Indonesia Mengekspor Komponen Kereta ke Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Malaysia, dan Australia

Discussion in 'Otomotif' started by miracle-, Aug 28, 2016.

  1. miracle-

    miracle- Member

    Joined:
    Aug 25, 2016
    Messages:
    42
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Belum lama ini PT Barata Indonesia (Persero) mengekspor komponen kereta api ke Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Nilai kontrak ekspor ini mencapai US$ 10 juta setiap tahunnya atau setara dengan Rp 130,95 miliar per tahun (estimasi kurs 13.095 per dolar AS). Ekspor tersebut untuk memenuhi kontrak jangka panjang tahun 2011-2021 yang telah disepakati oleh Barata Indonesia.

    Salah satu perusahaan BUMN ini mengirim komponen kereta api berupa bogie (roda KA) tipe S2HD-9C. Tujuan salah satunya adalah untuk perusahaan Standart Car Truck Company yang berada di Illinois, Amerika Serikat. Total ekspor yang kirim ke Amerika Serikat dan Meksiko ada 509 komponen bogie. Sedangkan ke Kanada ada 204 komponen bogie. Total 713 bogie ini akan dikirim secara bertahap.

    Kegiatan ekspor komponen kereta api ini bukan pertama kalinya dilakukan oleh Barata Indonesia. Sebelumnya mereka pernah ekspor ke Australia dan Malaysia. Selain fokus ke pasar ekspor, Barata Indonesia juga memasok komponen kereta api untuk kebutuhan domestik. Seperti PT KAI yang tahun lalu memesan sebanyak 200 hingga 400 unit komponen coupler, atau penggandeng kereta api. Dan PT Inka yang memesan 600 unit komponen coupler. Setiap bulannya perusahaan ini membutuhkan 1000 ton besi tua sebagai bahan baku pembuatan baja.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Perusahaan yang berkantor pusat di Gresik, Jawa Timur ini memiliki beberapa bidang usaha, salah satunya di bidang casting (pengecoran logam). Besarnya ekspor Barata Indonesia per tahun sekitar 20% dari total penjualan. Untuk memenuhi standar kualitas ekspor, Barata Indonesia telah memiliki sertifikat AAR (Association of America Railroads) sebagai syarat untuk menembus pasar ekspor AS dan Kanada.

    Kedepannya perusahaan ini masih akan terus menggenjot penjualan ekspor. Untuk itu berbagai perbaikan pun dilakukan, salah satunya dengan merehabilitasi dan meningkatkan kapasitas produksi pabrik Barata Indonesia. Peningkatan fasilitas tersebut agar siap mendukung ekspor dan program-program yang sedang digalakkan oleh pemerintah, seperti infrastruktur pembangkit listrik, infrastruktur logistik pelabuhan, pembangunan dan perawatan pabrik-pabrik besar seperti gula, semen, termasuk fasilitas minyak dan gas Pertamina dan PGN.


    Sumber : liputan6.com beritajatim.com
     
  2. Anderila Farmisara

    Anderila Farmisara Member

    Joined:
    Aug 13, 2015
    Messages:
    223
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    wiiiiihhh..... keren indonesia.. semakin maju terus.. hehe
    btw mereka dapat pasukan 1000 ton besi tua dari mana ya? dari pemulungkah???
     
  3. cikande

    cikande New Member

    Joined:
    Mar 5, 2015
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Wah bagus deh kalau semisalnya penjualan ekspor semakin meningkat, apalagi kalau memang produk yang dihasilkan dari pabrik tersebut memang bagus. Semoga aja bisa meningkat. *santai*
     
  4. Didit Rp

    Didit Rp Member

    Joined:
    May 23, 2015
    Messages:
    21
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Berawal pesan bogie, semoga kedepannya pesan gerbong kereta...sukses terus PT.INKA *peace*
     
Loading...

Share This Page