Bahan-Bahan Dessert Serta Resep Dessert Sederhana

Discussion in 'General Discussion' started by sdkrahman, Sep 27, 2016.

Tags:
  1. sdkrahman

    sdkrahman Member

    Joined:
    Mar 26, 2015
    Messages:
    187
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Resep Dessert - Dessert atau disebut juga hidangan penutup atau hidangan pencuci mulut merupakan sajian terakhir dalam satu set menu. Dessert akan dihidangkan setelah main course atau hidangan utama. Resep dessert biasanya akan terdiri dari beberapa bahan utama. Di antaranya adalah sebagai berikut :

    [​IMG]

    1. Pertama ada bahan pokok yang terdiri dari tepung, beras, sereal, havermouth, gelatin, buah, biskuit dan roti. Semua bahan tersebut memiliki fungsi sebagai pengental.

    2. Kedua ada bahan cair yang terdiri dari susu, sari buah serta yoghurt.

    3. Ketiga ada bahan perasa yang dapat menggunakan cokelat, selai, gula serta karamel.

    4. Kemudian ada bahan pengisi yang biasanya menggunakan makanan segar berupa buah, kenari atau makanan yang diawetkan, misalnya buah dalam sirup, kismis serta marmalade.

    5. Dessert juga dapat menggunakan bahan pengharum untuk memberikan aroma misalnya kulit jeruk, vanili, rhum, essence atau brandy.

    6. Agar hasil akhir semakin cantik, digunakan juga bahan perapuh seperti putih telur.

    7. Terakhir adalah garnish sebagai penghias dan memberi daya tarik. Garnish untuk dessert dapat berupa whipped cream, gula halus atau cherry.

    Kita juga bisa membuat resep dessert sederhana. Tidak perlu menggunakan semua bahan di atas. Cukup dengan jeli bubuk, agar-agar bubuk serta beberapa bahan tambahan, kita bisa membuat puding markisa jeruk sebagai dessert yang tak kalah nikmat. Bahan I yang dibutuhkan adalah air sebanyak empat ratus mililiter, sirup markisa sebanyak seratus mililiter, jeli bubuk sebanyak satu sendok teh, agar-agar bubuk sebanyak setengah sendok teh dan biji selasih yang direndam sebanyak setengah sendok teh.

    Bahan II yang juga dibutuhkan dalam resep dessert ini adalah susu cair sebanyak delapan ratus mililiter, agar-agar bubuk sebanyak satu bungkus, gula pasir sebanyak seratus dua puluh lima gram, essence vanila sebanyak setengah sendok teh dan jeruk mandarin sebanyak satu kaleng yang ditiriskan.Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan I sampai mendidih sambil terus diaduk. Masukkan biji selasih lalu aduk hingga semua biji menyebar merata. Tuang dalam loyang muffin berbentuk pendek lebar. Biarkan hingga beku.

    Kemudian rebus semua bahan II beserta jeruk kaleng yang sebelumnya sudah dipotong-potong menjadi empat bagian. Aduk terus sampai mendidih. Tuangkan di atas bahan I yang sebelumnya telah dibekukan. Puding markisa jeruk telah selesai kita buat dan dapat dipotong menjadi dua puluh empat bagian. Resep dessert akan semakin nikmat apabila kita menyantapnya bersama secangkir teh Sariwangi dengan rasa dan aromanya yang khas. Sariwangi yang kental dan manis akan melengkapi sajian dessert puding di atas. Selamat mencoba resep hidangan penutup puding markisa jeruk ini untuk dihidangkan pada seluruh keluarga.
     
  2. putri123

    putri123 New Member

    Joined:
    Sep 17, 2016
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    hmmmm yummi....jadi laparrrr :rolleyes:
     
Loading...

Share This Page