5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga yang Praktis dan Efektif

Discussion in 'General Business' started by kenskw, Nov 18, 2016.

  1. kenskw

    kenskw Member

    Joined:
    Aug 26, 2016
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Mengatur keuangan keluarga itu susah-susah gampang. Susahnya dalam hal komunikasi tentang pengeluaran dan pemasukan yang harus jujur dan transparan.

    Gampangnya, saat sudah ada rasa saling percaya antara suami dan istri. Bila komunikasi dan saling percaya sudah ada, waktunya menyusun strategi pengelolaan.

    Nah, untuk membantu Anda, berikut Sukawu.com rangkum beberapa tips tepat dalam mengatur keuangan keluarga.

    [​IMG]
    Bagaimana caranya? Tentu dengan menyisihkan penghasilan bulanan dalam nominal tertentu. Bila hal ini terasa hampir mustahil, coba eliminasi pengeluaran untuk hal-hal yang kurang penting, seperti membeli pakaian baru tiap bulan dan menambah koleksi tertentu.

    Untuk bisa benar-benar menabung, pastikan Anda mengontrol penggunaan kartu kredit. Kelola dengan baik pemasukan dan pengeluaran bulanan untuk bisa ditabung sisanya. Bila merasa kesulitan, Anda bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi modern yang bisa membantu mengelola keuangan bulanan.

    Dalam menabung, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti:
    • Di mana Anda akan menabung?
    • Apakah uang tabungan hanya disimpan atau diinvestasikan?
    • Berapa banyak uang yang akan ditabung setiap bulan?

    [​IMG]
    Ini adalah strategi tepat mengatur keuangan keluarga untuk pendidikan anak di masa mendatang. Tabungan pendidikan bisa Anda sisihkan sendiri atau lewat fasilitas bank tempat Anda menabung.

    Jika lewat bank, secara rutin bank akan memotong sejumlah uang yang telah disepakati dari rekening utama, untuk dimasukkan ke rekening tabungan pendidikan.

    Menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak bisa mendatangkan sejumlah keuntungan. Di antaranya seperti:

    • Bisa digunakan untuk merencanakan dan menyediakan dana pendidikan jangka pendek hingga jangka panjang
    • Memberikan jaminan asuransi jiwa. Bila sewaktu-waktu ekonomi sedang sulit atau penyetor meninggal dunia, anak tetap akan mendapatkan dana pendidikan yang layak, sesuai kesepakatan.

    [​IMG]
    Percuma bila Anda memiliki banyak uang dan pandai mengelola keuangan, tetapi kondisi tubuh sakit-sakitan. Untuk itu, dana kesehatan sangat diperlukan. Biasanya saat dibutuhkan, seseorang perlu mengeluarkan biaya besar untuk masalah kesehatan. Biaya yang tinggi ini bisa mengganggu stabilitas keuangan keluarga. Langkah antisipasinya, jangan lupa sisihkan penghasilan bulanan untuk kesehatan Anda dan keluarga. Misalnya:

    • Dana perawatan gigi, mata, dan sebagainya
    • Jaminan perawatan saat mendadak sakit atau mengalami kecelakaan.

    [​IMG]
    Liburan merupakan bagian dari hiburan yang penting untuk direncanakan dengan matang. Alasannya, agar tidak mengganggu stabilitas keuangan dan bisa mendapatkan waktu berlibur yang berkualitas.

    Perencanaan di awal ini sangat berkaitan dengan mengatur keuangan keluarga. Misalnya, dengan membeli tiket perjalanan di masa promo dan menentukan tujuan sesuai dengan dana yang dialokasikan. Dengan kata lain, perencanaan di awal membuat liburan menjadi lebih mudah, nyaman, hemat, dan menyenangkan.

    [​IMG]
    Anda sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan kartu kredit. Kartu ini memang memudahkan dalam membeli segala sesuatu, tetapi membuat Anda berutang pada bank. Bila tidak dikontrol dengan baik, memiliki kartu kredit justru membuat boros dan merugikan.

    Biasanya orang menggunakan kartu kredit karena beragam promosi yang ditawarkan. Anda boleh saja memanfaatkannya, tetapi pastikan mengelola utang kredit dengan baik. Jangan sampai cicilan membayar utang membengkak dan mengganggu stabilitas keuangan keluarga.

    Selain tips di atas, masih banyak panduan mengatur keuangan keluarga yang bisa Anda pelajari dan coba terapkan. Pilihlah tips mana yang paling tepat dan sesuai dengan kondisi keluarga Anda, agar lebih nyaman dan mudah diterapkan. Kunci keberhasilannya ialah konsisten menjalankan rencana dan mengelola keuangan, serta kerja sama yang baik antara pasangan suami istri.

    Sumber : 5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga yang Praktis dan Efektif
     
  2. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    425
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Kayaknya ngatur duit enggak sulit-sulit amat, tapi ngontrol emosi dan hawa nafsu untuk ngabisin duit itu yang sulit *kalah*
     
  3. bella

    bella Member

    Joined:
    Aug 2, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Merencanakan liburan rasanya belum menjadi hal yang urgent di Indonesia
     
  4. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Ini yang sering terjadi ya gan, hawa nafsu karena ingin mendapatkan semuanya, manusia mungkin kebanyakan seperti itu, tapi kalau memiliki pendekatan agama yang baik bahwa kehidupan dunia ini hanya seperti gambar dan tidak nyata mungkin akan bisa mengurangi serakah karena hawa nafsu dan kehidupan setelah dibangkitkan lagi ini yang lebih kekal
     
Loading...

Share This Page