Kenal Lebih Dalam Apa Itu Penyakit Leukimia

Discussion in 'Health & Medical' started by T.Guharto, Feb 2, 2017.

  1. T.Guharto

    T.Guharto Member

    Joined:
    Jan 31, 2017
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    [​IMG]
    img source: Terapi Lintah Guharto
    Apa sih Leukimia?
    Leukimia adalah penyakit kanker yang menyerang sel-sel darah pada tubuh manusia. Ada beberapa kategori dari sel-sel darah, termasuk sel-sel darah merah (Eritrosit), sel darah putih (Leukosit), dan keping darah (Trombosit), dan pada umumnya, leukemia terjadi pada zona sel darah putih atau Leukosit.

    Leukosit adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh Anda. Mereka melindungi tubuh Anda dari invasi oleh bakteri, virus, dan jamur, serta dari sel-sel abnormal dan zat asing lainnya. Pada leukemia, leukosit tidak berfungsi seperti leukosit normal. Mereka juga dapat membagi terlalu cepat dan akhirnya mendesak sel-sel normal.

    Leukosit sebagian besar diproduksi di sumsum tulang, tetapi beberapa jenis leukosit juga dibuat dalam kelenjar getah bening, limpa, dan kelenjar timus. Setelah terbentuk, leukosit beredar ke seluruh tubuh Anda dalam darah Anda dan getah bening, berkonsentrasi dalam kelenjar getah bening dan limpa.

    Apakah Leuikima ada jenisnya?
    Timbulnya leukemia dapat Akut (tiba-tiba / mendadak) atau Kronis (bertahap / lambat) kronis. Pada leukemia akut, sel-sel kanker berkembang biak dengan cepat. Pada leukemia kronis, penyakit berlangsung lambat dan gejala awal mungkin sangat ringan.

    Leukemia juga diklasifikasikan menurut jenis sel. Leukemia melibatkan sel-sel myeloid disebut leukemia myelogenous. Sel-sel myeloid adalah sel darah yang belum matang yang biasanya akan menjadi granulosit atau monosit. Leukemia melibatkan limfosit disebut leukemia limfositik.

    Inilah 4 jenis Leukimia yang lazim ditemui:
    1. AML (Acute Myelogenous Leukemia).
    Leukemia Myelogenous Akut (AML) dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Menurut National Cancer Institute (NCI), sekitar 21.000 kasus baru AML didiagnosis setiap tahun di Amerika Serikat. Ini adalah bentuk paling umum dari leukemia.

    2. ALL (Acute Lymphocytic Leukemia).
    Kebanyakan kasus terjadi pada anak-anak. Sekitar 6.000 kasus baru SEMUA yang didiagnosis setiap tahunnya.

    3. CML (Chronic Myelogenous Leukemia).
    Leukimia jenis ini banyak menyerang orang dewasa bahkan remaja pada masa puber. Sekitar 7.000 kasus baru CML yang didiagnosis setiap tahunnya.

    4. CLL (Chronic Lymphocytic Leukemia).
    Untuk jenis yang satu ini, banyak menyerang pada usia di atas 55 tahun. Sangat jarang terjadi kasus terhadap anak-anak selama catatan medis tercipta. Sekitar 15.000 kasus baru CLL yang didiagnosis setiap tahunnya.​

    Bebebrapa Faktor Penyebab Timbulnya Penyakit Leuikima.
    • Riwayat keluarga mempunyai penyakit leukemia.
    • Merokok, meningkatkan resiko terkena Leukimia AML.
    • Kelainan genetik seperti Down Sindrom.
    • Kelainan darah, seperti Myelodysplastic Sindrom, yang kadang-kadang disebut “Preleukemia”.
    • Efek pengobatan sebelumnya untuk kanker dengan kemoterapi atau radiasi.
    • Paparan radiasi tingkat tinggi.
    • Paparan bahan kimia seperti benzena
    Gejala-Gejala Penyakit Leukimia.
    • Keringat berlebihan, terutama pada malam hari (disebut “berkeringat di malam hari”)
    • Kelelahan dan kelemahan yang tidak mudah hilang dengan beristirahat panjang.
    • Penurunan berat badan yang tidak disengaja.
    • Rasa nyeri pada tulang yang sangat menyakitkan.
    • Pembengkakan pada kelenjar getah bening (terutama di leher dan ketiak).
    • Pembesaran hati atau limpa.
    • Bintik-bintik merah pada kulit, yang disebut petechiae.
    • Perdarahan dan mudah memar.
    • Mudah mengalami infeksi.
    • Demam tinggi dan menggigil pada tubuh.
    Leukemia juga dapat menyebabkan gejala pada organ yang telah disusupi atau dipengaruhi oleh sel-sel kanker. Misalnya, jika kanker menyebar ke sistem saraf pusat, hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, mual dan muntah, kebingungan, kehilangan kontrol otot, dan kejang.

    Leukemia juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda, seperti:
    • Paru-paru
    • Saluran pencernaan
    • Jantung
    • Ginjal
    • Testis
    Bagaimana Cara Mengetahui Kita Terdampak Penyakit Leukimia ini.
    Leukemia dapat didiagnosa jika Anda memiliki faktor risiko tertentu, atau gejala yang terkait. Dokter Anda akan mulai dengan sejarah yang lengkap dan pemeriksaan fisik, tetapi leukemia tidak dapat sepenuhnya didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Sebaliknya, dokter akan menggunakan tes darah, biopsi, dan studi pencitraan untuk mendiagnosa tubuh Anda.

    A. Pengetesan
    Ada sejumlah tes yang berbeda yang dapat digunakan untuk mendiagnosa leukemia. Menghitung darah secara lengkap, menentukan jumlah sel darah merah, leukosit, dan trombosit dalam darah. Melihat darah di bawah mikroskop juga dapat menentukan apakah sel-sel memiliki penampilan yang abnormal.

    Pengetesan dengan biopsi jaringan dapat diambil dari sumsum tulang atau kelenjar getah bening untuk mencari bukti leukemia. sampel kecil ini dapat mengidentifikasi jenis leukemia dan tingkat pertumbuhannya. Biopsi dari organ lain seperti hati dan limpa dapat menunjukkan apakah kanker telah menyebar.

    B. Pementasan.
    Kata “Pementasan” dalam istilah kasus ini adalah: Menentukan tahap, sehingga ahli / dokter dapat memilih jalan yang tepat untuk dilakukan, upaya untuk melakukan penyembuhan pada pasien.

    Setelah leukemia didiagnosis, itu akan dipentaskan. Pementasan membantu dokter menentukan prognosis Anda. AML dan ALL yang dipentaskan berdasarkan bagaimana sel-sel kanker terlihat di bawah mikroskop dan jenis sel yang terlibat. ALL dan CLL yang dipentaskan berdasarkan pada hitungan Sel Darah Putih pada saat diagnosis. Kehadiran sel-sel yang belum matang darah putih, atau myeloblast, dalam darah dan sumsum tulang juga digunakan untuk tahap AML dan CML.

    C. Penilaian.
    Sejumlah tes lainnya dapat dijalankan untuk menilai perkembangan penyakit, seperti:

    • Arus cytometry untuk meneliti DNA dari sel-sel kanker dan menentukan laju pertumbuhan mereka.
    • Tes pada fungsi hati menunjukkan apakah sel-sel leukemia mempengaruhi atau menyerang hati.
    • Lumbar Puncture, dilakukan dengan memasukkan jarum tipis antara tulang belakang dari punggung bawah Anda. Hal ini memungkinkan dokter untuk mengumpulkan cairan tulang belakang dan menentukan apakah kanker telah menyebar ke sistem saraf pusat.
    • Pencitraan tubuh, seperti X-ray, ultrasound, dan CT scan, dapat membantu ahli / dokter untuk melihat kerusakan organ-organ lain yang disebabkan oleh leukemia.
    Mengobati Penyakit Leukimia.
    Leukemia biasanya diobati oleh ahli hematologi-onkologi. Ini adalah dokter yang mengkhususkan diri pada gangguan darah dan kanker. Pengobatan tergantung pada jenis dan stadium kanker. Beberapa bentuk leukemia tumbuh lambat dan tidak memerlukan perawatan segera. Namun, pengobatan untuk leukemia biasanya melibatkan satu atau lebih hal berikut:

    • Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel leukemia. Tergantung pada jenis leukemia, Anda mungkin mengambil baik obat tunggal atau kombinasi obat yang berbeda.
    • Terapi radiasi menggunakan radiasi berenergi tinggi untuk merusak sel-sel leukemia dan menghambat pertumbuhan mereka. Radiasi dapat diterapkan untuk daerah tertentu atau untuk seluruh tubuh Anda.
    • Transplantasi sel induk menggantikan sumsum tulang yang sakit dengan sumsum tulang yang sehat, baik sendiri (transplantasi autologous) atau dari donor (transplantasi allologous). Prosedur ini juga disebut transplantasi sumsum tulang.
    • Terapi biologis atau kekebalan tubuh menggunakan perawatan yang membantu sistem kekebalan tubuh Anda mengenali dan menyerang sel kanker.
    • Terapi Target menggunakan obat-obatan yang mengambil keuntungan dari kerentanan dalam sel-sel kanker. Misalnya, imatinib (Gleevec) adalah obat yang ditargetkan yang biasa digunakan terhadap CML.
    Cara-cara di atas memang terbilang pengobatan yang tidak main-main, selain keinginan untuk hidup, biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pengobatan seperti di atas, sangatlah menguras kocek anda. Meskipun hasilnya belum 100% bahkan 50% akan sembuh, namun untuk layak untuk dicoba.

    Karena faktor uang yang begitu tinggi tersebut, banyak penderita Kanker yang tidak sanggup untuk mengikuti pengobatan Modern model di atas, dan sudah bisa dipastikan mereka akan kehilangan daya untuk bertahan hidup dan akhirnya menyerah dengan keadaan.

    Dalam hal ini Terapi Lintah Guharto menawarkan pengobatan Terapi Lintah Hirudo untuk mengobati penyakit Leukimia yang anda derita. Memang tingkat kesembuhannya tidak besar, namun dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia dengan Zat Hirudin yang ada pada liur pada Lintah, serta beberapa obat-obatan herbal seperti Spray Hirudo, Minyak Lintah, Lempung Laut Guharto, dll, yang mampu memperbaiki sel darah putih dalam darah agar bisa berfungsi dengan maksimal.

    Prospek Jangka Panjang.
    Prospek jangka panjang dan prognosis untuk orang yang memiliki leukemia tergantung pada jenis kanker yang mereka miliki dan panggung mereka di diagnosis. Leukemia cepat didiagnosis dan lebih cepat itu diperlakukan, semakin baik kesempatan pemulihan. Beberapa faktor, seperti usia yang lebih tua, riwayat kelainan darah, dan mutasi kromosom, negatif dapat mempengaruhi prognosis Anda.

    Menurut NCI (artikelnya: www[dot]cancer[dot]gov/research/progress/snapshots/leukemia), tingkat kematian keseluruhan untuk leukemia telah jatuh sekitar 1 persen setiap tahun selama dekade terakhir. Dari tahun 2005 hingga 2011, tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk pasien leukemia adalah 58,5 persen. Namun, penting untuk dicatat bahwa angka ini termasuk orang dari segala usia dan dengan segala bentuk leukemia. Ini bukan prediksi dari hasil untuk setiap satu orang. Bekerja dengan tim medis untuk mengobati leukemia, dan ingat bahwa situasi setiap orang berbeda.
     
    Muhamad Arifin.A likes this.
  2. T.Guharto

    T.Guharto Member

    Joined:
    Jan 31, 2017
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Karena Leukimia termasuk dalam kategori Kanker, kemungkinannya masih ada Den Peki Putra
     
  3. T.Guharto

    T.Guharto Member

    Joined:
    Jan 31, 2017
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Sama-sama Den Peki Putra semoga bermanfaat
     
Loading...

Share This Page