8 Hal Menarik tentang Kota Solo

Discussion in 'Tourism' started by nanangri, Nov 3, 2016.

  1. nanangri

    nanangri New Member

    Joined:
    Sep 4, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    3
    Solo merupakan salah satu kota yang unik serta sayang buat dilewatkan. untuk kamu yang belum sempat mendatangi Solo, sempatkanlah. Mengapa? datang ke Solo, berarti Anda masuk ke kawasan Wisata Solo, sejarah serta budaya. ketika ini, banyak maskapai yang melayani penerbangan ke Solo.

    Wisata di Solo dan sekitarnya layak buat dicoba. buat penginapan, tersedia banyak hotel di Solo, mulai dari yang murah sampai yang bekulitas bintang lima. Sebelum berangkat ke Solo, sebaiknya kamu mengerti apa saja karakteristik dari kota ini. Berikut sebagian fakta menakjubkan dari Kota Solo!

    [​IMG]

    Mempunyai dua nama sekaligus

    Kota Solo ialah Kota yang menyandang dua nama dimana nama tersebut sama digunakan, yaitu Solo dan Surakarta. Pada mulanya masyarakat sudah familiar dengan Desa Sala, maka banyak orang yang menyebut dengan Kraton Sala. Maka jadilah penyebutan itu hingga sekarang. Nama Sala masih dipergunakan, dan nama Surakarta juga tetap dipakai. namun entah dimulai oleh siapa dan kapan, dan karena apa pula, kata Sala berubah penulisan serta pembacaannya menjadi Solo.

    Salah satu kota paling nyaman buat ditinggali

    Solo merupakan salah satu kota paling nyaman buat ditinggali di tanah Jawa. Solo yakni kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini sungguh nyaman dihuni karena ketenangan kotanya, penduduknya mayoritas suku jawa. Solo atau Surakarta menyandang semboyan "Berseri", kependekan dari "Bersih, Sehat, Rapi, serta Indah", sebagai slogan yang mepresentasikan ketenagan kota ini.

    Tradisi Unik Kota Solo

    Di Kota Solo terdapat tradisi unik merupakan Kirab Pusaka 1 Suro. event ini diselenggarakan oleh Keraton Surakarta dan Puro Mangkunegaran pada malam hari menjelang tanggal 1 Suro. acara ini ditujukan buat merayakan tahun baru Jawa 1 Suro. Rute yang ditempuh kurang lebih sejauh 3 km merupakan Keraton - Alun-alun Utara - Gladak - Jl. Mayor Kusmanto - Jl. Kapten Mulyadi - Jl. Veteran - Jl. Yos Sudarso - Jl. Slamet Riyadi - Gladak kemudian kembali ke Keraton lagi.

    Pusaka- pusaka yang menyandang daya magis tersebut dibawa oleh para abdi dalem yang berbusana Jawi Jangkep. Kirap yang berada di depan yakni sekelompok Kebo Bule bernama Kyai Slamet sedangkan barisan para pembawa pusaka berada di belakangnya, yang paling unik yaitu ketika kebo bule ini mengeluarkan kotoran, maka orang akan saling berebutan buat mendapatkan kotoran kebo bule ini. Katanya sih, bisa bawa berkah. Namanya juga kepercayaan. Percaya ga percaya sih.

    Ada pasar loak terkenal

    Di Kota Solo terdapta pasar Loak atau pasar barang-barang bekas yang benar-benar terkenal ialah Pasar Klithikan Notoharjo, pasar ini dibangun pada tahun 2006 oleh Pemerintah Kota Surakarta. Pasar ini terletak di Kalurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, di atas lahan seluas 1.800 m2.

    Pasar Klithikan Notoharjo dibangun menampung penjaja kaki lima diarea Taman Monumen 45 Banjarsari yang berjumlah 909 penjual. Pasar Notoharjo lebih dikenal dengan nama Pasar Klithikan karena pasar tersebut sebagai wadah bagi pedagang kakilima yang menjual berbagai barang bekas, seperti elektronik, pakaian, ponsel, sparepart kendaraan serta barang-barang lainnya. Pasar ini cukup unik karena di sini pengunjung bisa menemukan barang-barang bekas layak pakai.

    Penyelenggara PON Pertama

    Solo yaitu kota pertama dimana PON (Pekan Olahraga Nasional) I diadakan. PON I adalah PON pertama Indonesia yang diadakan di Surakarta pada 9-- 12 September 1948. Tanggal pembukaannya, 9 September, kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional.Pembukaan PON pertama ini diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno dan acara penutupannya dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX Selaku Ketua Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) (sekarang KONI.

    Pekan Olahraga Nasional I ini diikuti oleh sekitar 600 atlet yang bertanding pada 9 cabang olahraga yakni Atletik, Lempar Cakram, bulu tangkis, sepak bola, tennis, renang, Pencak silat, Panahan dan Bola Basket dengan jumlah total medali (emas, perak, perunggu) yang diperebutkan sebanyak 108 medali. Pesertanya bukan pada tingkat propinsi melainkan pada tingkat Kota serta Karesidenan. ada 13 partisipan yaitu Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Madiun, Magelang, Malang, Semarang, Pati, Jakarta, Kedu, Banyuwangi dan Surabaya. Juaranya yakni kota Solo atau Surakarta dengan total medali sebanyak 36 medali.

    Punya dua keraton

    Solo adalah salah satu dari sedikit kota di Indonesia yang menyandang dua keraton, yakni Keraton Kasunanan Surakarta serta Keraton Mangkunegaran Surakarta yang berjarak sekira 11 km. Meskipun kedua keraton sudah tidak menjalankan pemerintahan seperti dahulu, akan tetapi masih ada sultan serta abdi dalem di dalam istana. Selain itu, keduanya juga masih kerap menggelar banyak ritual serta up acara adat.

    Selain bisa melihat sendiri arsitektur kuno pada bangunan istana dan masjid. Kamu juga bisa belajar mengenal kebudayaan Jawa yang masih terjaga. Jika berkunjung di tatkala yang tepat, kamu bisa menyaksikan berbagai up acara serta ritual tahunan, salah satunya yaitu Sekaten.

    Uniknya batik khas Solo

    [​IMG]
    Setiap batik tradisional di setiap daerah menyandang kekhasan tersendiri, sama halnya dengan batik khas Solo. Batik Solo mempunyai beragam motif, dua di antaranya yang paling populer yakni Parang Kusumo dan Truntum. Batik Truntum identik dengan motif bunga kecil-kecil yang membentuk sebuah pola besar.

    Batik Parang Kusumo berbeda lagi. Batik ini dikenal sebagai batik yang biasa dipakai lingkungan bangsawan Solo. Ciri dari batik ini yakni lajur motif diagonal yang dilukis dari bawah ke atas yang menandakan bahwa pemakainya masih berasal dari keturunan raja. Jika ingin lebih mengenal batik khas Solo, kamu bisa menginap di Best Western Premier Solo yang yakni sebuah hotel berkonsep batik.

    Wisata kereta uap di tengah kota

    Bagaimana rasanya naik kereta uap kuno dengan asap yang mengepul di udara serta suara tuutt. tuutt. yang khas? Rasa penasaran kamu akan segera terjawab oleh Sepur Kluthuk Jaladara. Lokomotif buatan Jerman pada 1896 ini masih aktif beroperasi sebagai sepur wisata. kereta ini bisa kamu temukan di Kota Solo loh.

    Banyak dijumpai supeltas -Pak Ogah-.

    [​IMG]
    Di Solo ada orang-orang yang ikhlas meski hidup pas-pasan, mereka adalah Supeltas (Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas) yang rela tidak dibayar demi melancarkan arus lalu lintas yang makin semarwut. akan tetapi seputar tatkala lalu para 'polisi cepek' ini oleh Kepolisian Kota Solo dibina. Dikasih rompi serta perlengkapan pengatur lalu lintas seperti peluit serta tanda rambu.

    " Jika dahulu kami hanya bantu menyeberangkan orang yang ngasih duit aja, sekarang kami nggak pan dan g mau ngasih atau tidak semua kami bantu". tatkala ditanya apakah ada honor khusus dari kepolisian, mereka menjawab nggak ada. "Ya hanya mengandalkan pemberian sukarela dari pengguna jalan saja, namanya juga sukarelawan mas", demikian katanya. namun demikian mereka betul-betul bahagia karena dapat membantu kesusahan orang lain ketika di jalanan.

    jangan lupa pula kalau disolo berniat pesan nasi kotak solo klik link tersebut heehe
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Hampir imbang-imbangan dengan YOgyakarta.
    Salam...
     
  3. holisah

    holisah Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    125
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
  4. Safari

    Safari Member

    Joined:
    Oct 27, 2016
    Messages:
    124
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Setelah baca TS ini jadi pengen ke Solo den... tapi waktu dan pendanaannya belum memungkinkan...save dulu
     
  5. bluberry

    bluberry New Member

    Joined:
    Nov 4, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    gue pernah ke solo tapi cuma lewat aja kalau pergi ke jogja
     
  6. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    udah lama punya rencana pengen liburan ke solo, tapi gak ada temen *merana*
     
  7. aldy yudhistira

    aldy yudhistira New Member

    Joined:
    Dec 1, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    sesuai bgt tradisi unik Kota Solo, karna waktu saya berkunjung ke Solo begitu banyak Tradisi uniknya
     
  8. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    terminal solo sekarang udah bangus banget ya gan,,, dulu ke sono masih dalam tahap pembangunan
     
  9. Andreask

    Andreask New Member

    Joined:
    Oct 18, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kota solo itu kota kecil tapi nyaman untuk bersantai ria. Kereennn
     
Loading...

Share This Page