Teknologi Sistem Pembayaran, Bayar Pakai Wajah

Discussion in 'Online Business' started by Tirah Wawas, Dec 21, 2016.

Tags:
  1. Tirah Wawas

    Tirah Wawas Member

    Joined:
    Aug 22, 2016
    Messages:
    315
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Jakarta – Di Indonesia kita sering kali mendengar ada istilah ‘setor muka’ yang ditujukan sebagai bentuk hadir atau tidaknya seseorang. Namun, dengan teknologi sistem pembayaran yang saat ini tengah dikembangkan, maka kita pun akan dapat membayar sebuah transaksi menggunakan muka kita.

    Saat ini tentunya kita sudah mengetahui beragam bentuk fasilitas pembayaran non tunai, misalnya seperti pembayaran menggunakan kartu kredit, kartu debit, layanan dompet digital, dan lain-lain. Tentunya dengan adanya pembayaran non tunai ini sangat membantu kita dalam melakukan berbagai transaksi.

    Perusahaan raksasa di bidang teknologi informasi dari Jepang yaitu NEC tengah melakukan uji coba terhadap sebuah teknologi baru yang menggunakan verifikasi biometric untuk mengkonfirmasi sebuah pembayaran.

    Sistem biometric ini akan menggunakan teknologi pengenalan wajah, ketimbang menggunakan PIN sebagai bukti verifikasi untuk sebuah pembayaran, maka wajah yang akan digunakan untuk keperluan verifikasi.

    Uji cobanya sendiri telah dilakukan pada sekitar 1,400 pegawai dari dua perusahaan keuangan yang berbeda di Jepang. Uji coba telah dimulai pada awal bulan Desember ini dan akan berlangsung hingga akhir Januari 2017.

    Mungkin kedengarannya terlalu futuristik, tapi untuk teknologi verikasi biometric sendiri sudah banyak digunakan. Apple sudah mempopulerkan penggunakan pemindaian sidik jari pada iPhone 5S di tahun 2013 dan di tahun ini Samsung sudah menggunakan pemindaian retina pada Samsung Galaxy Note 7.

    Sebenarnya bukan hanya NEC saja yang mencari cara untuk memudahkan transaksi pembayaran. Di awal tahun ini saja, Visa juga telah memperkenalkan teknologi pembayaran dengan teknologi chip yang terpasang di mobil, sehingga dapat berkomunikasi langsung untuk melakukan transaksi pembayaran di tempat parking dan pom bensin.

    NEC mengklaim sistem identifikasi NeoFace adalah “produk identirikasi wajah yang paling akurat dan tercepat di dunia.” Semua data wajah akan tersimpan dalam bentuk informasi numerik, sehingga tidak akan ada jalan bagi pihak ketiga untuk mengidentifikasi wajah pengguna.

    Dengan banyaknya bisnis yang dijalankan di Jepang, NEC berharap teknologi ini siap untuk diperkenalkan pada Olimpiade Tokyo tahun 2020.(hh)
     
  2. Kardiman

    Kardiman New Member

    Joined:
    Aug 12, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  3. Kuncen

    Kuncen Member

    Joined:
    Nov 12, 2016
    Messages:
    164
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Waduhh,, teknologi semakin berkembang suanya serba aneh aneh ya :D
     
  4. Deti Tensai

    Deti Tensai Member

    Joined:
    Mar 7, 2017
    Messages:
    48
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    NEC Jepang bukannya perusahaan IT, dulu punya merk kompi built up juga tuh.. sekarang scanner wajah..
     
  5. stefan one

    stefan one Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    156
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Inilah kenyataan bahwa bisnis online akan makin marak, dan salut untuk yang sudah mulai, sekarang mulai kenal sistem dan yakin bahwa ketika makin canggih, anda sudah menjadi pemain kunci. Termasuk yang satu ini. Minimal jadi informan untuk yang baru akan mulai beberapa tahun yang akan datang.
     
  6. avirss

    avirss Member

    Joined:
    May 1, 2014
    Messages:
    220
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Saingan untuk sensor fingerprint
     
Loading...

Share This Page