Tips Memilih UPS Untuk Para Pengguna Komputer

Discussion in 'General Discussion' started by viodotass, Mar 2, 2017.

  1. viodotass

    viodotass Guest

    penampakan pemasangan ups pada komputer.jpg
    penampakan pemasangan UPS pada komputer

    Dijaman yang super modern seperti ini, dimana pengguna laptop sudah mulai banyak dipilih karena kesimpelannya dan kemudahannya yang dapat dibawa kemana saja membuat banyak orang beralih dari pengguna komputer rmenjadi pengguna laptop. Tetapi tidak sedikit orang pula yang masih menggunakan komputer.

    Penggunaan komputer pun masih banyak digunakan juga pada berbagai usaha sebagai media atau alat mereka bekerja, seperti percetakan yang masih banyak menggunakan komputer karena beberapa alasan, seperti dalam perawatannya yang begitu mudah, dan penggunaan yang bisa digunakan hingga berjam-jam tanpa berhenti.

    Untuk para pengguna komputer pasti tahu kendala apa yang pasti di alami untuk para pengguna komputer yaitu, tidak bisa dibawa kemana-mana dan ketika padam listrik. Yup ketika padam listrik memang hal yang menyebalkan, karena pada saat asik bekerja dengan menggunakan komputer tiba-tiba listrik padam membuat semua hasil kerja yang belum di save bisa hilang.

    Masalah itu bisa teman - teman atasi dengan menambahkan hardware berupa UPS pada komputer. UPS (Uninterruptable Power Supply) adalah baterai komputer yang bisa dipasang pada komputer. Fungsi utamanya adalah sebagai penyedia listrik sementara apabila terjadi pemadaman listrik. Dengan ini komputer akan tetap menyala meski dalam keadaan listrik padam. Namun ini bersifat sementara tidak seperti laptop yang bisa digunakan dengan waktu durasi yang lebih lama untuk membangkitkan daya.

    Nah jika teman - teman pengguna komputer ingin menggunakan UPS sebagai tambahan hardware komputer, saya akan kasih beberap tips untuk memilih UPS yang sesuai dengan komputer. Agar UPS yang Anda beli dan berguna secara maksimal karena harga UPS yang tentunya tidak murah untuk merek-merek tertentu. Berikut tipsnya.

    Tips Memilih UPS Yang Tepat Untuk Komputer

    1. Yang pertama adalah perhitungan waktu back up UPS

    Terdapat formula yang bisa digunakan untuk menghitung berapa lama ups bertahan, yaitu:

    Waktu back up = baterai ah x (volts/load) x (1/power factor)

    Keterangan:
    - Load = konsumsi tenaga yang dibutuhkan
    - Power factor = bervariasi , biasanya 1,4
    - Votase = Tegangan listrik pada baterai
    - Baterai ah = Arus yang digunakan untuk baterai, nilainya adalah 7

    2. Cek berapa watt power supply yang Anda pakai untuk komputer Anda

    Hal ini diperlukan karena nantinya akan anda pergunakan untuk menentukan berapa UPS yang harus anda beli. Semakin power supply anda besar maka anda harus membeli UPS yang besar. UPS yang memiliki daya yang besar tenyunya akan membuat harga jual UPS menjadi lebih mahal

    click next read more...
     
    Last edited by a moderator: Mar 2, 2017
    Remora Savala and kaliwungu like this.
Loading...

Share This Page