Hari Sumpah Pemuda ke-88 2016

Discussion in 'Education' started by KangAndre, Oct 28, 2016.

  1. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    dr Benediktus Andries yang akrab disapa Andries ini bekerja sebagai peneliti di Pusat Penelitian Malaria Timika di Kabupaten Mimika, Papua, mengirim pesan tertulis ke detikcom, Jumat (28/10/2016) tentang Hari Sumpah Pemuda ke-88.

    [​IMG]
    Foto: Dok Pribadi: dr Benediktus Andries via detik.com

    Menurut Andries, Sumpah Pemuda mengandung 3 hal pokok dan penerapannya pun dapat berbeda-beda.

    Poin pertama berisi bertumpah darah tanah air Indonesia. Saat ini bentuk perjuangan kita demi tanah air kita ialah dengan berusaha sebaik mungkin memberikan sumbangsih positif bagi bangsa ini dalam bentuk apapun sesuai dengan profesi dan kemampuan kita.

    Poin kedua, berbangsa satu, yaitu bangsa Indonesia. Saat ini perlu diberikan penekanan, karena pada poin ini terkandung penegasan bahwa Indonesia lahir dari kemajemukan dalam hal suku, ras, agama dan golongan. Oleh sebab itu, apabila kita menghargai tanah air kita, maka tidak semestinya ada isu terkait SARA yang menjadi halangan serta memecah-belah persatuan bangsa kita, karena pada hakikatnya kita semua adalah satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia.

    Poin ketiga menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Hendaknya kita tidak melupakan jati diri bangsa yang memiliki bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Saat ini tidak sedikit anak yang dididik dengan mempelajari berbagai macam bahasa daerah/asing sedari usia dini, namun apabila kita benar menghargai dan mencintai tanah air ini, hendaknya setiap warga Indonesia harus mampu terlebih dulu dalam memahami dan berbicara bahasa Indonesia sebelum mempelajari bahasa asing.

    Saran Andries untuk pemuda Indonesia terkait semangat sumpah pemuda.

    "Kemerdekaan yang kita nikmati hingga saat ini adalah sebuah warisan yang dititipkan kepada kita dengan bayaran darah, keringat dan air mata dari leluhur kita yang mengedepankan persatuan dan kesatuan. Marilah kita menjalani hidup kita dengan melakukan hal yang terbaik dari apa yang kita miliki, agar kelak generasi mendatang, masih dapat melihat bahwa waktu tidaklah mengikis semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia."

    Sumber
    .
     
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,790
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Selamat Hari Sumpah Pemuda
     
  3. Promp3

    Promp3 Member

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    415
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Selamat juga gan. Hhe
     
  4. ys. herbi

    ys. herbi Well-Known Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    1,251
    Likes Received:
    190
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Saya agak nggak setuju kalau bahasa Indonesia yang dipelajari pertama kali...
    Karena mau nggak mau kalau hal ini terus terjadi, bahasa daerah akan musnah... musnah dalam hal ini adalah hilangnya penutur bahasa daerah yang paham betul akan bahasa mereka...

    Contoh bahasa Jawa... Sekarang, karena derasnya informasi, orang jawa jadi aneh ketika ngomong bahasa jawa.. apalagi krama inggil...

    Itu pendapat saya. :)
     
Loading...

Share This Page