Tips membeli kelinci yang bagus

Discussion in 'Pets' started by tokobale, May 13, 2016.

  1. tokobale

    tokobale Member

    Joined:
    Apr 24, 2016
    Messages:
    70
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    May 13, 2016 tokobale


    Kelinci adalah hewan yang cukup lucu dan menggemaskan untuk di pelihara. Kelinci hewan yang sangat mudah untuk di rawat. Tetapi banyak orang mengatakan kelinci adalah hewan yang mudah mati dan tergolong hewan yang mati kurang dari seminggu di beli. Ini adalah kesalahan besar. Kelinci adalah hewan yang bisa di pelihara dengan jangka waktu yang cukup lama. Dan ini adalah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk memilih kelinci yang bagus.

    1 usia kelinci harus 2bulan atau lebih

    Banyak pedagang nakal yang menjual kelinci dibawah 2 bulan bahkan yang berusia 3 minggu pun mereka jual. Hal ini tentu membahayakan si telinga panjang ini. Bunny atau anak kelinci baru bisa di sapih atau istilahnya di pisah dari induk saat usia 2 bulan ke atas. Usia ini adalah usia yang cukup matang untuk berpisah dari si induk karena kelinci sudah bisa makan sendiri. Kelinci yang berusia dibawah 2 bulan memang sudah bisa makan sayuran dan biji – bijian tetapi mereka masih membutuhkan kandungan asi dari si induk.

    2 pastikan kedua telinga kelinci tegak

    Kedua telinga kelinci pastikan bisa berdiri tegak, biasanya terdapat salah satu telinga yang jatuh. Dan hal ini menandakan kelinci tidak sehat. Kelinci yang sehat kedua telinganya dapat berdiri tegak. Khusus untuk kelinci berjenis fuzzy loop dan holland loop mereka adalah jenis yang bertelinga turun. Jadi pastikan untuk memastikan kedua telinga mereka telah turun. Untuk kedua jenis ini telinga akan turun ketika usia sudah melebihi 1 bulan. Jadi untungnya dari tips nomor 1 adalah dapat memastikan jenis apa kelinci yang anda beli. Penjual bisa saja menipu dengan mengatakan jenis fuzzy loop dan mengatakan kelinci telinga akan turun saat usia 2 bulan tapi sampai usia 6 bulan telinga tetap tegak. Dan menandakan bahwa ini jenis anggora.

    3 bentuk kepala yang besar

    Bentu kepala yang besar menandakan kelinci sehat dan tidak memiliki darah campuran. Setiap jenis kelinci memiliki tekstur badan yang kokoh. Yaitu kepala yang besar dan kuat. Bentuk kepala yang besar dan bulat menunjukan bahwa kelinci adalah keturunan asli dan bagus. Sedangkan kepala yang meruncing dan pipih adalah kelinci yang sudah banyak mengalami mutasi genetik

    4 kelinci melompat dengan kedua kaki belakang

    Kelinci yang sehat dapat menggunakan kedua kaki belakangnya untuk melompat. Mereka akan menggukan tolakan pada kaki belakang untuk melempar badannya kedepan. Kelinci dapat melompat 700 – 1000 cm dalam keadaan terdesak. Jika anda melihat kelinci melompat tetapi dengan salah satu kaki itu menandakan kelinci tidak dalam keadaan sehat dan baik.

    [​IMG]

    5 bulu diarea kaki penuh dan tidak rontok

    Terkadang jika kita jeli terdapat kelinci yang memiliki penyakit di kakinya disebabkan alas kandang yang bergerigi. Ini dapat membuat luka dan menyebabkan beberapa bulu di area alas kaki kelinci menjadi rontok dan bahkan membuatnya tak bisa berjalan. Ini sangat menyusahkan kelinci karena akan membuatnya perlahan-lahan menjadi mati.

    6 air kencing kelinci berwarna kuning

    Untuk tips yang satu ini anda mungkin agak kesulitan dalam melakukannya. Namun kelinci dijamin sehat ketika air kencingnya berwarna kuning. Jika air kencingnya berwarna merah itu menandakan kelinci kekurangan air. Sedangkan untuk warna kuning gelap itu berarti kelinci banyak mengonsumsi pelet.

    1. kotoran kelinci bulat berwarna hitam
    Untuk ini anda bisa melihat dibawah kandang dan melihatnya secara langsung. Pencernaan yang baik akan menghasilkan kotoran bulat berwarna hitam dan kering. Kotoran yang basah atau lonjong itu berarti kelinci tidak sehat atau telah makan sesuatu yang kurang bagus. Perlu diperhatikan kadang kotoran berwarna agak kecoklatan dan lebih besar dari biasanya, itu berarti kelinci diberi makan pelet.

    8 kelinci selalu aktif

    Kelinci yang sehat akan selalu loncat kesana kemari atau setidaknya dia bergerak. Kelinci yang pasif bisa berarti dia sedang sakit atau terkucilkan dari kelompok. Kelinci seperti ini jangan dipelihara karena bisa jadi kelinci mudah stress.

    9 ekor tegak ke atas

    Ekor kelinci yang bagus adalah ekor yang tegak dan menjulang ke atas, tidak bengkok ke kanan atau kiri. Tidak juga turun ke bawah. Ekornya selalu tegak ke atas dan menjulang menutupi bagian belakangnya.

    10 jangan percaya penjual kelinci tidak boleh di kasih air

    Semua makhluk hidup di dunia ini butuh air termasuk kelinci. Jadi jangan pernah percaya dengan setiap penjual yang mengatakan kelinci gak usah di kasih air. Mungkin selama ini kelinci anda mati karena gak pernah di kasih air. Untuk itu belilah nipple yang banyak tersedia di petshop mana saja. Atau bisa ke petshop langganan saya HC PETSHOP. Satu lagi jangan pernah kasih kangkung segar pada kelinci, kangkung adalah bom aktif untuk kelinci. Kelinci sebenarnya tidak suka makan kangkung tetapi rumput. Ketika kita memberinya kita akan lihat dia lahap memakan kangkung hanya karena dia lapar,kangkung memiliki batang berongga berisi gas yang dapat membuat kelinci bisa terkena kembung dan mati.

    11 mandikan kelinci dengan air hangat

    Siapa bilang kelinci kalau kena air bisa mati, itu hanya mitos. Pada dasarnya kelinci juga butuh grooming untuk menghilangkan kutu dibadannya. Caranya cukup mudah. Pertama usap kelinci dengan air hangat dengan kain. Usap terus sampai kelinci terbiasa dan tidak berontak lagi. Kemudian celup perlahan – lahan kedalam air hangat. Kemudian sabunkan sampo hewan ke seluruh badan kelinci. Ingat lakukan dengan hati – hati dan jangan sampai masuk ke dalam teliinga kelinci karena dapat membuat kelinci mati. Bilas shampo secara perlahan dan keringkan dengan hair dryer. Hati – hati kebanyakan hewan takut dengan suara bising hair dryer saat pertama kali.

    Inilah tips dari saya. Meski ada beberapa tutorial untuk merawat kelinci namun saya rasa kalian sangat membutuhkannya juga ketika merawatnya. Ingat kelinci bukan hewan yang seminggu beli mati. Kelinci hewan yang mudah di pelihara.

    Created By : M Nur Ramadhani
     
    Last edited by a moderator: May 13, 2016
  2. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    makasih tipsnya kebetulan ponakan minta dibeliin nih..hehe
    kira" jenis kelinci yg bagus apa ya??
     
  3. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    787
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  4. Mindyaulia

    Mindyaulia New Member

    Joined:
    May 21, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Cocok banget ni tips buat para pencinta kelinci,,,
     
  5. Kanita

    Kanita New Member

    Joined:
    May 4, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Kalo memandikannya dengan air dingin bahaya gak?
     
  6. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  7. ahoe

    ahoe New Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    aku suka kelinci, lumayan banyak dulu tapi sekarang udah habis hehe
     
  8. Kelinci

    Kelinci New Member

    Joined:
    Jan 9, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tips membeli kelinci boleh juga. Thanks
     
  9. ecallica

    ecallica Member

    Joined:
    Dec 15, 2015
    Messages:
    81
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Pengen banget dari dulu melihara kelinci, setlh baca tips diatas moga" ane bisa meliharanya. thanks
     
Loading...

Share This Page