Tiga Prototipe Mobil Listrik Karya Indonesia Diuji Coba

Discussion in 'Otomotif' started by Arul, Dec 18, 2013.

  1. Arul

    Arul Member

    Joined:
    Jul 10, 2013
    Messages:
    305
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    [​IMG]

    Program perkenalan mobil listrik mulai gencar dilakukan. Hari ini Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) mulai menguji coba tiga prototipe mobil listrik karya anak Indonesia di jalanan di kota Surabaya.

    Prototipe mobil listrik yang diuji coba adalah mobil listrik sport Selo buatan rumah modifikasi Kupu-kupu Malam, Yogyakarta. Sedangkan dua prototipe lain yang diuji adalah mobil listrik buatan Dasep Ahmadi asal Depok berupa mobil perkotaan listrik dan bus listrik.

    Ketiga mobil listrik tersebut menggunakan penyimpan catu daya berbasis lithium, mengingat material, teknologi, dan ketahanan komponen yang satu ini sangat krusial bagi mobil listrik. Sebelumnya ketiga mobil itu juga sudah diuji di Bandung, Yogyakarta, dan Solo.

    Mengenai tingkat kesiapan teknologi mobil listrik tersebut, menurut Asisten Deputi IPTEK Kementerian Riset dan Teknologi, Pariatmono sudah mencapai tingkat tujuh. Sebelum nantinya diproduksi massal, pada tingkat terakhir akan diperlukan regulasi pemerintah yang mengatur tentang insentif dan pajak.

    Pemerintah mentargetkan pada 2017 Indonesia sudah bisa memproduksi dan menggunakan kendaraan massal berbasis listrik untuk angkutan dalam kota, dan kendaraan operasional instansi-instansi pemerintah sebagai awal.

    Hal lain yang juga harus disiapkan adalah kesiapan infrastruktur sumber catu daya, mirip dengan SPBU pada sumber energi berbasis BBM.

    Sumber : Liputan6.com
     
  2. anwa

    anwa New Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    baru untuk angkutan dan instansi pemerintah saja ya
     
Loading...

Share This Page