Pengobatan Penyakit Flek Pada Anak

Discussion in 'Health & Medical' started by Afifah Adawiyah, Dec 7, 2016.

  1. Afifah Adawiyah

    Afifah Adawiyah Member

    Joined:
    Feb 10, 2016
    Messages:
    29
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Flek paru adalah istilah yang cukup sering digunakan oleh masyarakat untuk sebutan penyakit TB (tuberculosis) yang terjadi di organ paru-paru. Angka kejadian flek paru atau TB pada anak sudah tidak asing lagi di telinga kita baik itu kasus yang terjadi di keluarga sendiri atau tetangga.

    Tuberkulosis (TB) anak merupakan penyebab morbiditas (penyakit) dan mortalitas (kematian) yang sering dijumpai di negara berkembang. Risiko penularan infeksi TB meningkat pada anak yang tinggal dalam satu rumah dengan pasien TB dewasa aktif. Oleh karena itu intensitas paparan dengan sumber penularan dan kondisi imunodefisiensi (kekebalan tubuh yang rendah) merupakan faktor utama dalam menentukan risiko infeksi TB pada anak.

    Tuberkulosis (TB) disebabkan oleh bakteri (kuman) Mycobacterium tubercolusis. Bakteri ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari orang dewasa hingga anak berusia di bawah 2 tahun. Bayi yang menderita TB memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan orang dewasa, karena kekebalan tubuhnya belum sempurna. Bakteri yang menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh dapat mengakibatkan terjadinya TB hati, TB selaput otak atau meningitis, dan TB tulang. Oleh karena itu, jika bayi dan balita sudah terdeteksi menderita flek paru-paru atau TB segeralah diobati.

    Gejala umum dari penyakit TB

    · Berupa batuk yang bahkan disertai dengan demam yang tidak henti selama lebih dari 3 minggu bahkan 3 bulan meskipun sudah diobati

    · Demam

    · Diare

    · Nafsu makan berkurang

    · Berat badan menyusut

    · Di leher bagian samping seringkali teraba pembesaran pada kelenjar getah bening.

    Pengobatan Penyakit Flek Pada Anak

    · Pada anak yang mengalami gejala tersebut biasanya dilakukan salah satu tes, yakni tes untuk mendiagnosis TBC.

    · Bila setelah tes dilakukan dan hasilnya mengindikasikan telah positif terjangkit kuman TB dan menderita tuberkulosis, maka langkah selanjutnya yang harus diambil adalah memberikan serangkaian tes pada sang anak. Rontgen merupakan salah satu dari serangkaian tes tersebut. Rontgen bertujuan untuk memeriksa keadaan paru apakah terdapat bercak putih. Tes darah juga merupakan tes lainnya yang perlu dijalani penderita apabila hasil dari pengujian Mantoux mengindikasikan positif terjangkit kuman TB.

    Tes Mantoux merupakan tes yang harus dilakukan dengan penuh ketelitian. Bahkan jika hasilnya adalah negatif, dokter harus tetap waspada karena bisa saja itu merupakan tanda negatif palsu yang disebabkan karena kondisi tubuh anak sangat buruk.

    Pengobatan penyakit flek paru-paru pada anak berbeda dengan pengobatan orang dewasa. Umumnya dokter akan memberikan obat yang harus dikonsumsi selama 6 bulan , dan bisa ditambah lagi selama 3 bulan untuk mencegah kambuhnya penyakit. Pengobatan flek paru-paru ini harus dilakukan secara rutin dan tidak boleh terhenti sebelum waktu yang seudah ditentukan oleh dokter. Karena jika pengobatan terhenti maka bakteri dapat menyerang lagi dan menjadi kebal terhadap obat.

    Selain dengan obat-obatan dokter, Anda juga dapat menggunakan obat-obatan herbal sebagai cara penyembuhan flek anak yang lebih aman. Berikanlah Obat herbal flek pada anak yang berkhasiat meningkatkan kekebalan atau antibodi tubuh anak, menambah nafsu makan anak, mengurangi ataupun menghilangkan gejala-gejala penyakit serta dapat mempercepat proses penyembuhan ataupun menumpas bakteri secara tuntas sehingga flek paru-paru tidak kambuh lagi.

    Untuk meminimalisir penularan kuman TB pada anak

    · Terapkan gaya hidup sehat dengan berikan zat-zat kekebalan tubuh sejak lahir seperti ASI dan hindari kontak fisik dengan penderita TB yang masih terinfeksi aktif.

    · Selain itu, beri nutrisi dengan gizi makanan yang seimbang,

    · Menjaga kebersihan dan kesehatan rumah dan lingkungan

    · Tanyakan ke dokter untuk pemberian imunisasi BCG agar bayi memiliki imun (pertahanan) terhadap serangan bakteri TB.

    Yang perlu diperhatikan bagi para orang tua yang anaknya telah mengidap flek paru ataupun positif TB, tidak perlu khawatir terlalu berlebihan. TB bisa disembuhkan secara tuntas apabila penderita mengikuti anjuran dokter untuk hidup sehat dengan minum obat secara teratur dan rutin sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Orang tua juga harus waspada dan memberikan perhatian ekstra agar penderita rutin meminum obatnya. Jika tidak, pengobatan bisa gagal dan perlu diulang.

    Untuk kondisi tubuh anak yang semakin kurus dengan perut yang membuncit, ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti adanya penyakit lain yang menyertai sebelumnya, malnutrisi (gangguan gizi sejak lahir), atau penyakit TB sudah mengenai organ lain (hati). Untuk memastikan kondisi anak tersebut, periksakan ke dokter paru-paru agar dapat dinilai apakah pengobatan yang telah diberikan berjalan baik atau ada indikasi penyakit lain yang menyertai.

    Semoga bermanfaat. Terima kasih.
     
    vitabumin likes this.
  2. ipaan

    ipaan Member

    Joined:
    Nov 11, 2016
    Messages:
    56
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page