Mengapa Program Gadai Bpkb Tidak Bisa Untuk Pembelian?

Discussion in 'Otomotif' started by bella, Sep 20, 2016.

  1. bella

    bella Member

    Joined:
    Aug 2, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Hampir setiap hari muncul pertanyaan dari calon nasabah, apakah program gadai bpkb digunakan untuk pembelian unit kendaraan secara kredit? Dan pada umumnya yang bertanya adalah masyarakat yang awam dunia kredit maupun pebisnis pemula showroom mobil bekas maupun motor. Dalam benak mereka kedua program ini sama. Padahal, esensinya jelas berbeda. Dan seperti yang sudah ditulis oleh situs Dana Jakarta terkait perbedaan gadai bpkb dengan kredit mobil, maka saat ini saya ingin jelaskan kepada member bersosial.
    Hal yang menyebabkan kedua program pinjaman tersebut tidak dapat dicampur penggunaannya terkait dengan mekanisme. Berikut ini alasannya:
    [​IMG]
    1. Program gadai bpkb mencairkan dana kepada konsumen. Sedangkan kredit pembelian mencairkan dana kepada showroom.
    2. Karena pencairan gadai membutuhkan syarat bpkb harus masuk dahulu ke leasing, apakah konsumen sudah memegang / memilikinya?
    3. Karena pencairan program gadai kepada pemohon / nasabah, apakah pihak showroom bersedia meminjamkan bpkbnya terlebih dahulu dan cairnya dana via konsumen bukan ke dirinya langsung? Saya yakin tidak mungkin bersedia terkait dengan resiko bisnis.
    Atas ketiga alasan yang saya rangkum dari situs Danajakarta tersebut, maka tidak mungkin dapat terjadi penggabungan kedua program tersebut. Apalagi keduanya menerapkan biaya pinjaman yang berbeda-beda fungsinya. Kalaupun ada yang mencoba dan berhasil, pasti karena keterkaitan antara konsumen dan pemilik showroom bersaudara. Tetapi hal ini bukan berlaku umum.
    Dari penjelasan di atas, program kepemilikan mobil dan motor secara kredit pasti memiliki persyaratan khusus yang berbeda dengan program pinjaman gadai. Diantaranya terjadi nota kesepahaman (MOU) antara pemilik showroom dengan kreditur. Sehingga cairnya dana bisa langsung ke showroom bukan ke nasabah.
     
    Last edited: Sep 20, 2016
  2. sylva25

    sylva25 New Member

    Joined:
    Oct 28, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    berarti untuk menggadaikan bpkb kendaraan syart utama bpkb harus masuk ke leasing dulu? kok ribet ya?
     
  3. sylva25

    sylva25 New Member

    Joined:
    Oct 28, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    baru tahu saya perbedaanny aseperti itu..terimakasih informasinya gan..saya jadi tahu sekarang
     
  4. suleman123

    suleman123 New Member

    Joined:
    Dec 21, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Iya juga ya, kenapa gadai BPKB tidak bisa untuk pembelian, saya tahunya gadai BPKB mobil atau motor itu bisa untuk ajukan pinjaman dana, lumayan bisa untuk usaha atau modal bisnis. Tapi memang ada syarat dan ketentuannya juga sih karena ini akan berhubungan dengan leasing.
     
Loading...

Share This Page