Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Discussion in 'Health & Medical' started by Neng Sri, Nov 4, 2016.

  1. Neng Sri

    Neng Sri Member

    Joined:
    May 30, 2015
    Messages:
    233
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Mengurangi asupan natrium atau garam merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan oleh penderita hipertensi untuk membantu menurunkan tekanan darah.

    [​IMG]

    Sodium yang terkandung di dalam darah dapat menyebabkan air tertahan didalam darah yang menambahkan volume dan tekanan darah tinggi konstan pada arteri. Pada gilirannya, ini menghadapkan penderita pada risiko yang lebih besar untuk terkena serangan jantung, stroke, dan masalah reproduksi.

    Selain itu, berikut ini 8 cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa dilakukan :

    Diet Hipertensi

    Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) merupakan metode diet untuk penderita hipertensi yang ingin menurunkan tekanan darahnya. Diet ini menjaga total kalori sampai 55% karbohidrat, 27% lemak, dan 18% protein dan asupan natrium di bawah 2.300 mg sehari.

    Menu diet DASH ini fokus pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein dari unggas, kacang-kacangan, dan meminimalisir penggunaan garam dan gula. Studi dari Archives of Internal Medicine menemukan bahwa diet ini menurunkan tekanan darah sistolik hingga 16% dalam 4 bulan pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

    Rutin Minum Teh

    Peneliti Australia menemukan bahwa orang yang minum 3 cangkir teh hitam setiap haris elam 6 bulan mengalami penurunan 2 poin di kedua tekanan darah diastolik dan sistolik. Flavonoid dalam teh dapat mengurangi konsentrasi endotelin-1, protein yang menyempitkan pembuluh darah.

    Kurangi Asupan Garam

    Anda harus mengonsumsis ekitar 1.500 mg sodium setaip harinya. Namun, kebanyakan penerita hipertensi mengonsumsi lebih dari takaran tersebut. Untuk mengurnagi jumlah garam, Anda bisa menyiasatinya dengan menambahkan cita rasa pada makanan dengan menambahkan bumbu-bumbu seperti rempah-rempah atau lemon. Hindari mengonsumsi makanan olahan yang merupakan sumber natrium tertinggi.

    Konsumsi Jus Bit

    Menurut penelitian di Australia pada tahun 2012, mengonsumsi 17 ons jus bit dapat menurunkan 5 titik tekanan darah hanya dalam waktu 6 jam saja.Sayuran dengan akar yang berwarna merah ini kaya akan nitrat yang diubah menjadi asam nitrat. Ini di duga dapat membuat pembuluh darah rileks sehingga meningkatkan aliran darah.

    Konsumsi Buah Anggur

    Pria dengan sindrom metabolisme (kondisi yang memicu penyakit jantung) yang mengonsumsi anggur setiap hari selama sebulan dapat menurunkan tekanan sistolik hingga 6 poin. Polifenol dalam buah anggur dapat membantu pembuluh darah rileks dan meningkatkan fungsinya.

    Bernapas Cepat dan Dalam

    Untuk memaksimalkan detak jantung Anda bisa melakukan latihan kardio 3 kali seminggu selama 40 menit. Latihan ini dapat membantu jantung menggunakan oksigen lebih efisien. Sehingga tubuh tidak harus bekerja keras untuk memompa darah. Dalam sebuah penelitian, penderita hipertensi yang pergi jalan-jalan dengan langkah cepat dapat menurunkan tekanan hampur 8 mmHg.

    Bernapas Dalam dan Perlahan

    Melakukan teknik pernapasan meditasi seperti menarik dan membuang napas secara dalam adn perlahan dapat menurunkan hormon stres yang meningkatkan renin, enzim ginjal yang meningkatkan tekanan darah. Cobalah teknik ini setiap pagi dan malam hari. Caranya, tarik napas dalam-dalam dan perluas perut Anda, kemudian buang napas dan lepaskan tegangan.

    Tertawa

    Tertawa karena mendengar candaan teman atau menonton acara komedi bisa membuat pembuluh darah membesar 22%, menurut studi dari University of Maryland. Tertawa dapat menyebabkan jaringan membentuk lapisan dalam pembuluh darah untuk memperluas, meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

    Sumber : 8 Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
     
  2. Neng Sri

    Neng Sri Member

    Joined:
    May 30, 2015
    Messages:
    233
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Menurut informasi yang saya ketahui, teripang emas bisa digunakan sebagai salah satu media terapi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Karena teripang ini memiliki kandungan yang dapat mencegah penggumpalan darah, sehingga dapat mengurangi tekanan darah.
     
  3. deniramdan

    deniramdan New Member

    Joined:
    Sep 1, 2015
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Untuk buah-buahan : Melon,Semangka,Alpukat,kiwi,Pisang,Jeruk
    sayuran : bayam,buncis,selederi,bawang merah,tomat, kentang,kedelai.
     
Loading...

Share This Page