Ciri-ciri Keputihan

Discussion in 'Health & Medical' started by jono afandi, Nov 2, 2016.

  1. jono afandi

    jono afandi Member

    Joined:
    Oct 10, 2016
    Messages:
    76
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    Bismillah ini post ke dua :D


    Keputihan adalah kombinasi cairan dan sel-sel yang terus di keluarkan oleh vagina, keputihan ada yang normal dan ada juga yang tidak normal, artikel kami kali ini akan membahas mengenai ciri-ciri keputihan normal dan abnormal (tidak normal), minimnya pengetahuan mengenai ciri-ciri keputihan normal dan abnormal membuat para wanita panik dan stress, padahal stres dapat memicu meningkatnya hormone esterogen, sehingga keluarnya keputihan lebih banyak.

    Ciri-ciri keputihan normal

    Keputihan yang normal itu sangat wajar dialami para wanita, seperti munculnya keputihan saat menjelang menstruasi itu terbilang normal, dan akan berhenti ketika menstruasi berlangsung, keputihan juga akan muncul ketika selesai menstruasi biasanya itu terjadi 3-5 hari setelah menstruasi. Berikut kami akan menjelaskan ciri-ciri keputihan normal yang menimpa wanita.

    · Keputihan tidak menimbulkan bau.

    · Jika dipegang, kekstur keputihan seperti lendir berwarna putih.

    · Keputihan jika dipegang tidak lengket.

    · Normalnya keputihan tidak meninggalkan bekas pada celana dalam.

    · Ketika keputihan berlangsung, anda tidak merasakan nyeri panggul.

    · Jumlah keputihan normal banyak.

    Keputihan yang normal ini disebabkan beberapa faktor berikut ini:

    · Perubahan siklus menstruasi setiap bulannya, ketika mendekati siklus menstruasi keputihan akan meningkat, jarak waktu sebelum menstruasi itu bisa 3-7 hari sebelum menstruasi. Dan akan muncul lagi ketika menstruasi selesai, waktunya bisa sampai 3-5 hari setelah menstruasi.

    · Perubahan hormone juga mempengaruhi terjadinya keputiha.

    · Kehamilan juga akan mempengaruhi munculnya keputihan, karena ketika dalam keadaan hamil hormon akan berubah, keputihan saat hamil berbeda, keputihan saat hamil itu berwarna kemerahan.

    · Penggunaan pil KB, dengan penggunaan pil KB hormon akan dipaksa berubah, perubahan hormon ini menybabkan keputihan muncul seperti flek putih atau kecoklatan, tetapi jika anda mengalami hal ini sebaiknya anda memeriksakan diri kedokter agar lebih tahu pastinya.

    · Gairah seksual yang meninggi pada perempuan juga memicu terjadinya keputihan.

    Baca Juga : Endometriosis

    Ciri-ciri Keputihan Abnormal

    Keputihan yang tidak normal dalam Bahasa ilmiah adalah keputihan patologis, keputihan seperti ini harap diwaspadai keadaannya karena dapat menyebabkan komplikasi ke penyakit lainnya dan yang paling parah itu dapat menyebabkan kanker serviks. Keputihan yang tidak normal disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, virus, tumor atau iritasi. Berikut adalah keputihan yang wajib anda waspadai kemunculannya.

    · Keputihan berwarna coklat, keputihan jenis ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan akan terasa gatal, dan sakit pada perut. Penyakit-penyakit yang sering dikaitkan dengan keputihan jenis ini adalah vaginitis.

    · Keputihan berwarna hijau, ini keputihan yang sudah sangat parah karena menimbulkan bau busuk serta gatal, dapat memicu penyakit trikomonas, infeksi serviks.

    · Keputihan berwarna kuning, akan menimbulkan bau dan terasa nyeri pada perut.

    · Keputihan keluar dalam jumlah yang banyak, tidak dalam fase menstruasi.

    · Keputihan berwarna merah muda, keadaan seperti ini biasanya terjadi setelah melahirkan baik itu melahirkan secara normal dan operasi.

    · Cairan keputihan berwarna putih susu, dan kental kekuningan. Gejalanya terasa bengkak pada vagina, nyeri dan gatal, dan terasa sakit saat berhubungan seksual.

    · Cairan yang dikeluarkan berwarna abu-abu gelap, tapi terkadang berwarna kuning, menimbulkan bau yang sangat amis. Pada bagian vagina akan terasa terbakar, gatal, vagina berwarna merah, terjadi pembengkakan pada vagina.

    keputihan yang bersifat patologis atau tidak normal dipicu oleh kondisi vagina yang lembap dan tidak bersih. Biasanya, ini terjadi karena setelah buang air kecil langsung menggunakan celana dalam tanpa dilap atau dikeringkan dulu, atau tidak mengganti pembalut, tampon, dan panty liner sepanjang hari.

    Pengobatan Keputihan Abnormal

    Pengobatan keputihan yang abnormal dianjurkan harus sesuai dengan dokter, tetapi tidak sedikit juga pengobatan keputihan abnormal dapat dilakukan sendiri, dengan catatan keputihan abnormal anda dalam tahap yang belum begitu parah, seperti keputihan berwarna hijau atau abu-abu, keadaan seperti ini harus melalui konsultasi medis. Berikut kami akan menjelaskan perawatan alami bagi keputihan abnormal.

    · Dengan cara mengkompres vagina menggunakan air dingin dapat menghilangkan keputihan dan rasa gatal.

    · Dengan mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi infeksi bakteri yang terdapat di dalam vagina anda.

    · Ketika keputihan berlangsung anda harus menjaga kelembaban vagina agar jamur tidak berkembang, dengan cara rajin mengganti pakaian dalam, minimal 3 kali dalam sehari.

    · Konsumsilah vitamin c dan makan sehat yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

    · Ketika keputihan berlangsung, hindarilah berhubungan seksual.

    Masih banyak lagi penjelasan mengenai pengobatan keputihan secara medis maupun secara alam, yang tidak dapat penulis sebutkan dan jelaskan satu persatu.

    Pencegahan Keputihan

    · Anda harus menerapkan pola hidup sehat dan diseimbangkan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

    · Tidak melakukan hubungan seksual secara terus-menerus dengan berbeda pasangan.

    · Menjaga kebersihan di daerah vagina.

    · Hindari pembersih vagina yang berbahan kimia yang dapat membunuh bakteri-bakteri baik yang menyeimbangkan keasaman pada vagina.

    · Gantilah pakaian dalam anda 3 kali dalam sehari, agar kelembabpan daerah vagina dapat teratasi.

    · Ketika didalam periode menstruasi gantilah pembalut anda 3-4 jam sekali dan jangan menunggu pembalut penuh.

    · Hindari pembersihan vagina menggunakan tissue, atau membubukkan bedak pada vagina itu semua dapat menyebabkan iritasi pada vagina.

    · Jangan stress dan bekerja terlalu berat, karena dapat meningkatkan hormon sehingga memicu terjadinya keputihan.


    Semoga bermanfaat untuk kalian para wanita, kan kalian para pria untuk dikasih tau ke cewe-cewe kalian :D
     
  2. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    keputihan yang berwarna kekuningan juga menyebabkan gatal-gatal gan :(
     
  3. Hary Ahmad

    Hary Ahmad New Member

    Joined:
    Jan 21, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
Loading...

Share This Page