Pembahasan Tentang Kanker Limfoma

Discussion in 'Health & Medical' started by Achmad Try, Oct 6, 2016.

Tags:
  1. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    850
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    Jenis tertentu sel darah putih, yang disebut limfosit, sangat penting untuk ketahanan tubuh Anda terhadap penyakit. Sel-sel ini terkena berbagai substansi bahkan tubuh dalam upaya untuk membangun kekebalan. Pada tempat-tempat tertentu sel-sel ini berkumpul untuk menyaring substansi-substansi yang disebut kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening ditemukan di mana saja dalam tubuh, terutama di leher, ketiak, selangkangan, di atas jantung, di sekitar pembuluh darah besar dalam perut. Limfosit juga berkelompok bersama pada limpa, tonsil, dan timus. Limfoma adalah jenis kanker yang berkembang pada limfosit pada daerah tersebut.

    Seberapa umum Kanker Limfoma?

    Limfoma adalah kanker ke 8 paling umum yang terjadi pada pria dan kanker ke 9 paling umum yang terjadi pada wanita di Singapura sesuai dengan Pencatatan Kanker Singapura 2005-2009. Terdapat sekitar 368 kasus dilaporkan setiap tahunnya antara tahun 2005-2009. Ini adalah salah satu kanker paling umum yang terjadi pada anak-anak dan juga dewasa muda. Kanker ini mempengaruhi lebih banyak pria daripada wanita. Kebanyakan pasien dewasa mengidap limfoma setelah usia 50 tahun.

    Resiko dan Penyebab

    Tidak ada penyebab khusus untuk limfoma tetapi limfoma terkait erat dengan sistem kekebalan yang menurun secara abnormal yang mungkin ada sejak lahir atau berhubungan dengan virus seperti virus AIDS.

    Gejala dan Tanda Kanker Limfoma

    Limfoma biasanya muncul sebagai benjolan tanpa nyeri yang permanen atau membesar dalam ukuran. Seorang dokter harus melihat jika ada pembengkakan tanpa rasa sakit di leher, ketiak atau selangkangan dengan atau tanpa demam terus menerus, keringat bercucuran atau penurunan berat badan tanpa sebab.

    Tes Diagnostik

    Kondisi jinak juga dapat menyebabkan pembengkakan, sehingga diagnosis limfoma dibuat hanya setelah biopsi (pengangkatan sepotong jaringan) pembengkakan jaringan dilakukan dan diperiksa oleh ahli patologi (dokter yang memeriksa jaringan di bawah mikroskop).

    Setelah limfoma dipastikan, pemeriksaan lebih lanjut, seperti scan, biopsi sumsum tulang dan tes darah mungkin diperlukan untuk melihat jangkauan limfoma tersebut. Tes fungsi jantung juga mungkin diperlukan untuk melihat apakah seseorang sehat untuk menjalani terapi.

    Jenis-jenis Limfoma

    Limfoma secara luas dibagi menjadi penyakit Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin, berdasarkan yang terlihat di bawah mikroskop. Terdapat banyak jenis limfoma non-Hodgkin. Ukuran dan bentuk dari sel-sel kanker dan susunan sel-sel kanker di kelenjar getah bening menentukan jenis limfoma non-Hodgkin. Limfoma non-Hodgkin selanjutnya dibagi lebih lanjut menjadi kelompok agresif (tingkat tinggi) atau tumbuh lambat (tingkat rendah). Limfoma Hodgkin didiagnosis ketika sel-sel kanker tertentu muncul.

    Sumber : websearch
     
  2. hspg

    hspg Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    54
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Terima kasih @Achmad Try atas infonya. Semoga kita semua sehat2 selalu dan terhindar dari penyakit di atas. Amin...
     
  3. putri123

    putri123 New Member

    Joined:
    Sep 17, 2016
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    ini tidak ada solusi untuk pencegahannya ya...
     
Loading...

Share This Page