Cedera Hamstring? Ini Penyebabnya!

Discussion in 'Health & Medical' started by Aldi Sutanto, Dec 29, 2016.

  1. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    376
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    hai semuanya, izin share informasi kesehatan ya.

    Anda, termasuk saya, pasti pernah merasakan "otot ketarik" kan? Kadang suka sangat menyebalkan kalau kita lagi beraktivitas, lalu tiba-tiba otot ketarik. Rasanya jadi malas melanjutkan aktivitas karena merasa otot sedang tidak fit.

    Untuk itu, yuk pahami lebih lanjut, apasih itu otot ketarik atau bahasanya ilmiahnya adalah cedera hamstring. Artikel ini disadur dari artikel "Terungkap! Penyebab Cedera Hamstring Anda". Semoga bisa mencerahkan ya :)

    [​IMG] "Pernahkah Anda mengalami otot tertarik? Hmm.. Jika pernah mungkin hal itu sama dengan yang saya alami tadi pagi ketika jogging. Saya akui memang pemanasan yang saya lakukan belum maksimal, malah cenderung sangat kurang. Dan benar.. Akibatnya ditengah jalan otot saya tiba-tiba tertarik. Sangat sakit karena terkena cedera hamstring!

    Kondisi yang seperti saya alami ini biasanya terjadi pada bagian otot paha/ hamstring sehingga biasa disebut cedera hamstring. Setelah saya cari tahu, cedera ini bisa menyebabkan kerusakan pada otot paha, baik sebagian maupun seluruhnya. Biasanya cedera hamstring akan terjadi saat seseorang melakukan aktivitas yang melibatkan proses berlari dan kemudian berhenti tiba-tiba. Persis yang saya alami tadi pagi.

    Tidak hanya ketika sedang jogging saja, cedera ini biasa terjadi ketika bermain sepakbola, basket, rugbi, tenis, atau bisa saja ketika sedang aerobik. Sudah banyak atlet yang mengalami cedera hamstring, bahkan tidak sedikit yang harus berhenti berkompetisi di lapangan karena cederanya terlalu parah.

    Penyebab Cedera Hamstring
    Berdasarkan riset yang saya lakukan dari beberapa buku kesehatan dan artikel kesehatan, otot hamstring merupakan kumpulan tiga otot yang memanjang dari pinggul hingga lutut. Otot-otot ini membuat seseorang dapat meluruskan kaki ke belakang dan menekukkan lutut. Jika salah satu dari tiga otot ini merenggang di luar batas, maka cedera pun bisa terjadi.

    Cedera hamstring biasanya ditandai dengan nyeri di paha belakang yang berlangsung tiba-tiba ketika beraktivitas. Selain itu otot akan terasa seperti robek, ada pembengkakan dan terasa lunak dalam beberapa jam setelah cedera terjadi. Bagian belakang kaki pun nampak lebam atau berubah warna. Tak hanya itu, otot pun akan melemah sehingga kaki tidak mampu mengangkat badan.

    Jika mengalami cedera ini, maka sebaiknya Anda langsung memeriksa kaki Anda ke dokter. Ketika proses pemeriksaan untuk mendiagnosis cedera hamstring, biasanya Anda akan melakukan proses wawancara terlebih dahulu untuk mengetahui informasi riwayat kesehatan. Setelah itu akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pencitraan menggunakan rontgen atau MRI.

    Macam Cedera Hamstring dan Penyembuhan Cedera Hamstring
    Cedera pada otot paha ini bisa dibagi menjadi tiga kategori, yaitu ringan, sedang, dan parah. Pada cedera ringan, otot hamstring akan tertarik dan hanya kehilangan sedikit kekuatan, sehingga bisa sembuh dengan cepat. Sedangkan untuk cedera yang sedang ditandai dengan robeknya satu atau dua otot hamstring. Kondisi ini akan menimbulkan nyeri dan hilangnya sebagian kekuatan otot. Nah, pada cedera hamstring parah akan terjadi ketika seluruh otot hamstring robek, baik robek pada serat otot maupun robek dari pangkal tulang (avulsion). Ketika mengalami cedera parah, Anda akan merasakan sakit yang luar biasa dan otot akan kehilangan hampir seluruh kekuatannya. Cedera ini memerlukan waktu berbulan-bulan untuk sembuh, bahkan untuk hamstring avulsion membutuhkan operasi untuk bisa sembuh.

    Untuk cedera hamstring ringan, Anda cukup mengobatinya di rumah saja. Anda bisa melakukan tips seperti berikut:
    1. Istirahatkan kaki ketika serangan rasa nyeri pada otot paha mulai terasa. Jika sedang berlari, atur irama henti secara perlahan agar otot tidak terkejut. Ingat! Jangan berhenti mendadak.
    2. Jika rasa sakit tidak mereda, maka kompres dengan es batu pada bagian yang cedera. Gunanya agar otot kembali rileks.
    3. Lilit perban elastis pada bagian otot paha yang cedera untuk menghindarkan terjadinya pembengkakan.
    4. Gunakan tongkat ketika berjalan agar beban tubuh bertumpu pada tongkat, bukan pada kaki.
    5. Melakukan perenggangan ringan pada kaki setiap pagi dan sore hati.
    6. Melakukan terapi fisik berdasarkan saran dokter.
    7. Melakukan operasi pembedahan untuk memperbaiki struktur otot yang rusak jika dibutuhkan.
    Namun, jika cedera hamstring sudah parah harus cepat dibawa ke dokter. Cedera Anda bisa dikatakan parah jika kaki sudah tidak dapat menanggung berat badan. Anda juga tidak bisa berjalan lebih dari empat langkah tanpa rasa sakit yang signifikan, atau bisa saja mati rasa pada bagian kaki yang mengalami cedera. Selain itu akan terlihat memar kemerahan yang menyebar di sekitar cedera.

    Cedera pada otot hamstring ini memang bisa terjadi secara tiba-tiba ketika Anda sedang beraktivitas. Awalnya, Anda akan merasa nyeri pada bagian paha belakang, kemudian otot akan terasa seperti robek dan ada pembengkakan di bagian yang terkena cedera. Jika sudah parah akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses penyembuhan. Untuk itu, Anda perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum beraktivitas berat, seperti saat akan olahraga, supaya mencegah cedera hamstring ini."
     
  2. iwansetiawan

    iwansetiawan Member

    Joined:
    Sep 7, 2014
    Messages:
    55
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    pernah nih saya waktu lari dan karena kurang pemanasan, akhirnya harus istirahat dua minggu.
     
  3. Baihaqi

    Baihaqi Member

    Joined:
    Dec 26, 2016
    Messages:
    67
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    8
    Hamstring itu apa si gan? *boring*
     
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,217
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Saya pernah mengalami seperti ini, dulu waktu di tempat kerja ada lomba panco dan otot tangan kanan seperti ketarik dan terasa sakit sekali, hingga kini belum ada pengobatan sih,, tapi kayaknya dah sembuh hanya tak kasih balsem doank,,,
     
  5. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Saya pernah juga mengalaminya pada waktu main futsal sama temen kerja, memang sudah lama sekali gak main futsal terus begitu main tanpa pemanasan, langsung geber aja,,,,
    Hikmahnya sekarang saya kalau mau olahraga apapun harus pemanasan yang cukup, kapok kalau sampai otot ketarik,,,*bagus*
     
  6. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    376
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Hamstring itu tiga kelompok otot yang ada di bagian belakang paha gan. Kadang kalau kita kurang pemanasan sebelum olahraga, daerah ini rawan "ketarik".

    Saya juga pernah gan waktu itu lagi mau futsal asal langsung ke lapangan aja, eh ditengah permainan langsung ketarik otot saya hehehe memang baiknya kita harus pemanasan dulu gan, apalagi kalau olahraganya banyak menarik otot.
     
Loading...

Share This Page