Yuk Simak Cara Membuat Abon Ikan Cakalang Khas Manado!

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Peluang Usaha Rumahan, Feb 20, 2017.

  1. [​IMG]
    Abon merupakan salah satu makanan pendamping nasi yang cocok untuk dibawa kemana-mana karena sifatnya sangat praktis. Abon cocok bagi kalian yang merupakan perantau dan berada jauh dari rumah. Umumnya abon yang kita temui berbahan dasar daging sapi atau ayam, yang berbeda kali ini penulis mau membagikan cara membuat abon ikan cakalang. Yuk simak!

    Kenalan Dulu Dengan Abon Ikan Cakalang
    [​IMG]
    Abon ikan cakalang sebenarnya berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Ini merupakan salah satu lauk makan yang menjadi favorit disana. Wilayah Sulawesi Utara yang dikelilingi oleh lautan menjadikan jumlah ikan melimpah disana, hal ini menjadikan banyak olahan ikan yang dibuat disana.

    Salah satu bentuk olahan ikan yaitu abon ikan cakalang ini. Sesuai dengan namanya, abon ini berbahan dasar ikan cakalang. Olahan jenis abon diminati masyarakat karena sifatnya yang praktis. Selain itu olahan abon biasanya awet dan tahan lama, sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu yang panjang.

    Popularitas ikan cakalang yang berasal dari perairan Sulawsi memiliki peminat yang tinggi di Indonesia. Selain itu ikan cakalang Manado juga menjadi salah satu komoditas ekspor. Ikan cakalang tinggi peminatnya mengingat kandungan gizi yang dimiliki sangat baik.

    Kandungan Gizi Ikan Cakalang
    [​IMG]
    1. Omega 3
    Omega 3 pada ikan cakalang membantu sistem kerja jantung dan juga pembuluh darah. Selain itu juga dapat melindungi jantung dari Fibrilasi Atial yang sering dialami pada usia tua. Omega 3 juga membantu mengurangi resiko kanker payudara juga leukimia.

    Dengan mengonsumsi omega 3 resiko AMD (Age-related Macular Disease) juga dapat diturunkan. Bagi Ibu Hamil omega 3 membantu membentuk sel pembuluh darah dan jantung pada janin.

    2. Zat Besi
    Kandungan zat besi pada ikan cakalang membantu pembentukan sel darah merah yang kita miliki, sehingga dapat berfungsi mengatasi Anemia.

    3. Vitamin
    Ikan cakalang memiliki kandungan vitamin yang larut dalam lemaknya. Vitamin yang terkandung secara dominan diantaranya vitamin A, D, dan E. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin B1 dan C.

    4. Selenium dan Antioksidan
    Zat selenium dan antioksidan juga terdapat pada ikan cakalang, ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

    5. Manfaat Tambahan
    Ikan cakalang yang memiliki antioksidan alami juga dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari bermacam penyakit, misalnya saja kanker pada pankreas, ovarium, faring, lambung, mulut, usus besar juga pada usus besar.

    Pada ikan cakalang juga terkandung omega 6, ini diyakini dapat menurunkan kadar trigliserida yang berfungsi menjadikan pembuluh darah lebih lentur dan juga mencegah terjadinya penggumpalan darah. Ini juga dipercaya meningkatkan kerja otak.

    Cara Membuat Abon Ikan Cakalang
    [​IMG]
    Untuk membuat tiga porsi abon ikan cakalang diperlukan alat, bahan dan cara sebagai berikut:

    Bahan adonan abon
    · 500 gram daging ikan cakalang yang disuwir.
    · 250 mili santan kelapa yang kental.
    · 10 lembar daun jeruk, yang diiris tipis-tipis.
    · 10 buah cabe merah besar, buang bijinya dan iris menyerong.
    · 2 buah jeruk nipis.
    · 2 batang serai yang digeprek.

    Bahan bumbu halus
    · 10 siung bawang merah.
    · 5 siung bawang putih.
    · 10 buah cabai rawit merah.
    · 3 ruas jari jahe.
    · 5 senti lengkuas.
    · 1 sendok makan ketumbar yang disangrai.
    · 1 sendok teh lada bubuk.
    · 2 sendok makan gula pasir.
    · 1 sendok teh garam.

    Cara Membuat Abon Ikan Cakalang Yang pedas
    · Langkah pertama, sebelum disuwir-suwir, cucilah terlebih dahulu daging ikan cakalang dengan menggunakan air hingga benar-benar bersih.
    · Siapkan wajan, tuang minyak goreng, kemudian pasnaskan minyak goreng.
    · Jika minyak sudah panas, masukan bumbu halus lalu tumis hingga aromanya keluar, selanjutnya masukan air jeruk nipis dan tumis lagi hingga aroma harumnya tercium.
    · Selanjutnya masukan cabai merah pada tumisan, diikuti serai dan juga daun jeruk sambil diaduk-aduk sampai merata.
    · Jika semua bahan dan bumbu halus sebelumnya sudah tercampur merata, barulah setelah itu masukan suwiran ikan cakalang dilanjutkan dengan santan kental.
    · Aduk terus semua bahan, perlu diingat gunakanlah api yang kecil agar dapat mengering dan menghindari kegosongan.
    · Jika sudah kering, angkat dan biarkan hingga dingin. Abon sudah siap dihidangkan.

    Itulah cara membuat abon ikan cakalang nikmat yang dapat penulis bagikan pada artikel kali ini. Jika kalian berminat kalian juga bisa menjadikan ini sebuah peluang usaha rumahan, mengingat dipasar hanya sering ditemui abon sapi atau ayam saja. Selamat mencoba!
     
  2. zuhrihasyim

    zuhrihasyim New Member

    Joined:
    May 9, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Ini bisa menjadi alternatif usaha rumahan. Apalagi jika blm ada produsen besar (pabrik) yang memproduksi, beda dg abon sapi yang sudah ada produksi pabrik..
    Nice info.. thanks
     
  3. Iya ini adalah alternatif yang baik, bisa di coba untuk mulai bisnis rumahan :):)
     
  4. tukangmesin

    tukangmesin Guest

    sekilas gampan yak...pasti klo di coba susah..hahhaha
     
Loading...

Share This Page