Sumatera Barat Bukan Hanya Rendang, Apalagi Nasi Padang

Discussion in 'Tourism' started by Nissa, Oct 12, 2016.

  1. Nissa

    Nissa New Member

    Joined:
    Oct 12, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Apa yang makanan pertama yang kamu ingat dan sebutkan ketika diminta menyebutkan makanan khas Sumatera Barat (Sumbar)? Pasti jawaban yang terlintas dalam pikiran kamu adalah Rendang dan Nasi Padang. Atau mungkin Ayam Pop atau lauk yang umumnya kamu temui di Rumah Makan Padang.

    Menyebut Rumah Makan atau Restoran khas Sumbar dengan sebutan Rumah Makan Padang saja sudah keliru. Karena Sumbar itu bukan hanya Padang atau Nasi Padang.

    Masih banyak makanan khas Sumbar selain Rendang atau Nasi Padang. Hampir di setiap wilayahnya memiliki ciri khas makanan. Sama seperti daerah lainnya di Indonesia.

    Memang Rendang makanan yang sudah tidak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia. Di setiap penjuru daerah dengan mudah kita jumpai di Rumah Makan dengan nama-nama daerah Sumbar. Bahkan Rendang kini sudah dikenal di mancanegara.

    Tapi, makanan khas Sumbar bukan hanya Rendang. Jika kamu liburan ke Sumbar cobalah menjelajahi daerah-daerah seperti Bukittinggi, Pariaman, Solok, atau daerah lainnya di Sumbar. Di daerah-daerah Sumbar terdapat makanan khas yang menggugah selera kamu. Berikut beberapa makanan khas di berbagai daerah Sumbar.

    Nasi Kapau

    Sama seperti Rendang, Nasi Kapau juga mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tapi namanya belum tenar seperti Rendang. Di kota-kota besar di Indonesia mulai dijumpai Rumah Makan khas Sumbar yang berlabel Nasi Kapau. Nama nasi kapau ini berasal dari Nagari (Desa) Kapau, Kabupaten Agam.

    Nasi Kapau dengan Nasi Padang jelas berbeda. Jika kamu perhatikan baik-baik, menu makanan yang disajikan berbeda dengan Rumah Makan Padang pada umumnya. Menu-menu khas Nasi Kapau biasanya terdapat Gulai Kapau, Rendang Ayam, Gulai Tambusu, Gulai Babek (Babat), dan Gulai Cangcang (dari daging dan tulang Kerbau). Selain lauk yang telah disebutkan, konon Nasi Kapau juga berbeda dengan nasi di Rumah Makan Padang pada umumnya, rasanya lebih gurih.

    Nasi Pauh

    Mungkin belum banyak yang mengenal Nasi Pauh. Memang namanya belum terkenal seperti Rendang, Ayam Pop, atau Nasi Kapau. Nasi yang satu ini juga berbeda dengan Nasi Padang atau Nasi Kapau. Nasi Pauh ini memiliki ciri khas tersendiri. Nasi Pauh lebih mengandalkan gulai ikan sebagai andalannya. Di Nasi Pauh ini kamu tidak akan menjumpai Rendang. Karena memang yang menjadi ciri khasnya adalah gulai, terutama gulai ikan.

    Nama Nasi Pauh ini berasal dari satu kecamatan yang bernama Pauh di Pariaman. Jika jalan-jalan ke daerah Pariaman dan sekitarnya, tidak sulit menemui Rumah Makan Nasi Pauh ini. Hampir di setiap jalan utama bisa kita jumpai Nasi Pauh.

    Sala Lauak

    Makanan yang satu ini juga belum banyak dikenal oleh banyak orang. Sala Lauak atau Sala Bulek (nama lain Sala Lauak yang berarti bulat), adalah makanan khas dari Pariaman. Sala Lauak ini sangat mudah di temui jika kamu jalan-jalan ke Pariaman, terutama di pantai-pantai di Pariaman.

    Mungkin Sala dapat diartikan sebagai goreng, dan Lauak adalah ikan dalam bahasa Minang. Jadi secara harfiah bisa bermakna Ikan Goreng. Akan tetapi Sala Lauak ini bukan seperti makna harfiahnya. Sala Lauak ini merupakan makanan yang berbentuk bulat sebesar ibu jari (umumnya dijumpai sebesar bola pingpong) yang terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan daging ikan.

    Selain Sala Lauak ini, terdapat pula makanan dengan nama Sala Udang, Sala Kepiting dan Nasi Sala.

    Teh Talua

    Teh Talua adalah minuman khas dari Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, minuman ini hasil olahan teh dan talua (telor dalam bahasa Minang). Teh Talua ini dapat dijumpai hampir di setiap Lapau (Kedai dalam bahasa Minang) di Sumbar. Teh Talua yang enak menurut orang asli Minang adalah yang tak tercium bau amisnya. Konon dalam sejarahnya, Teh Talua ini adalah minuman penambah stamina bagi para petani yang akan berladang atau ke sawah.

    Sebenarnya masih banyak makanan atau hidangan khas dari Sumbar yang bisa kita jumpai di berbagai daerah Sumbar. Jika kamu punya waktu libur yang cukup, cobalah jelajahi provinsi kelahiran salah satu Founding Father Indonesia (Bung Hatta) ini. Masih banyak kuliner khas yang bisa kamu temui. Yang jelas, di Sumatera Barat bukan hanya ada Rendang, apalagi sekedar Nasi Padang.
     
    Hamda Firdaus likes this.
  2. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Suai bana Uni. dan bukan bahasa Padang juga, yang benar Bahasa Minang
     
    Hamda Firdaus likes this.
  3. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    445
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
    Jadi pengen Makan, baca di sini,,,selamat mencoba
     
Loading...

Share This Page