Tips Mencegah Penyakit Asam Lambung Agar Tidak Kambuh

Discussion in 'Health & Medical' started by Fitria Nursalis, Feb 3, 2017.

  1. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    GERD singkatan dari Gastroesophageal reflux disease atau penyakit saluran pencernaan yang terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus (refluks). Akibatnya, penderita GERD atau Asam Lambung Tinggi bisa mual dan muntah. Asam lambung yang naik juga bisa mengiritasi esofagus dan menimbulkan rasa panas di dada (heartburn) dan leher.

    Beberapa penyebab yang memicu naiknya asam lambung bervariasi pada tiap orang. Tapi, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi, menyingkirkan ataupun mencegah kambuhnya asam lambung tinggi, seperti saran-saran dibawah ini.

    1. Perhatikan Kualitas Tidur Anda


    Sebuah tinjauan dari 100 studi ilmiah melihat ada hubungan antara gaya hidup dengan gejala naiknya asam lambung. Salah satunya adalah cara tidur.

    Bagaimana Anda tidur adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengontrol gejala refluks lebih daripada modifikasi pola makan. Tidur dengan kepala tempat tidur ditinggikan (atau tubuh Anda sedikit disangga bantal) akan mengurangi kekambuhan gejala GERD.

    2. Menurunkan berat badan

    Berat badan yang berlebihan, mengganggu banyak sistem keseimbangan di dalam tubuh Anda, yang mengarah ke masalah kesehatan, baik kecil ataupun besar, termasuk gangguan refluks.

    Jika Anda memilih untuk menurunkan berat badan melalui diet karbohidrat, ada satu studi yang menunjukkan, bahwa enam hari setelah melakukan diet ini, penderita sudah akan merasakan manfaatnya.

    3. Makan dalam porsi kecil


    Makan dalam porsi besar akan menyebabkan perut Anda lebih meregang. Ini memberikan beban tambahan pada otot yang menghubungkan perut ke kerongkongan (LES). Walhasil, kemungkinan munculnya gejala akan meningkat. Makanlah 3-4 kali dengan porsi lebih kecil dan merata setiap hari.

    Pedoman ini sangat penting, karena makan tiga kali makan porsi kecil dan satu kali makan besar tidak akan menguntungkan Anda.

    4. Minum air putih yang cukup


    Meminum air putih yang cukup memang sangat menyehatkan tubuh, selain dapat menetralkan racun yang di dalam tubuh. Air putih juga dapat meredakan sakit maag, hal ini karena racun dan bakteri pada lambung akan terbuang bersama air seni yang Kita keluarkan.

    5. Konsumsi makanan yang mudah dicerna

    Tips selanjutnya agar sakit maag tidak kambuh lagi yakni dengan mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna. Seperti Brokoli, Kol, Lidah buaya, Bubur, Buah pisang, Wortel dan Kunyit.

    6. Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung


    Ada beberapa makanan dan minuman yang dilarang untuk penderita penyakit maag ataupun asam lambung seperti Gorengan, Susu olahan yang tinggi lemak, coklat, keju, produk hasil fermentasi, Buah-buahan yang mengandung gas (nanas, durian, rambutan, nangka,dll), Minuman bersoda, Kopi dan teh. Selain dapat membuat sakit maag kambuh kembali, makanan tersebut juga dapat meningkatkan asam lambung.

    7. Hindari dan STOP merokok


    Esopagus bagian bawah akan berkurang kinerjanya manakala Anda merokok. Jadi tidak ada ruang bagi perokok untuk mendapatkan kebaikan. Semua dokter sepakat akan hal itu karena merokok tidak ada manfaatnya dan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda jangka panjang, salah satunya merokok dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung. Berhenti merokok mulai saat ini juga untuk meningkatkan kesehatan Anda.

    8. Kunyah permen karet non-pepermint


    Permen karet menyebabkan mulut memroduksi lebih banyak air liur, yang dapat membantu menetralkan dan menyeimbangkan pH lambung. Tetapi, Anda harus menghindari permen rasa peppermint.

    Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan, bahwa peppermint dapat mengurangi kekuatan kontraksi otot LES. Padahal, otot perlu berkontraksi sehingga asam lambung tidak naik ke kerongkongan Anda.

    Itulah beberapa Tips Mencegah Asam Lambung Kambuh, semoga bisa membantu Anda baik yang sedang berusaha mengobati keluhan asam lambung tinggi atau Anda yang sedang melakukan pencegahan supaya terhindar dari penyakit GERD atau asam lambung tinggi.

    Bagi Anda yang saat ini merasakan gejala dari penyakit asam lambung tinggi, baiknya segera melakukan proses pengobatan sejak dini, sebelum terjadi komplikasi dan gejala penyakit yang lebih parah.

    Jangan lupa share artikel "Tips Mencegah Asam Lambung Kambuh" ini kepada keluarga atau teman Anda yang membutuhkan. Salam sehat dan semoga lekas sembuh !
     
  2. Lisa nitaria

    Lisa nitaria New Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    kalo nggak salah sih sawi juga perlu dihindari karena mengandung gas...
     
Loading...

Share This Page