Ketahui Penyebab Flu Perut Pada Balita

Discussion in 'Health & Medical' started by rismawan, Jan 21, 2017.

  1. rismawan

    rismawan Member

    Joined:
    Jan 22, 2016
    Messages:
    151
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Flu perut atau sering juga disebut dengan gastroenteritis merupakan salah satu penyakit menular yang menyebabkan perdangan pada sistem pencernaan khsusnya pada lambung dan usus halus. Terjadinya infeksi pada dinding saluran pencernaan disebabkan oleh berbagai virus dan bakteri. Ya virus dan bakteri yang sering menjadi penyebab flu perut yaitu rotavirus, adenovitus, calicivirus, dan astrovirus. Pemilihan obat gastroenteritis untuk anak tentunya akan sangat membantu dalam hal ini.

    [​IMG]

    Pada anak balita ataupun orang yang memiliki imunitas rendah penyakit gastroenteritis akan meningkatkan gejala parah. Dieketahui anak dan balita masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka tidak heran jika penyakit flu ini sangat mudah menyerang bayi dan anak balita. Umumnya penyakit flu perut pada anak banyak menyerang anak antara usia 3 bulan hingga 3 tahun. Adapun gejala yang paling umum dari flu perut yaitu diare. Diare yang disertai dengan muntah biasanya akan terjadi selama 1 minggu. Namun dalam kondisi penyakit gastroenteritis parah maka akan bertahan hingga beberapa minggu. Selain diare gejala lainnya dari flu perut yaitu kram perut, demam, sakit kepala, hingga lesu atau lemah.

    Telah di sebutkan sebelumnya jika penyebab dari penyakit flu ini yaitu berbagai virus atau bakteri. Namun 90% kasus flu perut pada bayi dan anak di sebabkan oleh virus rotavirus. Beberpa bakteri yang ikut andil menyebabkan gastroenteritis yaitu Salmonella, Shigella, Staphylococcus, Campylobacter, dan E. Coli. Penularannya pu di nilai sangat cepat sama halnya dengan virus influenza. Mengkonsumsi makanan kotor hingga tidak mencuci tangan sebelum makan maka akan meningkatkan penyakit flu perut ini.

    Tentunya penanganan yang tepat dengan memberikan obat flu perut anak akan sangat membantu menyembuhkan gastroenteritis lebih cepat. Namun ingat barengi juga dengan memberikan asupan cairan untuk mencegah dehidrasi pada anak.
     
  2. Odenk

    Odenk New Member

    Joined:
    Jan 21, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    flu perut juga bisa menyerang orang dewasa juga yah ... wah bener2 takut nih
     
Loading...

Share This Page