Faktor Penyebab Miom

Discussion in 'Health & Medical' started by Nabila, Oct 31, 2016.

  1. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Saat ini penyebab miom belum pasti. Tetapi menurut penelitian hingga saat ini faktor ketidakseimbangan hormon bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan miom. Miom tidak bisa berkembang saat tubuh belum memproduksi hormon estrogen. Miom pun umumnya berkembang cepat di masa kehamilan, karena saat itu tubuh memproduksi estrogen dalam jumlah besar. Saat menopause dimulai miom bisa mengecil dan menghilang seiring dengan produksi hormon estrogen.

    Inilah faktor faktor yang memicu perkembangan miom :

    Hormon

    Hal hal yang bisa memicu perkembangan miom yang pertama adalah hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini bisa merangsang pertumbuhan abnormal di sel-sel jaringan dinding rahim. Produksi hormon ini bisa meningkat selama masa menstruasi dan selama proses kehamilan. Kemudian saat masa menopause ini produksi hormon pun akan berkurang. Inilah yang menyebabkan wanita lanjut usia jarang mengalami miom.

    Faktor Genetik

    Ada penelitian yang menggabungkan antara faktor genetik dan pertumbuhan miom. Jika seorang ibu pernah mengalami miom, makan kemungkinan anaknya mengalami miom pun bisa terjadi. Seperti pada anak kembar, kembar identik bisa mengalami pertumbuhan miom dibandingkan kembar non identik.

    Faktor Lainnya

    Misalnya adanya zat-zat yang bisa menyebabkan perkembangan miom seperti zat insulin dan zat-zat lainnya. Ketidakseimbangan emosi atau stres, daya tahan tubuh rendah dan pola hidup yang tidak sehat bisa menjadi faktor lainnya yang memicu miom.

    Sumber : Penyebab Penyakit Miom
     
  2. AgungHN

    AgungHN Member

    Joined:
    Sep 19, 2016
    Messages:
    97
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Miom itu penyakit apa ya? Baru pernah denger soalnya.
     
  3. Rendi Rafli

    Rendi Rafli Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    231
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Kalau tidak salah mirip sama tumor gan
     
Loading...

Share This Page