Gejala Virus Zika dan Cara Mengobatinya

Discussion in 'Health & Medical' started by Deni Saptakurnia, Oct 1, 2016.

  1. Deni Saptakurnia

    Deni Saptakurnia Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Gejala Virus Zika – Penyakit Zika (Zika disease) ataupun demam Zika (Zika fever) merupakan penyakit yang dibawa dan di tularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Bukan hanya demam darah, malaria, atau Chikungunya saja yang bisa ditularkan oleh nyamuk. Namun Virus Zika juga dapat ditularkan melewati gigitan nyamuk.

    Virus ini pertama kali ditemukan pada seekor monyet resus di hutan Zika, Uganda, pada tahun 1947. Kemudian ditemukan kembali pada nyamuk spesies Aedes Africanus di hutan yang sama pada tahun 1948 dan pada manusia di Nigeria pada tahun 1954. Virus Zika menjadi penyakit endemis dan mulai menyebar ke luar Afrika dan Asia pada tahun 2007 di wilayah Pasifik Selatan. Pada Mei 2015, virus ini kembali merebak di Brazil. Penyebaran virus ini terus terjadi pada Januari 2016 di Amerika Utara, Amerika Selatan, Karibia, Afrika, dan Samoa (Oceania).

    Berikut ini Gejala virus zika yang harus Anda perhatikan:

    1. Demam 2 – 7 hari
    2. Nyeri Otot
    3. Mata merah
    4. Nyeri di belakang mata
    5. Sakit kepala
    Pencegahan Virus Zika

    Yang paling utama adalah menjaga agar Anda tidak tergigit nyamuk, berikut ini beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan di daerah yang terjangkit virus zika:

    • Pastikan ruangan anda tertutup tirai atau memiliki pendingin ruangan.
    • Gunakan bahan penolak serangga yang terdaftar pada badan perlindungan lingkungan atau environmental protection agency (EPA), sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan. (jangan digunakan pada bayi)
    • Perhatikan pakaian Anak Anda agar tidak tergigit oleh nyamuk.
    • Gunakan juga kelambu pada tempat tidur bayi, kereta dorong bayi, dan gendongan atau alat pengangkut bayi lainnya.
    • Pilihlah perawatan, pencucian, atau pemakaian pakaian serta peralatan yang menggunakan bahan dengan kandungan permethrin. Pelajari informasi produk dan instruksi penggunaan mengenai perlindungan yang diberikan. Hindari menggunakan produk ini pada kulit.
    • Lakukan tes virus Zika jika Anda habis mengunjungi daerah yang terjangkit virus.
    Jika anda mempunyai gejala merasa sudah terjangkit virus zika, Anda tidak usah khawatir. Walaupun obat penyakit ini belum ditemukan, Anda dapat menyembuhkan penyakit gejalannya terlebih dahulu. Pengobatan terhadap gejala yang dialami dapat berupa pemberian cairan untuk mencegah dehidrasi, obat pereda rasa sakit untuk meredakan demam dan sakit kepala, serta istirahat yang cukup. Jangan menggunakan Aspirin untuk menghindari kontraksi obat.
     
  2. ummu kamal

    ummu kamal New Member

    Joined:
    Sep 17, 2016
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
Loading...

Share This Page