Kekurangan Modal Buat Usaha? Ini Solusi paling simple

Discussion in 'General Business' started by tukangmesin, Sep 7, 2016.

  1. tukangmesin

    tukangmesin Guest

    Siapa pengusaha yang tidak mau usaha kecilnya berkembang. Selain bisa memproduksi lebih banyak produk dari bisanya, mengembangkan usaha juga akan meningkatkan keuntungan yang didapat nantinya. Siapa pun pasti mau bukan? Namun sama seperti memulai usaha, keinginan tersebut kadang terhalang oleh kurang modal dan bila menabung tentu akan membutuhkan waktu lama. Nah, tahu kah Anda mengenai KUR?

    [​IMG]

    KUR atau kredit usaha rakyat merupakan program dari pemerintah untuk memberikan dana bantuan berupa cicilan ke para pengusaha kecil menengah, mikro dan koperasi yang produktif, layak dan bankable. Program ini melibatkan koordinasi dengan beberapa bank plat merah dan bank swasta lainnya, seperti, BRI, BCA, Mandiri, BNI,BTN, Danamon, dan masih banyak lagi. Limit peminjaman yang diajukan oleh pengusaha mulai dari Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta tergantung dengan usaha yang dimiliki dengan bunga cicilan sebanyak 9%.

    Karena dana ini harus tepat sasaran maka sebelum mengajukan dana kredit ada beberapa keriteria yang harus dipenehui oleh pengusaha. Berikut adalah syaratnya.
    • - Memiliki usaha yang jelas seperti memiliki kios atau tepat dagang, dengan begini akan lebih mudah mengajukan pinjaman karena bank merasa aman ketika anda tidak lagi sanggup melunasi pinjaman
    • - Tidak sedang menerima cicilan kredit apapun yang menggunakan jaminan tempat usaha
    • - Memiliki keterangan seperti domisili pemilik usaha
    Bila usaha Anda sudah memenuhi keriteria di atas, bisa langsung mengajukan pinjaman. Bagaiamana prosesnya?
    • - UMKMK mengajukan surat permohonan KUR kepada Bank dengan melampiri dokumen seperti legalitas usaha, perizinan usaha, catatan keuangan dan identitas nasabah, salinan bukti agunan, dan lainnya.
    • - Bank mengevaluasi/analisa kelayakan usaha UMKMK berdasarkan permohonanUMKMK tersebut.
    • - Apabila menurut Bank usaha UMKMK layak maka Bank menyetujui permohonan KUR. Keputusan pemberian KUR sepenuhnya merupakan kewenangan Bank.
    • - Bank dan UMKMK menandatangani Perjanjian Kredit/Pembiayaan.
    • - UMKMK wajib membayar/mengangsur kewajiban pengembalian KUR kepadaBank sampai lunas.
    Bila Anda tertarik bisa langsung mengajukannya atau konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak bank yang ingin Anda ajukan pinjaman modal kredit usaha rakyat. Semoga berguna..

    *Sumber : Kurang Modal Dalam Mengembangkan Usaha?
     
  2. Sarang Semut

    Sarang Semut Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    433
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Pinjam duit mertua. Itu baru simpel...
     
  3. Aneba

    Aneba Member

    Joined:
    Aug 26, 2016
    Messages:
    96
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Kadang orang mikirnya mau usaha langsung gede, tidak mau mencoba hal-hal kecil dulu, usaha dari yang ada dulu, lalu setelah berjalan perlahan-lahan di scale up usahanya menjadi lebih besar.
     
  4. Yoga Kata

    Yoga Kata New Member

    Joined:
    Sep 28, 2016
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Memang permasalahan modal ini menjadi hal yang susah tapi sebenarnya gampang. Banyak orang yang tidak berani buka usaha dengan alasan kendala modal. Menurut saya, modal itu bukan hanya uang. Apa yang ada pada diri kita itulah modal kita. Kita punya otak (kepandaian, back ground pendidikan), kepribadian, kredibilitas, kejujuran, dll masih banyak lagi yang lain you name it. Ini sebutlah sebagai modal internal.
    Modal eksternal itu ya seperti gambaran banyak orang tentang modal seperti uang, tanah, mobil, dll.
    Kalau punya modal eksternal minim, misalnya hanya punya uang sedikit, bisa dimulai dengan yang sedikit itu. Kalau nggak punya uang, ya manfaatkan modal internal kita tadi, misalnya ngajak teman atau saudara untuk menjadi investor, dll.
    Selama modal internal kita besar (kita orang yang jujur, amanah, tanggung jawab, optimis, dll hal positif lainnya), Insya Allah mudah untuk mencari modal eksternal.
     
  5. Teddy Soetjipto

    Teddy Soetjipto New Member

    Joined:
    Oct 12, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Jika kondisi ideal, boleh menggantungkan ke satu bisnis, tetapi jika masih starting, rasanya harus ada back up plan atau tabungan yang cukup karena dapur harus tetap ngebul. Jika masih starting, masih harus ketemu ritmenya untuk bisa mulai melaju.

    Untuk itu memang tetap idealnya menggunakan pinjaman, tetapi KUR saat ini penetrasi di masyarakat masih kurang karena Bank tetap belum percaya dengan usaha yang masih baru.

    Saat ini banyak funder, yang skema nya bagi hasil, tinggal bagaimana meyakinkan funder. bahkan anda bisa post di facebook dan jika ternyata menarik perhatian, seorang funder bisa saja menghubungi anda.
     
Loading...

Share This Page