Ternyata Tipe Karyawan Hanya Ada Empat

Discussion in 'General Discussion' started by Dilan, Mar 9, 2017.

  1. Dilan

    Dilan Member

    Joined:
    Oct 24, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Sebuah penelitian terbaru yang melibatkan 190.000 responden karyawan mengungkapkan ada empat tipe karyawan. Penelitian yang dipublikasikan Harvard Business Review menjelaskan bagaimana keempat tipe tersebut mempengaruhi cara seseorang bekerja dan berkolaborasi dengan rekannya di tempat kerja.

    [​IMG]

    Penelitian tersebut dilakukan oleh Deloitte’s Business Chemistry bekerjasama dengan antropologis dari Rutgers University, Helen Fisher, dan pakar biologis molekul, Lee Silver. Penelitian tersebut mempelajari cara bekerja 190.000 respondennya. Hasilnya didapat ada empat tipe karyawan.

    Berikut ini 4 tipe karyawan;

    1. Tipe pionir
    Inilah tipe karyawan yang akan menjadi pemimpin di tempatnya berada. Para pionir suka mengambil risiko, tetapi seringkali melupakan detail-detail kecil. Tipe ini suka berimajinasi. Mereka juga seringkali terlalu percaya diri dan impulsif sehingga perlu lebih belajar untuk mendengarkan orang lain.

    2. Tipe pendorong
    Tipe pendorong pandai dalam membuat keputusan. Mereka juga sangat peduli dengan hasil dan data. Namun, mereka juga seringkali kurang sabar dan berisiko melakukan sesuatu tanpa berpikir dengan matang.

    3. Tipe integrator
    Integrator percaya bahwa membangun relasi di tempat kerja sangatlah penting. Oleh karena itu, mereka lebih sering ditemukan sedang berbincang-bincang dengan rekan kerjanya daripada bekerja. Sayangnya, integrator yang tidak menyukai konfrontasi seringkali diperlakukan secara tidak adil oleh kedua tipe di atas.

    4. Tipe pelindung
    Sebagai tipe yang perfeksionis, pelindung sangat rentan terhadap stres. Lalu, tipe pelindung seringkali tidak akan bertindak atau berbicara tanpa persiapan yang matang. Akibatnya, mereka seringkali dilupakan dalam diskusi walaupun opini atau solusi yang bisa mereka berikan sangat membantu.

    Hasil dari penelitian itu menyarankan, tim yang terbaik memiliki keempat tipe di atas. Walaupun mencocokkan tipe yang berlawanan sangat sulit, tetapi melalui kolaborasi, keempat tipe dapat belajar untuk saling melengkapi dan meningkatkan kualitasnya masing-masing.


    sumber: Top Career
     
  2. stefan one

    stefan one Member

    Joined:
    Oct 13, 2015
    Messages:
    156
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    informasi yang perlu kita refleksikan, di manakah tipe saya di perusahaanku tempatku bekerja?
     
Loading...

Share This Page