4 Macam Keju yang Perlu Kamu Cicipi

Discussion in 'Health & Medical' started by brainking123, Dec 25, 2016.

  1. brainking123

    brainking123 New Member

    Joined:
    Dec 23, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Keju dibuat dari bahan baku susu, entah itu susu sapi, susu kambing atau susu kerbau. Keju pertama kali dibuat kawasan Timur Tengah, lebih tepatnya di kawasan sekitar perbatasan negeri Iraq, Syria dan Turki di zaman ini.

    Bukti sejarah tentang kapan persisnya keju pertama kali dibuat manusia sampai sekarang tidak ditemukan. Akan tetapi, beberapa ahli sejarah percaya kalau keju telah diolah nenek moyang kita dari delapan ribu tahun terakhir.

    Keju pertama kali dibuat karena ketidak sengajaan. Susu yang kelamaan dibungkus di kantung-kantung yang terbuat dari lambung kambing maupun hewan peternakan lainnya yang dikeringkan dan tersinari oleh cahaya matahari lama kelamaan berubah menjadi cairan yang pucat dengan gumpalan-gumpalan putih, sehingga merubah susu tersebut menjadi keju yang dikenal saat ini.

    Keju adalah satu jenis kuliner favorit. Keju dapat disantap secara langsung, dijadikan penambah cita rasa bagi bermacam-macam jenis kuliner, maupun dikombinasi dengan makanan apa pun. Keju menyimpan banyak sekali nutrisi yang jauh lebih banyak ketimbang kandungan zat gizi yang dimiliki oleh susu. Itu terbukti karena 0,45 kg keju saja, terdapat kandungan manfaat yang sesuai dengan satu galon susu.

    Ternyata, terdapat beberapa jenis keju yang pernah diciptakan. Jenis-jenis keju ini tak semata berasal dari 1 negeri saja. Penasaran? Berikut macam-macam keju yang pernah dibuat di berbagai negeri, dan dengan beda di antaranya.

    Keju Cheddar

    Keju cheddar ialah salah satu keju yang paling populer. Cheddar adalah nama yang terinspirasi dari tempat asal keju ini ditemukan, yakni Ds. Cheddar di Somerset, Inggris. Keju Cheddar sangat populer di Indonesia. Di tanah air ini, keju Cheddar sangat sering digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue, roti isi dan juga sebagai pelengkap masakan.

    Keju Cheddar merupakan keju yang relatif padat, memiliki warna kuning pudar sampai cenderung putih, dan kadang kala memiliki cita rasa yang kuat. Keju cheddar mempunyai kandungan lemak sampai 48 %.

    Keju Mozarella

    Keju mozarella pun pasti banyak dijumpai dan tak jarang pula digunakan ketika memasak. Keju mozarella pertama kali ditemukan di Italia. Dinamakan Mozarella karena dalam membuatnya keju ini diputar dan dipotong-potong (mozzare).

    Teksturnya lembut dan mudah dibentuk, namun ada pula yang agak keras dan sering kali berwarna putih atau kekuningan. Keju mozzarella biasa dimanfaatkan untuk dijadikan toping ketika membuat pizza, pasta panggang, macaroni schotel, dan macam-macam makanan panggang lainnya karena keju mozzarella akan melting dan menciptakan rasa yang sangat lezat.

    Keju Parmesan

    Keju Parmesan merupakan keju asli Italia, tepatnya kota Parma. Keju parmesan dipasarkan dalam beberapa wujud, ada yang masih berbentuk keras dan ada yang telah dijadikan seperti serbuk. Wujudnya padat dan cukup keras disebabkan proses pemeramannya cukup sangat lama, ada yang hingga bertahun-tahun dan pastinya aromanya begitu kuat.

    Kadang kala keju ini dimanfaatkan sebagai toping di atas spaghetti, pizza, makroni dan juga dicampurkan dengan keju mozarella yang aromanya kurang kuat.

    Keju Emmenthal

    Emmental, Emmentaler, Emmenthal, atau Emmenthaler adalah keju khas Swiss yang diciptakan menggunakan susu sapi segar serta terdapat lubang-lubang yang ukurannya cukup besar. Keju Emmenthaler disebut dengan julukan "keju Swiss" di negara Amerika, walaupun keju Swiss tidak hanya merujuk kepada Emmenthaler.

    Keju ini mendapatkan namanya dari daerah asalnya yakni lembah Emme yang berada di Canton Bern. Keju yang menyerupai Emmental di Norwegia dikenal dengan nama Jarlsberg.
     
    katon and Rendi Rafli like this.
  2. Rendi Rafli

    Rendi Rafli Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    231
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    Cukup membuat ngiler gan :D
     
  3. iwansetiawan

    iwansetiawan Member

    Joined:
    Sep 7, 2014
    Messages:
    55
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Salah satu makanan kesukaan saya, gan. :p
     
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Kalau di dalam negeri kayaknya belum ada yang produksi keju senikmat itu yah,,,
     
Loading...

Share This Page