Khasiat Daun Mangga untuk Pengobatan Tradisional

Discussion in 'Health & Medical' started by Neng Sri, May 11, 2016.

  1. Neng Sri

    Neng Sri Member

    Joined:
    May 30, 2015
    Messages:
    233
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Apakah Anda termasuk penggemar buah mangga ? Buah mangga memang memiliki rasa yang manis dan juga daging buah yang lembut. Namun, apakah Anda tahu bahwa selain buahnya, daun mangga juga memiliki khasiat untuk kesehatan ?

    [​IMG]

    Memang belum banyak yang mengetahui khasiat serta manfaat dari daun mangga ini. Bahkan, terkadang daun mangga ini sering di abaikan. Setelah diteliti, ternyata daun mangga ini memliki kandungan beberapa vitamin yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, B, dan A. Daun buah mangga juga mengandung nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan. Tidak hanya itu, daun mangga juga memiliki sifat antioksidan yang kuat karena mengandung flavonoid yang tinggi dan fenol.

    Berikut ini beberapa khasiat luar biasa daun mangga sebagai obat tradisional :

    Mengontrol Diabetes

    Mengobati diabetes dengan daun lembut mangga merupakan obat rumahan yang efektif. Sidat antidiabetes darid aun mangga tersebut dapat membantu mengontrol kadar gula darah tinggi dalam tubuh. Tidak hanya itu, teh daun mangga juga sangat baik untuk membantu mengobati diabetes angiopati dan retinopati diabetes. Hal ini juga membantu mengobati hiperglikemia. Daunnya mengandung senyawa yang disebut dengan taraxerol-3beta, dan etil asetat ekstrak yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan mestimulasi sintesis glukogen.

    Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengeringkan daun mangga dan membuatnya menjadi serbuk. Seduh serbuk daun mangga tersebut dan konsumsi secara rutin.

    Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Para penulis kesehatan menambahkan bahwa minum teh daun mangga dapat membantu pengobatan hipertensi atau tekanan darah tinggi untuk memperkuat pembuluh darah rapuh yang dapat menyebabkan hipertensi. Hal tersebut disebabkan karena daun mangga ini memiliki sifat hipotensi.Ini juga membantu unuk memperkuat pembuluh darah dan meringankan maslaah varises.

    Mengobati Asma

    Daun mangga di percaya dapat mengobati asma dan penyakit pernapasan lainnya. Maka dari itu, daun mangga banyak di gunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk tujuan yang sama.

    Menyembuhkan Batu Ginjal

    Manfaat dari daun mangga selanjutnya adalah dapat membantu mengatasi masalah ginjal. Caranya adalah dengan menumbuk daun mangga yang telah di keringkan di tempat yang teduh (tidak terkena matahari langsung) dan menambahkannya ke dalam 1 gelas air dan simpan semalaman. Konsumsi ramuan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    Mencegah Infeksi

    Daun mangga memiliki sifat antibakteri. Maka dari itu, mengonsumsi daun mangga secara rutin dapat membantu memerangi gangguan pencernaan, dan bahkan tumor.

    Mencegah Infeksi Virus

    Ketika di fermentasi, daun makan akan menjadi kaya akan antioksidan yang dapat memberikan banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Seperti salah satunya dapat mencegah infeksi virus herpes dan membantu penyembuhannya lebih cepat.

    Mengatasi Gelisah

    Bagi Anda yang selalu menderita kegelisahan atau kecemasan yang berlebihan, maka memanfaatkan daun mangga sebagai obat tradisional merupakan solusi yang tepat. Cara untuk memandapatkan manfaat dari daun mangga ini adalah dengan mencampurkan 2-3 gelas air seduhan daun mangga ke dalam bak air mandi, dan mandilah dengan air tersebut untuk mengatasi kegelisakan sekaligus juga dapat memberikan kesegaran pada tubuh.

    Sumber : Manfaat Luar Biasa Daun Mangga Sebagai Obat Tradisional
     
  2. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Gak nyangka yah, ternyata daun mangga juga bermanfaat untuk kesehatan. Getahnya apa gak berbahaya Gan? karena akan mempengaruhi pencernaan juga*bingung*
     
  3. alligatorsky

    alligatorsky New Member

    Joined:
    Nov 3, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ingatkah kalian bahwa buah dan sayur sangat dianjurkan karena baik untuk kesehatan, namun bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh ternyata bisa juga untuk menjaga kecantikan. Termasuk buah yang satu ini. Siapa sih yang gak suka buah mangga? rasanya yang manis dan enak ketika sudah matang, bahkan yang masih mentah pun banyak sekali dicari orang entah itu untuk membuat makanan seperti rujak ataupun untuk ibu hamil yang sedang ngidam. Jangan cuma memakannya saja tapi kamu juga harus mengetahui apa saja sih manfaatnya.

    Sejarah Buah Mangga
    Buah Mangga atau dalam bahasa latin "mangifera indica" berasal dari daerah bombay, India dan daerah sekitar kaki gunung himalaya. Dari sanalah buah ini kemudian menyebar luas ke indonesia, bahkan kemudian ada yang tersebar sampai ke daerah eropa, termasuk juga afrika dan asia.

    Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan
    Khasiat buah mangga bagi kecantikan
    Mangga

    Buah mangga di india sering digunakan sebagai makanan pokok, apalagi ketika terjadi musim paceklik (kekurangan bahan makanan). Karena itulah di india banyak sekali orang yang suka sekali menanam pohon mangga. Ditambah lagi bagi orang yang beragama hindu pohon ini sering disebut sebagai pohon suci karena konon katanya melambangkan penjelasan dari Praja pati. Sehingga dapat kita simpul kan bahwa ternyata buah mangga itu telah lama dibudidayakan bahkan berabad abad tahun yang lalu.

    Tanaman buah mangga bahkan sangat baik untuk lingkungan. Karena Tanaman mangga ini merupakan tumbuhan yang musiman sebab itu buah ini biasanya bisa dapat dipanen selama setahun sekali. kamu bisa melihat cara budidaya mangga agar kamu tahu caranya.

    Jenis Buah Mangga
    Mangga memiliki jenis yang beraneka ragam berikut ini ada beberapa jenis mangga

    1. Mangga Arum Manis
    Buah manis sehat dan cantik
    Mangga Arumanis
    Mangga arumanis atau di daerah lain disebut juga mangga gadung, merupakan buah yang sangat banyak sekali kita jumpai. Bahkan siapa sih orang yang tidak tahu mengenai buah mangga jenis ini, ketika mendengar nya saja pasti langsung ingat rasanya yang manis dengan dagingnya yang tebal ditambah lagi harum nya sangat menggugah selera.

    2. Mangga Golek
    Mangga yang khas untuk menjaga kesehatan
    Mangga Golek
    Mangga golek memiliki bentuk yang unik dan khas serta ukurannya yang cukup besar. Mangga ini katanya merupakan mangga yang pertama kali di kembangkan di india. Namun pada saat dibudidayakan di indonesia mangga golek ini bentuknya agak berbeda dengan yang ada di india. Mangga ini sangat terkenal di daerah purbalingga. Bahkan mangga ini juga dapat dikatakan sebagai mangga lokal dengan varietas unggul.

    3. Mangga Manalagi
    Buah Manis dan baik untuk kecantikan
    Mangga Manalagi
    Mangga ini merupakan mangga persilangan dari mangga gadung dan mangga golek. Tapi pada dasarnya dilihat sepintas mangga ini lebih mirip ke mangga golek hanya saja lebih gemuk dan mungil. Kelebihan nya mangga jenis ini tidak mudah busuk setelah dipetik.

    4. Mangga Madu
    Khasiat Mangga Madu bagi Kecantikan
    Mangga Madu
    Buah mangga madu sebenar nya mirip dengan buah mangga gadung. Namun mangga ini memiliki warna kulit yang khas yaitu kuning cerah ketika sedang masak. Buah ini sangat manis seperti madu maka dari itu mangga ini juga sering disebut mangga madu.

    5. Mangga Telur
    Mangga Ajaib yang menyehatkan dan membuat cantik
    Mangga Telur
    Jenis mangga ini berbentuk kecil seperti telur, biasanya mangga ini juga disebut mangga endog (endog dalam bahasa sunda yang artinya telur).Mangga ini sangat bagus untuk ditanam karena tahan akan penyakit. namun sayangnya karena mangga ini berukuran kecil mangga ini kurang digemari.

    6. Mangga Gedong Gincu
    Buah Mangga berkhasiat untuk melembutkan kulit
    Mangga Gincu
    Mangga ini memiliki warna yang kulit yang berbeda dari yang lain. Warnanya terkadang bergradasi dari oranye ke hijau sehingga sangat indah dilihat dan menggugah selera. Mangga ini memiliki kandungan air yang cukup banyak dan didominasi oleh rasanya yang manis.

    7. Mangga Apel
    Mangga menyerupai apel kunci awet muda
    Mangga Apel
    Buah Mangga Apel ini disebut mangga apel karena memiliki bentuk yang bulat menyerupai buah apel. banyak sekali orang yang menyukai jenis ini karena rasanya yang khas.

    Selain jenis buah mangga di atas masih banyak lagi jenis - jenis buah mangga lainnya yang tersebar di seluruh indonesia semisal buah mangga kweni, mangga indramayu, mangga kecik, mangga cengkir, mangga kebembem, mangga embacang pokok nya masih banyak deh bentuk dan jenisnya.

    Berbagai Macam Khasiat Buah Mangga
    1. Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan
    Bisa dijadikan sebagai pencegah penyakit Kanker.
    Mampu menurunkan kadar kolesterol yang tidak baik untuk tubuh kita
    Membantu memberikan nutrisi yang baik dan sehat untuk mata
    Bisa melindungi pencernaan anda karena memiliki banyak serat yang akan membantu memperlancar pencernaan.
    Dapat menjaga tubuh sehingga selalu dalam keadaan fit dan meningkatkan daya tahan imun kita dari serangan berbagai macam penyakit jahat,
    Buah mangga juga sangat baik dan bermanfaat bagi ibu hamil, apalagi buah mangga sudah tidak asing lagi sering dicari oleh ibu yang sedang ngidam
    Dapat membantu meningkatkan kadar insulin.
    Mengandung kadar glikemik yang rendah, sehingga apabila penderita diabetes mengkonsumsi buah mangga tidak akan membahayakan.
    Dengan meminum jus mangga akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan mengurangi rasa letih tubuh.
    mampu menurunkan panas dalam tubuh
    Dapat digunakan sebagai desinfektan bagi tubuh.
    Dapat membantu membersihkan darah
    Mampu menghilangkan bau badan yang berlebih pada tubuh
    Dapat membantu menstabilkan denyut jantung
    Mengaktifkan Kontrak pada otot
    Membantu tekanan darah pada tubuh
    Bisa juga dipakai untuk menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan
    Mengobati penyakit influenza
    Asma
    Gusi berdarah
    Peradangan pada tenggorokan
    Mengobati dan mengurangi dampak karena cacingan
    Mengobati gangguan menstruasi
    Hernia
    Rematik
    dan bahkan masih banyak lagi khasiat nya bagi kesehatan tubuh.
    2. Manfaat Buah Mangga untuk kesehatan
    Mampu membantu dalam proses pengobatan penyakit kulit seperti bisul, borok dll
    Bisa membantu mencegah terjadinya penuaan dini karena buah mangga mengandung antioksidan yang mampu membantu mencegah datangnya tanda penuaan seperti keriput dll. sehingga wajah tetap awet muda.
    Mampu membantu mencerahkan kembali kulit yang sudah terbakar oleh matahari
    Bisa dijadikan sebagai masker buah alami untuk menjaga kulit sensitif
    Membantu membuat kulit terlihat lebih bercahaya dan segar
    Mengobati komedo yang ditumpuk ditubuh
    Bisa dikonsumsi pada saat diet karena mampu membantu dalam program diet anda
    Mampu mempercepat infeksi khususnya yang diakibatkan oleh jerawat
    Dapat membantu mempercepat pengangkatan sel kulit mati atau membantu regenerasi pada kulit
    Menjaga kulit agar tetap terjaga keelastisannya
    Membantu melembutkan kulit
    Wah tak disangka sangka ya ternyata Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan sangat banyak sekali. Maka dari itu sering - sering lah mengkonsumsi buah mangga. Tapi ingat boleh makan banyak tapi secukupnya saja. Karena segala sesuatu yang sifatnya berlebihan pasti kurang baik untuk tubuh.
     
  4. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    saya anjurkan, lebih baik buat threads baru dibanding cuma nitip link di kolom komentar copas yang panjaaaaang
     
  5. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    bagaimana cara menggunakannya untuk mengatasi hipertensi ini?
     
  6. Neng Sri

    Neng Sri Member

    Joined:
    May 30, 2015
    Messages:
    233
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolah daun mangga menjadi teh dengan cara mengeringkan dan membuatnya menjadi serbuk. Setelah itu, Anda bisa langsung menyeduhnya.
     
  7. Hasrullah

    Hasrullah Member

    Joined:
    Feb 26, 2016
    Messages:
    36
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Baru tau saya banyak fungsinya sklinya mangga yaa. Dr daun maupun buahnya

    Sent from my SM-T116NU using Tapatalk
     
  8. Neng Sri

    Neng Sri Member

    Joined:
    May 30, 2015
    Messages:
    233
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Iya, benar sekali. Selama ini kita hanya berfokus pada buahnya saja dan tidak menghiraukan daunnya yang ternyata juga menyimpan banyak sekali manfaat.
     
Loading...

Share This Page