*
     
  11. m4ya

    m4ya New Member

    Joined:
    Mar 7, 2014
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Mencari tempat mendirikan tenda di dalam hutan memang harus dilakukan terlebih dahlu sebelum mendirikan tenda untuk kita istirahat
     
  12. solvi

    solvi New Member

    Joined:
    Oct 24, 2019
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    wah, jadi inget masa-masa pramuka dulu...
     
Loading...

Share This Page