Tips 7 Cara Agar Tidur Anda Terbebas dari Dengkuran

Discussion in 'Health & Medical' started by Samehadaku, Jan 10, 2014.

  1. Samehadaku

    Samehadaku Guest

    Mendengkur merupakan hal yang seringkali dialami oleh banyak orang. Anda mungkin tidur mendengkur dan tetap dapat tidur dengan nyenyak, tetapi pasangan Anda menghabiskan waktu semalaman tanpa tidur nyenyak karena terganggu dengan dengkuran Anda.
    [​IMG]
    Mendengkur bukan merupakan penyakit yang tak tersembuhkan, karena hal ini merupakan gangguan alami dari pernapasan. Ketika seseorang bernapas saat tidur, udara menggetarkan pita suara sehingga menyebabkan suara dengkuran keluar. Semakin banyak aliran udara, semakin banyak turbulensi dan semakin keras pula dengkuran Anda.

    Mendengkur bisa terjadi sesekali terutama bila hidung tersumbat atau batuk. Namun, jika mendengkur menjadi hal yang biasa, maka itu bisa menjadi masalah yang tidak bisa dianggap enteng. Usia, sinus, pilek, kelebihan berat badan dan merokok adalah beberapa penyebab utama dari mendengkur. Selain itu, posisi tidur Anda mempengaruhi kesehatan.

    Selain menciptakan masalah kesehatan, mendengkur juga dapat menyebabkan hubungan Anda dan pasangan jadi bermasalah. Berikut ini 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dengkuran saat tidur, seperti dikutip dari Boldsky, Kamis (9/1/2014):

    1. Gunakan bantal
    Seseorang yang sering mendengkur ketika tidur disarankan untuk menggunakan beberapa bantal tambahan. Karena dengan menggunakan bantal yang cukup tinggi dapat mencegah jaringan di tenggorokan jatuh ke saluran udara.

    2. Tidur dengan posisi miring
    Tidak mungkin untuk tidur hanya pada satu posisi sepanjang malam. Namun, jika Anda mencoba kemudian tidur di sisi dengan lengan melilit bantal akan membantu menghentikan dengkuran. Tidur dengan posisi miring adalah 'obat' sederhana untuk berhenti mendengkur.

    3. Mengirup uap air hangat
    Menghirup uap adalah obat rumah sederhana untuk berhenti mendengkur. Cara ini bisa menghilangkan penyumbatan hidung, karena memicu keluarnya lendir

    4. Berhenti Merokok
    Merokok dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan termasuk mendengkur. Merokok menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada tenggorokan yang menyebabkan kesulitan bernafas. Maka seorang perokok biasanya mendengkur pada saat tidur.

    5. Tidak meminum alkohol
    Menghindari minuman beralkohol, obat tidur, obat penenang dan antihistamins akan meringankan mendengkur. Karena obat-obatan tersebut akan mengendurkan otot dan menyebabkan penyumbatan .

    6. Mengobati batuk
    Batuk dan lendir juga dapat menjadi salah satu penyebab mendengkur. Jika Anda sedang batuk ataupun flu, segeralah obati agar tidak mendengkur.

    7. Hindari ngemil sebelum tidur
    Hindari makanan ringan sebelum tidur seperti pizza, burger, keju, popcorn, biscuit, dan lain-lain. Karena makanan yang tinggi lemak meningkatkan sekresi lendir.

    Sumber: http://health.detik.com/read/2014/01/09/192945/2463280/763/lakukan-7-cara-ini-agar-tidur-anda-terbebas-dari-dengkuran
     
  2. seowaps

    seowaps Member

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    64
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    @seowaps

    Wah untuk ane ga ngorok klau tidur . Infonya bagus nih buat orang yg suka ngorok *ketawa4*
     
  3. Samehadaku

    Samehadaku Guest

    seowaps wrote:

    semoga anda tidak mengorok *jail*
     
  4. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    420
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    dan tambah satu lagi, sikat

    dan tambah satu lagi, sikat gigi sebelum tidur :)
     
  5. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    katanya sih kalau lagi capek atau orang yg gemuk pasti mendengkur.. bener gak sih???
     
Loading...

Share This Page